Tuesday, March 13, 2018

7 Permainan Tradisional Indonesia Versi Android

Jujur aja ane bukan gamer addict yang ngikutin zaman jadi gak gitu update soal games-games masa kini. Meskipun dulu ane pernah main game Nintendo (entah apa namanya, pokonya masih model jadul pake kaset gitu) dan berlanjut main PS1, tapi udah itu ane gak pernah main  game lagi (kecuali Harvest Moon yang masih ane mainin sampe sekarang di android haha).


Well tema TOP 7 bulan ini cukup bikin ane bingung mau nulis apa. Tapi akhirnya terbersit kenangan nakal (aih awas salah paham haha)  masa kecil ane. Iya nakal, waktu disuruh belajar malah kabur main ke rumah temen atau ke lapangan buat sekedar lari-larian gak jelas bareng temen-temen. Duh kayanya masa-masa itu menyenangkan banget deh, jadi pengen nostalgia.


Nah buat gansis yang pengen nostalgia sama permainan-permainan tradisional zaman kecil dulu kaya ane, mungkin bisa nyobain beberapa game android yang akan ane bahas di TOP 7 kali ini. Yap, seiring perkembangan zaman, game tradisional konvensional kini menjelma jadi game digital yang bisa agan unduh dengan mudah di Play Store atau App Store.


Apa aja sih 7 permainan tradisional Indonesia yang tersedia dalam versi android? Langsung aja deh Cekidooot …..



1.    Balap Karung
Salah satu permainan yang jadi perlombaan ikonik di setiap perayaan hari kemerdekaan Indonesia ini adalah permainan sederhana yang susah-susah gampang di dunia nyata. Para pemain harus menyinkronkan gerakan meloncat dengan tetap mempertahankan posisi karung agar tidak membuat permain terjatuh.

[TOP 7] 7 Permainan Tradisional Indonesia Versi Android

Permainan tradisional satu ini berhasil di sajikan oleh HiClay Studio dalam versi games android bernama "Balap Karungs".Game ini cukup simple dan menyajikan pengalaman seperti bermain balap karung di dunia nyata. Pemain akan berkompetisi meloncat-loncat hingga garis finis melawan peserta lainya. Karakter pemain pun dapat terjatuh apabila tak hati-hati dan kehilangan keseimbangan.

Informasi Game:
Versi :  1.1
Last Updated : 16 Oktober 2016
Size : 26, 16 MB
Pengembang : HiClay (Makassar)




2.    Tarik Tambang
Masih permainan yang jadi perlombaan ikonik di hari kemerdekaan, yaitu Tarik Tambang. Di dunia nyata permainan ini dimainkan dengan mengandalkan kekuatan fisik para pemainnya. Menarik tambang dari tim lawan bukanlah perkara mudah apalagi jika tim lawan lebih kuat.


Tapi pada game "Go Tarik Tambang"ini yang agan perlukan adalah taktik a.k.a strategi (gausah kuat-kuat ntar layar androidnya retak haha).

[TOP 7] 7 Permainan Tradisional Indonesia Versi Android

Selain melawan system, agan juga bisa main melawan tim teman agan sendiri. Gak beda jauh lah ya sama di dunia nyata.
Informasi games:
Versi: 1.1
Last Updated: 17 Agustus 2016
Size: 8,24 MB
Pengembang: Pustaka Game Studio


 




3.    Makan Kerupuk
Yang terakhir dari rangkaian lomba 17 Agustusan nih, apalagi kalo bukan Makan Kerupuk. Rilis dengan nama yang sama yaitu "Makan Kerupuk" dibawah pengembang Nurmatams. Permainan ini dibuat sederhana, pemain hanya perlu makan kerupuk secepat dan sebanyak mungkin untuk menang. 

