Thursday, June 30, 2016

[TEKNOLOGI] Jantung Orang Yg Sudah Mati Bisa Berfungsi Kembali


Manusia tidak pernah lelah untuk berfikir melakukan perkembangan dan penelitian gan, khususnya dalam dunia kesehatan. Banyak inovasi baru yang sudah manusia capai dalam dunia kesehatan, salah satunya teknologi yang mampu menghidupkan organ orang yang sudah mati menjadi berfungsi kembali untuk tujuan transplantasi. Salah satunya organ terpenting dalam tubuh manusia, yaitu jantung. Menghidupkan kembali Jantung yang sudah mati bertujuan untuk transplantasi agar digunakan kembali untuk menyelamatkan orang. 



Para ahli bedah transplantasi sudah mulai menggunakan teknologi yang dikenal dengan nama "Kotak Jantung", memungkinkan mereka untuk "menghidupkan kembali" jantung dari orang-orang yang baru saja meninggal. Lebih dari itu, jantung yang sudah di hidupkan kembali dapat disimpan dan ditransplantasikan kepada orang yang membutuhkan. Lalu bagaimana bisa jantung dari orang yang sudah meninggal dihidupkan kembali agar dapat dipakai untuk orang yang masih hidup?


Bisakah Jantung Orang Mati Difungsikan Kembali?


Para peneliti di Amerika telah mengembangkan sebuah alat yang menjadikan jantung dari orang yang sudah meninggal kembali berdetak, dan ini adalah suatu berita bagus gan untuk orang orang yang membutuhkan transplantasi organ vital. Jantung dari orang yang baru saja meninggal kemudian dibedah dan dipindahkan kedalam suatu kotak, kotak itu sendiri adalah suatu alat pompa dengan ruang steril, berisikan suplai oksigen, darah segar, beserta elektrolit, dan selang selang untuk dihubungkan kembali ke arteri arteri "jantung mati" tadi.

Ketika selang selang sudah dihubungkan dengan baik, maka alat ini kembali mengalirkan darah beserta oksigen yang sudah tersuplai di dalam alat itu untuk membuat "jantung mati" tadi mendapat asupan darah dan oksigen layaknya ketika masih di dalam tubuh sehingga jantung dapat berdekat kembali dengan normal.


Apa Tujuan Menghidupkan Kembali Jantung Orang Mati?


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya gans, tujuannya adalah menjaga kondisi jantung dan otot jantung dari orang yang sudah mati kembali berfungsi dengan normal sehingga keberhasilan transplantasi organ jantung makin besar. Karna biasanya, pensuplai jantung untuk transplantasi itu jarang. Lagipula sebelumnya transplantasi jantung harus menggunakan jantung hidup yang masih berdetak. Dengan alat ini jantung yang sudah mati dapat difungsikan dengan normal dan disimpan untuk orang orang yang sedang kritis dan membutuhkan jantung hidup. Biasanya orang orang yang memerlukan jantung seperti ini adalah orang orang yang mengalami kerusakan jantung, jantungnya rusak, jantungnya terluka, atau tidak berfungsi semestinya, sehingga membutuhkan jantung baru untuk menyelamatkan nyawanya.


Kriteria Jantung Yang Bisa Dihidupkan Kembali


Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi agar "jantung mati" bisa difungsikan kembali, tidak sembarang jantung dari orang yang sudah meninggal bisa disimpan dan didonorkan untuk transplantasi. Dalam dunia kedokteran, para ahli bedah ahli transplantasi mengenal dua kategori utama kematian. Orang yang mati karena kerusakan otak, atau orang yang mati karena jantung dan aliran darah berhenti. Yang terakhir adalah apa yang mereka sebut "kegagalan peredaran darah." Tapi orang dengan kematian yg disebabkan kegagalan peredaran darah, jantungnya rentan dan terkadang sudah rusak karna sel sel otot jantung yang sekarat. Oleh karna itu para ahli bedah jantung dan transplantasi membutuhkan jantung dari orang yang mengalami kegagalan otak, sehingga jantungnya masih sehat dan dapat untuk disimpan lalu di transplantasikan.


Kondisi Dimana Jantung Dapat Bertahan Diluar Tubuh


Kondisi yang memungkinkan untuk menjaga jantung tetap hidup diluar tubuh agar bertahan lama dan tetap berdetak adalah dalam temperatur hangat, steril bebas dari bakteri dan parasit, asupan oksigen, darah, nutrisi serta elektrolit yang cukup. Sehingga jantung dapat bertahan lama dan tetap hidup diluar tubuh manusia. Hal yang harus diperhatikan adalah asupan kedalam jantung konstan dan selalu dikontrol.


Polemik dan Harga Yang Harus Dibayar


Banyak pertanyaan yang muncul untuk menanggapi hal ini, salahsatu pertanyaan yang populer adalah bisakah seseorang yang sudah mati dihidupkan kembali dengan mengganti jantung yang sudah mati dengan yang baru? Jawabannya adalah, untuk saat ini belum gan. Struktur manusia itu kompleks dan rumit, sehingga ketika nyawa sudah meninggalkan tubuhnya maka sel dan struktur dalam tubuh juga ikut mati (koreksi jika salah). Lalu berapa harga yang harus dibayar agar dapat mengganti jantung yang rusak ke jantung yang baru menggunakan alat ini? Kira kira sekitar 4-5 milyar rupiah gan, itupun belum biaya yang lainnya yang gabisa ane jelaskan.

Sebenarnya ini klasik dan pastinya agan sering denger, jadi intinya kesehatan itu mahal gan. Coba mulai berfikir bagaimana orang diluar sana sedang berjuang mencari membutuhkan jantung dan keluar uang banyak, sedangkan agan menyepelekan kesehatan jantung agan dan merasa bahwa agan akan terhindar dari kerusakan jantung. Mulai dari sekarang untuk jaga jantung gansis yah, sebagai manusia kan tugasnya saling mengingatkan. Sekian gan semoga bermanfaat.









No comments:
Write comments

Artikel Menarik Lainnya

loading...