Tuesday, March 15, 2016

Penemu-penemu yang Tewas Di Tangan Alat Ciptaannya Sendiri


Zaman semakin berkembang didorong keberadaan teknologi dan ilmu pengetahuan yang semakin maju. Sejak revolusi industri dimulai di Eropa, banyak temuan di bidang iptek mulai bermunculan. Temuan-temuan itu berkontribusi besar bagi perkembangan alat-alat canggih yang kita pakai sampai sekarang.
Namun tahu kah kamu, dari banyaknya ilmuwan penemua, ada cerita tragis yang mewarnainya. Tak jarang dari ilmuwan itu mati di tangan alat ciptannya sendiri. Mau tahu siapa saja mereka, nih ahloo kasih tahu.

1. Max Valier, 1895-1930


Ia dikenal sebagai penemu mesin roket yang digunakan untuk meluncurkan roket ke luar angksa hingga kini. Max tewas saat mesin roket ciptaannya meledak ketika ia mengendarai mobil roket pertama. 

2. Horace Lawson Hunley, 1823-1863


Dikenal sebagai penemu kapal selam perang pertama. Horace tewas bersama anak buahnya di dalam kapal selam yang ia buat. 

3. Thomas Andrews, Jr., 1873-1912


Dunia tidak akan pernah melupakan namanya. Thomas tewas bersama ribuan penumpang lain ketika kapal pesiar legendaris, Titanic tenggelam di samudera. 

4. Franz Reichelt, 1879-1912


Ia membuat sebuah parasut untuk bisa terbang layaknya burung bernama Flying Taylor. Ketika melakukan ujicoba, Franz tewas setelah jatuh dari menara Eifel karena parasutnya gagal bekerja dengan baik. 

5. Marie Curie, 1867-1934


Bekerja di sebuah pengembang radioaktif, Marie tewas ketika terjadi kecelakaan kerja hingga terkena radiasi dari radioaktif. 

6. William Bullock, 1813-1867


Temuanya berhasil mendorong perubahan industri percetakan ketika William berhasil membuat mesin cetak modern. William meninggal dalam sebuah kecelakaan kerja saat sedang mengoperasikan mesin ciptaannya. 

7. Otto Lilienthal, 1848-1896


Dunia penerbangan menyebutnya sebagai Glider King. Ia dikenal sebagai penemu mesin sayap pesawat terbang yang digunakan hingga sekarang. Otto tewas ketika melakukan ujicoba ciptaannya dengan luka patah di leher. 

8. Aurel Vlaicu. 1882-1913


Di pembuat pesawat latih ukuran kecil. Aurel juga menciptakan pesawat dengan ukuran yang lebih besar dengan nama Vlaicu II namun tewas ketika pesawat itu jatuh. 

9. Jimi Heselden, 1948-2010.


Jimi dikenal sebagai penemu Seagway. Pada 2010 ia tewas setelah jatuh ke jurang karena gagal mengendalika Seagway ciptannya.





No comments:
Write comments

Artikel Menarik Lainnya

loading...