Saturday, February 17, 2018

Kenapa Tradisi Ini Selalu Ada di Setiap Imlek?

Ngomong-ngomong soal Imlek, momentum ini bisa dikatakan sudah menjadi bagian perayaan hari besar yang jadi milik Indonesia. Bukan cuma kelompok atau etnis tertentu. Seperti juga momen Lebaran dan Natal yang berkahnya pasti dinikmati semua tanpa pandang agama atau keyakinan.



Nah, berikut ini tradisi Imlek yang dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat. 





Quote:
Pertama, Pes ta Diskon
Gan, Kenapa Tradisi Ini Selalu Ada di Setiap Imlek?


Imlek ini jadi semacam musim panen bagi pebisnis. Imlek artinya holiday season. Dan musim libur, apapun hari raya atau momentumnya, tak pernah dilewatkan agar sekaligus juga menjadi shopping season. Mulai dari mal, supermarket, minimarket, travel agent, maskapai hingga hotel, semua berlomba menggod a dengan diskon imlek. Dekorasi di mal dan hotel bahkan disulap jadi bernuansa imlek. Bentuk dukungan sekaligus upaya meraih keuntungan. Sah-sah saja bukan?




Quote:
Kedua, Barongsai
Gan, Kenapa Tradisi Ini Selalu Ada di Setiap Imlek?

Barongsai merupakan salah satu tarian dan seni pertunjukan tertua di dunia. Uniknya, atraksi Atraksi Barangsoi selama Imlek bisa digelar di mana saja. Mulai dari klenteng, mal hingga di pasar. Karena tempat pertunjukan yang fleksibel, Barongsai menjadi destinasi bagi semua lapisan masyarakat. 
Salah satu keyakinan yang dinisbatkan terhadap tari Barongsai adalah untuk mengusir setan. Katanya, saat tahun baru, dewa-dewi di bumi sedang ke kayangan untuk melapor ke Kaisar Langit sehingga bumi kosong dari dewa dewi dan kesempatan itu dimanfaatkan oleh setan. Lalu muncul inisiatif mengusir setan dengan Barongsai. Ini salah satu keyakinan ya gan-sis. Mungkin ada versi lain.




Quote:
Ketiga, Angpao
Gan, Kenapa Tradisi Ini Selalu Ada di Setiap Imlek?

Amplop merah berisi uang alias Angpao, sudah sangat familiar diserap dalam budaya Indonesia. Saking populernuya, istilah Angpao bahkan muncul di luar asosiasi dengan Imlek. Saat lebaran misalnya, sering b anyak yang minta Angpao. Bukan itu saja gan. Angpao bahkan sering jadi amunisi bagi pebisnis untuk meningkatkan penjualan. 


Apartemen Green Pramuka misalnya, dalam rangka momentum Imlek, memberikan promo angpao diskon bagi setiap pembelian apartemen (booking fee). Promo ini melengkapi promo lainnya yaitu pembelian apartemen tanpa slip gaji, cicilan 120x, free biaya IPL 2 tahun dan full furnished. Bukan cuma Green Pramuka, angpao diskon bahkan bisa kita temui juga di toko-toko online. Intinya, simbol angpao jadi jadi penglaris dan bisa diadopsi oleh siapa saja.



Quote:
Keempat, Lampion (Dekorasi)
Gan, Kenapa Tradisi Ini Selalu Ada di Setiap Imlek?

Dekorasi Imlek, yang pasti tidak sah kalau gak ada lampion. Mal hingga kawasan kota modern macam Alam Sutera, BSD, Bintaro atau Summarecon mempercantik diri dengan hiasan khas berwarna cerah menyala tersebut. Lampion, lebih dari sekadar simbol tradisi pergantian tahun. Lampion merupakan energi untuk menyalakan harapan, cita-cita hingga do’a agar kehidupan semakin baik di tahun-tahun berikutnya. 



Nah, agan dan sista. Itu empat hal yang me nurut thread strater (TS) selalu ada di setiap Imlek dan bisa dinikmati oleh semua elemen masyarakat. Bukan cuma mereka yang merayakan Imlek. Ada lagi? Silahkan tambahkan di kolom komentar. Mari kita merawat Indonesia dengan mencintai, merawat dan menikmati tradisi yang berinteraksi hidup di negara ini. Bravo!



No comments:
Write comments

Artikel Menarik Lainnya

loading...