Friday, November 21, 2014

Ponsel Legendaris Nokia Yang Selalu Dikenang


Di awal tahun 2000-an, Nokia adalah pemain paling dominan di pasar ponsel, pasti kamu yang sudah pakai ponsel di era tersebut pernah menggunakan produk asal Finlandia ini. Namun sekarang Nokia begitu merana, dikarenakan nggak mampu (lebih tepatnya nggak mau) mengikuti perkembangan dunia smartphone berlayar sentuh yang dimulai Apple iPhone di tahun 2007. Market share terus menurun, diikuti oleh saham dan nilai perusahaan yang merosot.

Sampai akhirnya Nokia dijual ke Microsoft dengan nilai ‘cuma’ 7 miliar dolar, angka yang terbilang ‘murah’ untuk sebuah brand global yang pernah berjaya. Lebih parahnya lagi, kini Microsoft siap meresmikan Microsoft Lumia, merk baru yang akan menggantikan nama Nokia. Pelan tapi pasti, nama Microsoft Lumia bakal menggantikan nama Nokia. Untuk mengenang brand legendaris ini, kami hadirkan beberapa ponsel ikonik Nokia yang pernah hits di Indonesia.

1. Nokia 8110, Nokia Pisang (1996)


Antena, serta bentuknya yang melengkung, dengan sistem slide ke bawah untuk membuka keypad, menegaskan kalau ponsel ini berasal dari jaman baheula. Makanya nggak heran kalau ponsel ini populer dengan sebutan Nokia Pisang. Tapi gitu-gitu ponsel ini mantap loh..!! Termasuk seri 8 Nokia, yang merupakan model premium vendor asal Finlandia itu. Ponsel keren di masanya ini pun masuk film The Matrix di tahun 1999.

2. Nokia 8210, Tanpa Antena Luar (1999)


Ponsel ini adalah pencapaian besar untuk Nokia. Perangkat ini memiliki antena di dalam, fitur yang nggak biasa di tahun 1999. Ponsel ini juga memiliki berat sangat enteng, cuma 79 gram saja. Tapi di jamannya ponsel ini canggih loh, ada port infrared untuk mengirim kontak, terus ada game ‘Snake’ jug.

3. Nokia 8250, Si Mata Biru (2000)


Ponsel ini termasuk fenomenal di saat awal-awal Nokia populer di Indonesia. Coba liat, memang keren banget ponsel ini. Desainnya keliatan cool sekaligus elegan dengan layarnya yang pake backlight biru. Harganya pun mahal untuk ukuran jamannya, Rp. 4 juta lebih..!! Pokoknya kamu hits dan gaul banget deh kalo di jaman itu udah pakai Nokia 8250.


4. Nokia 3310, Ponsel Sejuta Umat (2000)


Disebut sebagai hp sejuta umat, ponsel ini laku hingga 126 juta unit di seluruh dunia. Apa yang bikin 3310 dan penerusnya, 3315 begitu fenomenal? Karena inilah masa di mana ponsel-ponsel masih mahal, cek di atas, Nokia 8250 aja kan harganya Rp. 4 juta. Nah, si 3310 ini salah satu ponsel pertama yang menawarkan harga murah di angka Rp. 2 juta-an. Makanya hitz banget, apalagi casingnya pun bisa digonta-ganti, dan ada berbagai game-game keren seperti Pairs II, Space Impact, Bantumi, dan yang paling fenomenal: Snake II. Inget dong?

5. Nokia 7650, Ponsel Kamera Pertama Nokia (2002)


Ponsel ini merupakan smartphone Symbian dari Nokia yang menjadi ponsel berkamera pertama Nokia di Tanah Air. Resolusinya VGA (640 x 480 piksel) dan belum bisa merekam video, tapi jaman segitu sih oke banget lah. Bentuk format slidernya pun keren banget, sayangnya nih hp nggak ada memori eksternal, jadinya motretnya nggak bisa banyak-banyak deh.

