Monday, March 26, 2018

Pantai di Ujung Genteng, Jawa Barat

Selamat siang Agan dan Sista yang makin Keceh

Izinkan ane bercerita tentang perjalanan Touring ane waktu liburan ke Pantai Ujung Genteng, awal september 2017 bersama temen-temen maen ane. Sebut aja BCM (Bukan Club Motor).  Siapa tau bisa jadi gambaran buat gansis yang rencana kesana. hehe.

Lokasi ujung genteng adalah di ujungnya jawa barat.
sebelah sananya pelabuhan ratu, kalo rutenya dari bandung kaya gini:

Bandung -> Cianjur -> Sukabumi -> Jampang Tengah -> Jampang Kulon -> Surade -> Ujung Genteng
kalo dr jakarta ke arah ci awi dulu 
Ciawi -> Cicurug -> Cibadak -> Cikembar -> Pelabuhanratu->  Jampang Kulon -> Surade -> Ujung Genteng.
ok, jangan lupa pake google map biar ga nyasar.

Ane Start dari garut bareng sama bebeb ane satu motor aja. sementara temen yang laen berangkat dari jakarta, sekitar 9 motor. jd semuanya ada 18 orang yg ikut. rencananya ketemuan langsung di Pantai. 
Jarak dari garut ke Ujung Genteng sekitar 300 km. Kalo dari jakarta kurang lebih sama lah kalo nggak macet.
Jalanananya lewat kebun teh, berlikuk-likuk juga Gan Sis. ane sampe pegel banget. masih untung pantat nggak sampe kapalan. wkwkwk 

Berangkat dari garut jam 7 pagi, sampe tujuan sekitar jam setengah lima. 
untung aja masih sempet liat pelepasan anak penyu atau tukik. soalnya pelepasan penyu disana setiap jam 5 sore Gan, jd kalo yg mau kesana, diusahain sebelum jam 5 udah smpe ya, sayang banget kan kalo nggak bisa liat penyunya sama sunset.
Yang di sayangkan temen ane yang dari jakarta nyasar dulu gan sis.  nyasar teramat jauh . sampe ke ujung genteng jam 9 malem, 16 jam di motor. kebayang nggak gimana rasanya...

- Pelepasan Tukik
"penampakan pelepasan tukik dan sunset"
Sudahkah GanSis ke Pantai di Ujung Genteng?
Sudahkah GanSis ke Pantai di Ujung Genteng?

Andai indah pemandangan senja itu dapat ku potong, kan ku masukan ke sakuku, dan ku bawa pulang.
ku rekatkan di sepenuh dinding kamarku



Beres liat sunset yang mengenyangkan mata, ane langsung pulang ke penginapan sambil menunggu teman-teman ane yang dari jakarta. 
penginapan nggak terlalu jauh dari pantai pasir putih, 
disana ada beberapa pantai lainya, kaya pantai cibuaya, ombak tujuh dan pangumbahan, tapi waktu itu ane ke Pantai Pasir Putih. soalnya dapet rekomendasi dari temen juga. 

- Penginapan 
Saran dari ane kalo bisa sebelum gansis cari penginapan, ada baiknya gan sis browsing-dulu. 
soalnya disana suka ada calo nawar-nawarin. dan harganya biasanya suka agak lebih naik. hehe

kebetulan ane waktu itu udah dapet penginapan (rekomendasi temen juga). namanya kalo nggak salah "PONDOK KOBOI" bangunanya pake dinding kayu gitu, kaya rumah-rumah pedesaan.  
1 rumah terdiri dari tiga kamar,  dan ruanganya lumayan gede lah muat buat 12 orang, , ada tv nya di tengah ruangan, sama di kasih kasur lantai. 

harganya 200rb per kamar dan per malem. total 400rb karena ane sewa 2 rumah, udah dapet sarapan pagi nasi goreng. terbilang sangat murah di banding tempat lainya yang rata-rata 400 ke atas yg isi 2 atau 3 kamar. 
toh cuma buat numpang tidur sama mandi aja. bentuk tempat nggak jadi masalah. 
parkir di luar. tapi aman kok, yang punya peginapan stay 24 jam. soal nya warungnya buka 24 jam juga.

