Thursday, December 4, 2014

Ide-ide Kreatif Daur Ulang Barang Bekas

Di sudut rumah Anda mungkin tersimpan barang-barang yang tidak terpakai lagi. Kenapa tidak Anda daur ulang saja? Anda mungkin berpikir bahwa daur ulang itu repot sehingga lebih memilih untuk langsung membuang barang tersebut.

Daur ulang adalah proses untuk menjadikan suatu bahan bekas menjadi bahan baru dengan tujuan mencegah adanya sampah yang sebenarnya dapat menjadi sesuatu yang berguna, mengurangi penggunaan bahan baku yang baru, mengurangi penggunaan energi, mengurangi polusi, kerusakan lahan, dan emisi gas rumah kaca jika dibandingkan dengan proses pembuatan barang baru. Daur ulang adalah salah satu strategi pengelolaan sampah padat yang terdiri atas kegiatan pemilahan, pengumpulan, pemprosesan, pendistribusian dan pembuatan produk/material bekas pakai, dan komponen utama dalam manajemen sampah modern dan bagian ketiga dalam proses hierarki sampah 4R (Reduce, Reuse, Recycle, and Replace).

Tetapi tahukah Anda, daur ulang juga bisa menghemat uang? Lanjutkan membaca untuk mengetahui lebih banyak. Daur ulang merupakan istilah yang digunakan untuk mengolah "sampah" atau barang tidak terpakai menjadi sesuatu yang berguna. Istilah ini sering disebut upcycling. Istilah ini muncul pada tahun 1990 dengan menggabungkan kata up dan recycle. Manfaat dari melakukan daur ulang adalah untuk mengurangi sampah dan menggunakan kembali barang yang tidak Anda gunakan.

Langsung aja, berikut adalah kumpulan ide kreatif untuk daur ulang barang bekas di sekitar anda.

1. Pot Bunga Vertikal / Dinding
Nah, Dengan hanya bermodal botol plastik bekas kita bisa menghiasi lingkungan kita. Sekaligus juga buat melestarikan lingkungan.




2. Lampu Hias Ruang Tamu


3. Sapu


4. Hiasan Dinding dari Tutup Botol


5. Lampu Gantung Dari Sendok


6. Tempat Perhiasan


7. Kanopi


8. Lampu Tidur


9. Pohon Natal


10. Pot Bunga Lucu / Cute



11. Vas Bunga Cantik


12. Dompet


13. Roket-roketan


14. Lampu Hias


15. Kapal / Perahu


16. Lampu Tenaga Matahari


17. Sofa


18. Tirai


19. Dekorasi Dinding


20. Hiasan Serbet


Sumber: Disini

No comments:
Write comments

Artikel Menarik Lainnya

loading...