Monday, April 9, 2018

Hip-Hop 90an VS Hip-Hop Jaman Now


Hip-Hop 90an VS  Hip-Hop Kekinian, yang Mana yang Paling Keren?

Sekarang ini lagi ngehist yang namanya hip-hop gan, Mulai dari Young Lex sampe Rich Chigga bikin rapper kembali naik daun. Ya, musik bergenre ini emang keberadaannya udah lama gan, dan sempet hits juga loh di era 90an.
Kira-kira kalo dibandingin, kerenan mana ya gan? Yuk sama-sama cekidot aja beberapa di antaranya berikut ini:


1. Dilihat dari Liriknya

Hip-Hop 90an VS Hip-Hop Kekinian,  yang Mana yang Paling Keren?

Rapper di era 90an tuh kayaknya gak ada yang ngasal-ngasal (alias: kasar) banget nih liriknya. Beda banget sama musik hip-hop zaman sekarang yang cenderung gak pantes didengerin sama anak di bawah umur. Ya, sebandel-bandel liriknya, paling kayak Cewek Matre, yang nyuruh ke laut aje. Bandingin sama hip-hop kayak bikinan penyanyi bertato ini, lagunya aja ada yang menggunakan kata bego.


2. Dilihat dari Gaya Pakaiannya

Hip-Hop 90an VS Hip-Hop Kekinian, yang Mana yang Paling Keren?

Dulu tuh, gak banyak yang tau nih sama pakaian yang dipake penyanyinya. Ya, paling kaos, kemeja flanel. Nah, kalo sekarang, hmm rata-rata pake pakaian bermerek nih. Kalo gak merek internasional, ya merek clothingan pribadi nih. Lumayan buat nambah merchandise.


3. Dilihat dari Media Promosinya

Hip-Hop 90an VS Hip-Hop Kekinian, yang Mana yang Paling Keren?

Kalo di tahun 90an, cara musisi terkenal itu yaa harus ada di acara musik, salah satunya MTV gan. Kalo udah masuk di sini sih, dapat dipastiin mereka tuh bisa terkenal. Nah, kalo sekarang, rapper-rapper suka memosting videonya di Youtube. Ukuran terkenal sama ngganya, bisa dilihat dair jumlah penontonnya gan.


4. Dilihat dari Eksistensinya

Hip-Hop 90an VS Hip-Hop Kekinian, yang Mana yang Paling Keren?

Ini juga gak kalah unik gan. Kalo rapper tahun 90an, biasanya cuman terkenal 1-2 lagu aja. Udah nge-boom, eh tiba-tiba menghilang. Beda sama rapper zaman sekarang yang banyak bikin karya, dan gak sedikit dari mereka yang go internasional loh.


5. Dilihat dari Personel

Hip-Hop 90an VS Hip-Hop Kekinian, yang Mana yang Paling Keren?

Nah, dulu itu biasanya rapper itu bikin grup gan, kecuali om Iwa K loh ya. Mulai dari Neo, Sweet Martabak, Soul ID, dan masih banyak lagi. Kalo sekarang sih, kebanyakan memilih jalur solo aja. Satu nama, langsung terkenal.


Buat kalian, suka yang mana nih?

No comments:
Write comments

Artikel Menarik Lainnya

loading...