Setibanya temen-temen ane, kami langsung nyantap ikan bakar rame-rame. total 150  rb buat makan semuanya. ikan, sambel, kerupuk, minum sama nasinya udah di bikinin sama pemilik penginapan. dapet  untung banyak kan ??
wkwkwk

makan-makan

Adakah yang kenal dengan orang-orang ini?
Sudahkah GanSis ke Pantai di Ujung Genteng?
Indah nya masa ini, masa yang pasti akan kita kenang sampai tua nanti. 

mudah-mudahan kalo udah tua masih bisa turing





-Ke Pantai
Pagi harinya, ane dan kawan-kawan otw pantai Pasir Putih. Jarak dari Pondok Koboi ke pantai lumayan jauh, kalo jalan mungkin 30 -45 menit. Kita naik motor, jadi cepet, hehe
 Sesampainya di pantai, kita parkir di tempat parkir khusus, bayar 2000/ motor. 
dari parkiran ke pantai harus jalan sekitar 100 meter lewatin hutan dikit. 

Sesampainya di Pantai, wuiih ane langsung melongo melihat pemandangan yang tdak bisa ane lukiskan dengan kata-kata. pantai nya bersih, sepi juga. serasa milik anak-anak BCM lah. cocok banget buat gan sis yang pengen menikmati kesunyian ala-ala pantai. cuma kedengeran suara ombak dan angin yang lembut. 
btw jangan maen aer terlalau ke tengah ya. ombak nya lumayan gede gan sis. 

"pantai pasir putih"

Sudahkah GanSis ke Pantai di Ujung Genteng?
Sudahkah GanSis ke Pantai di Ujung Genteng?Sudahkah GanSis ke Pantai di Ujung Genteng?Sudahkah GanSis ke Pantai di  Ujung Genteng?
Remember Today


Kalo kita jalan lagi ke arah utara
disitu bagus kalo buat foto-foto Gan Sis. 

gini penampakanya 

" Batu Karang"
Sudahkah GanSis ke Pantai di Ujung Genteng?
Sudahkah GanSis ke Pantai di Ujung Genteng?


Kadang ku kuat setegar karang

Kadang ku rapuh lemah liar merana





Danau Danauan
Di Area pantai, ada genangan air mirip danau GanSis, disitu juga lumayan bagus kalo mau foto-foto.
oh iya, 
GanSis Harus hati-hati ambil posisi ya, ombaknya nggak nentu, kadang jauh, kadang juga tiba-tiba deket. 
Temen ane aja tas nya hampir hanyut  gara-gara di taro di pinggir pantai.
padahal tadinya lumayan jauh dari bibir pantai. tiba2 ombaknya naik. 
bukan cuma tasnya yang hampir kebawa ombak, sendal, kacamata juga hanyut. belom lagi kamera sama hp nya rusak.

"Danau Danauan"
Sudahkah GanSis ke Pantai di Ujung Genteng?
Sudahkah GanSis ke Pantai di Ujung Genteng?
Sudahkah GanSis ke Pantai di Ujung Genteng?


BtW, ane yang pake kerudung pink. sengaja pake warna cerah, kata emak biar kalo kenapa2 di laut gampang keliatanya. wkwkw

Sore harinya sekitar jam 4 ane otw pulang. tadinya mau ke curug cikaso, sayangnya waktu lagi kemarau gan sis.
semua Curug kering kerontang kata warga sekitar.

Dengan hati yang puas ane pulang menuju garut, lelah banget pokoknya, 
sampe hampir jatoh dari motor gara-gara ngantuk. 
untunglah ada indomaret yang ada kursi2nya, 
ane bisa mampir sebentar dan tidur nunduk di meja walo cuma sejam. wkwk
sampe garut jam 12 malam. 

cukup sekian laporan perjalanan dari ane, mudah-mudahan informasi yang ane berikan bermangpaat yah Gan Sis.. 

Sampe ketemu di perjalanan ane berikutnya. 
SUMBER

No comments:
Write comments

Artikel Menarik Lainnya

loading...