6. Nokia 3650, Keypad Unik Bisa Rekam Video (2003)


Keypadnya aneh. Mana enak ngetik cepet pake keypad model melingkar kayak gitu? Begitu pendapat orang untuk ponsel ini. Inilah ponsel pertama di Indonesia yang ada perekam videonya. Saking gaulnya, akhirnya ada versi revisi dari ponsel ini, yakni Nokia 3660, yang pake keypad model normal.  


7. Nokia N-Gage, Nge-game Pakai Kuping Gajah (2003)


Di ponsel N-Gage yang berbasis Symbian S60 OS ini semua tentang game mobile berubah. Kamu bisa main game 3 dimensi yang keren kayak FIFA Football 2004, Call of Duty, Sonic dan masih banyak judul lainnya. Selain game keren dan desain yang khas portable gaming device banget, ponsel ini juga punya MP3 Player. Nelpon pake N-Gage pun kamu bakal diliatin orang, karena kayak kuping gajah..!!!

8. Nokia 6600, Penerus Nokia 3650 (2003)


Ponsel yang bentuknya kayak daging steak ini cukup laris, dikarenakan beberapa perbaikan dari Nokia 3660, misalnya layar yang lebih bagus, performa yang lebih cepat dan kualitas kamera VGA yang lebih baik dari sebelumnya.

9. Nokia 7610, Megapiksel Pertama Nokia (2004)


Keren dan stylish banget. Ponsel ini punya desain ketupat yang unik banget. Dipadu warna merah dan hitam, ponsel ini adalah salah satu yang paling keren di masanya. Ponsel Symbian S60 ini juga merupakan salah satu ponsel dengan kamera 1 megapiksel pertama yang masuk ke Indonesia. Bagian kover belakangnya pun bisa dipakai buat ngaca, atau untuk mempermudah kamu selfie.

10. Nokia 9500, Communicator Seharga Motor (2004)


Waktu ponsel ini keluar sebagai suksesor Nokia 9210 Communicator, kita heboh. Karena harganya yang nggak wajar, waktu itu dijual Rp, 12 juta, bisa beli motor bebek baru tuh!! Toh antriannya tetap panjang dan ponsel segede batu bata ini tetap laku. Pembelinya adalah kalangan boss-boss besar sampai boss kecil. Di kota-kota besar khususnya pusat perbelanjaan, Communicator menjadi sebuah symbol status yang bergengsi banget. Setelah Nokia 9500, penerusnya pun diburu para pecintanya, seperti Nokia 9300 dan pada akhirnya Nokia E90. 

11. Nokia N-Series


Sebagai raja ponsel saat itu, N-Series diposisikan sebagai smartphone khusus multimedia. Ponsel-ponsel canggih (pada masanya) ini mendukung teknologi 3G, Wi-fi, serta fitur-fitur berbasis multimedia seperti playback musik, kamera, perekam video, game dan layanan internet. Contoh ponsel Nokia Nseries yang terkenal di Indonesia adalah Nokia N70, N73, N91, N93 dan N95. Semuanya dilengkapi kamera yang bagus, layar besar, bikin kita keliatan keren banget waktu nentengnya.

12. Nokia Lumia Series


Ini adalah legacy terakhir Nokia untuk smartphone. Bersikukuh nggak mau pakai sistem operasi Android yang super nge-hits, akhirnya Nokia menggunakan Windows Phone dari Microsoft. Di bawah kepemimpinan Stephen Elop, Nokia terus menurun performanya, baik penjualan maupun sahamnya. Akhirnya Nokia dijual ke Microsoft dengan nilai ‘cuma’ 7 miliar dolar, jauh di bawah harga aplikasi chatting populer WhatsApp, yang dibeli Facebook dengan nilai 19 miliar dolar. Ponsel Nokia Lumia terpopuler adalah Lumia 520, yang banderolnya murah namun tetap memiliki kualitas yang bagus. Selain itu, ada Lumia 1020, penerus ponsel fenomenal Pureview 808 dengan kamera 41 megapikselnya. 
sumber: disini

No comments:
Write comments

Artikel Menarik Lainnya

loading...