Wednesday, July 1, 2015

Kenapa ee (Tai) Cicak Bewarna Hitam Putih..??

 
Mak, udin mau tanya, kenapa kotoran cicak tuh bisa 2 warna gitu ya (hitam dan putih)? Kalo di lihat-lihat mirip ice cream dan permen loo..

https://dn3pm25xmtlyu.cloudfront.net/photos/large/663644615.jpg?1348843131&Expires=1435807608&Signature=OKGVfnJ~708yt1w2lWEqmtVpp5h7QEc0YWGZvH23OsxdAAZlYwNE3RUNpU3FuKM6jifapX7rpHgkddCqAKNXb3pGpTKQz8xwDf0Kdc~LaPiS4ZsYRqPpwuRCoNhrLRJfNXjktdK-T0qhxhExd~h9LSQ4ZQfLHUej9u-kMvmyga8_&Key-Pair-Id=APKAIYVGSUJFNRFZBBTA

Cicak merupakan organisme yang terdolong dalam kelas Reptilia. Hampir sebagian besar reptilia sangat efisien dalam penggunaan airnya.
Termasuk pada saat pengeluaran urine. Cicak merupakan hewan yang sangat jarang sekali mengeluarkan urine. Urine yang ada akan didaur ulang hingga mencapai 4-5 kali daur ulang.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEikpxLSyck2AzEC6xRe9GIKTbH_MQcMriFD4DYPGKy3cg1Y1daVUjdK5kUgTz7KDBSEzcYRmDrbx0Zc2epMvJuLqFTsA8DnuXYQW0diECqGdlbnPufiQwOE9Pf1S2MPL03_bXFmHrAu73U/s1600/animal+poop.JPG
Sementara itu cicak hanya memiliki satu saluran pembuangan kotoran yaitu kloaka.
Warna putih pada kotoran cicak merupakan garam amonia yang berasal dari sisa-sisa proses daur ulang urine. sementara itu warna hitam merupakan hasil sisa sekresi dari tubuh cicak atau feses. Pada saat cicak mengeluarkan kotorannya, cicak terlebih dahulu mengeluarkan feses yang kemudian diikuti dengan pengeluaran garam amoniaknya.


Dua warna pada kotoran cicak berasal dari proses yg berbeda, yaitu:

Hitam = hasil defekasi berupa feses
Putih = Hasil sisa amonia dari urine.


Itulah sebabnya kotoran cicak berwarna hitam dan putih.

Bahaya kotoran cicak :
Binatang yang biasa memakan serangga dan terutama nyamuk ini yang umumnya berukuran sekitar 10 centimeter, ternyata mengandung bakteri berbahaya yaitu Bakteri Escherichia Coli atau E Coli.


Tips menghindari kotoran cicak:
  1. Periksa sekitar atap rumah anda tempat bersarangnya cicak, untuk hal ini jika anda tidak ingin mengerjakannya sendiri bisa memanggil perusahaan khusus pembasmian hama.
  2. Biasakan mencuci piring-piring bekas anda makan dan jangan sampai ada sisa makanan di meja makan.
  3. Taruhlah makanan anda ditempat yang benar-benar tertutup.
  4. Hindarkan barang berharga anda seperti Handphone yang terbuat dari plastik / mika dari permukaan atas, sebaiknya balik posisi muka menghadap kebelakang. Karena sewaktu-waktu cicak bisa saja merayap di dinding atau atap rumah anda.




No comments:
Write comments

Artikel Menarik Lainnya

loading...