Tuesday, May 8, 2018

BAKOPERAGON, Organisasi "Nyeleneh" Zaman Orde Baru


Pernah gak gan bertanya-tanya, darimana ya cikal bakal razia razia rambut gondrong zaman agan waktu masih sekolah apalagi kalo agan agan yang sekolahnya di STM?, sampe rela ngumpet ngumpet, make pomade sekaleng biar keliatan rapih, kalo tiba tiba ada guru mau masuk ke kelas bawa bawa gunting hehehe, Yak, Jawabannya adalah BAKOPERAGON (Badan Koordinasi Pemberantasan Rambut Gondrong) , Apasih BAKOPERAGON itu dan apasih latar belakang BAKOPERAGON tersebut didirikan?, OK CHECK THIS OUT!!

Apasih BAKOPERAGON
BAKOPERAGON adalah suatu badan yang dibentuk di zaman orde baru untuk mengemban tugas sederhana: "Mampir ke kampus dan tongkrongan anak muda, lalu melakukan razia rambut, dan kalo perlu cukur di tempat!"


Alasan BAKOPERAGON didirikan
Pada tahun 60-an gaya hidup Hippies sedang ngetrend. Kaum Hippies terdiri dari beberapa pemuda-pemudi yang tinggal nomaden alias berpindah-pindah dan hidup secara bebas. Gaya hidup ini sangat mendunia hingga masuk ke Indonesia. Banyak remaja Indonesia yang berambut gondrong, mengikuti kaum Hippies

BAKOPERAGON, Organisasi "Nyeleneh" Zaman Orde Baru

Melihat tren tersebut, pemerintah merasa budaya Indonesia terancam karena budaya Hippies dianggap sebagai gerakan kiri baru yang akan mengancam stimulus program pembangunan dan karena pada era- "70an biasanya perampok diberitakan berambut gondrong juga. Akhirnya semua anak muda dengan rambut gondrong pun dirazia di jalan-jalan, dikampus-kampus, dan hingga di tempat tempat tongkrongan anak muda


Beberapa kebijakan pemerintah terhadap Rambut gondrong
BAKOPERAGON, Organisasi "Nyeleneh" Zaman Orde Baru

Selain dicukur ditempat, pemuda-pemuda berambut gondrong juga dilarang KERAS dilayani oleh instansi pemerintahan, Bahkan pada tahun 1971, stasiun TV milik pemerintah dilarang menyiarkan atau menayangkan artis-artis berambut gondrong sebagai langkah antisipasi berkembangnya gaya rambut gondrong. Secara cepat, larangan ini menyebar ke gedung-gedung pemerintahan, sekolah, kampus, serta berbagai ruang publik.


So, menurut ane gan gondrong bagi ane adalah simbol dari kebebasan.Gondrong juga sama sekali engga ada hubungannya dengan kriminalitas, bakhkan kalo ada juga mungkin kebetulan aja yagak?, Padahal rambut gondrong sendiri sudah menjadi tradisi terdahulu nenek moyang bangsa kita. sebagai contoh, foto pahlawan dan tokoh kerajaan seperti Sultan Hasanuddin, Gadjah Mada, dll.

BAKOPERAGON, Organisasi "Nyeleneh" Zaman Orde Baru



sumur

No comments:
Write comments

Artikel Menarik Lainnya

loading...