[TOP 7] 7 Permainan Tradisional Indonesia Versi Android

Informasi Games:
Versi: 1.0.3-mkr
Last Updated: 9 September 2016
Size: 7,76
Pengembang: Nurmatams


 


4.    Egrang (Jajangkungan)
Pernah main egrang gan? Itu loh permainan tradisional dari dua bilah bamboo yang dimodifikasi dengan diberi pijakan. Ane sih jujur aja belom pernah main egrang asli karena lumayan sulit. Sekilas info soal Egrang, permainan satu ini aslinya dari Jawa Barat gan, kalo di daerah asalnya lebih terkenal dengan nama "Jajangkungan". (bukan Jelangkung loh ya)

[TOP 7] 7 Permainan Tradisional Indonesia Versi Android

Nah permainan satu ini juga ada versi androidnya, bisa di cari di Play Store dengan nama "Egrang Jump". Cara bermain game ini, pemain harus menghindari rintangan-rintangan menghalangi jalan. Pemain juga harus mengumpulkan beberapa item seperti coin cepot dan diamond untuk menambah skor serta buah kelapa untuk menambah stamina.

Informasi Games:
Versi: 1.1.1
Last Update: 26 Juli 2016
Size: 14,13 MB
Pengembang: Mobidu Sinergi


 


5.    Gobak Sodor
Nah ini nih salah satu permainan tradisional yang bikin ane suka kabur ke lapangan kalo di suruh belajar. Dulu gak punya gadget juga asik-asik aja soalnya temen banyak, kadang malah main sama anak kampung sebelah dan baru kenalan pas mau main permainan ini.

[TOP 7] 7 Permainan Tradisional Indonesia Versi Android

Game satu ini rilis dengan nama Galasin: Game Gobak Sodor. Permainannya gak jauh beda sama di dunia nyata. Akan ada sebidang lapangan yang dibagi menjadi 6 bagian, ada yang menjaga dan tim yang berusaha melewati penjagaan. Pokonya buat yang mau nostalgia, boleh lah game satu ini di coba.

Informasi Games:
Versi: 1.0.1
Last Updated: 30 Maret 2017
Size: 18,78 MB
Pengembang: Catha Apps


 


6.    Congklak (Dakon)
Ini juga salah satu mainan favorit ane, kalo yang satu ini sih biasa sama temen-temen cewe aja. Di Playstore, game ini lumayan banyak dari pengembang yang berbeda-beda. Gansis bisa pilih sesuai keinginan, permainannya sih sama aja tinggal mindahin biji dari lubang permainan (sesuai aturan congklak pastinya).

[TOP 7] 7 Permainan Tradisional Indonesia Versi Android

Kalo versi yang paling banyak di download namanya Dakon Game. Disini gansis bisa pilih mau tanding lawan computer, main 2 players sama temen, atu tanding online sama user lain. Aturan lain sama aja sama di dunia nyata, lumayan buat isi waktu luang sambil nostalgia nih gan.


Informasi Games:
Versi: 23.2
Last Updated: 10 November 2017
Size: 8,68 MB
Pengembang: Capung Studio


 


7.    Bekel
Gak beda jauh sama congklak. Game ini juga identik sama permainan anak perempuan. Cara mainnya mudah, pemain hanya perlu memantulkan bola karet yang digunakan, selama bola memantul diudara pemain harus mengambil biji yang tersebar di lantai.

[TOP 7] 7 Permainan Tradisional Indonesia Versi Android

Untuk versi androidnya, rilis dengan nama "Bekel". Bedanya di versi android pemain harus mengambil bulan dan bintang, bukan biji-bijian, tapi peraturan lain kurang lebih sama.

Informasi Games:
Versi: 1.0.5
Last Updated: 13 Mei 2017
Size: 10,32 MB
Pengembang: Erfinder Studio



Nah itu dia TOP 7 Permainan Tradisional Versi Android yang udah ane kumpulin infonya, sebenernya ada beberapa lagi, cuma 7 permainan yang di atas ini kayanya paling berkesan juga buat ane deh (haha). Buat yang mau nostalgiaan jaman kecil boleh coba download atau mungkin mau ngenalin permainan tersebut sama anak-anaknya?

Meskipun sedikit mengobati rasa kangen, tapi harus ane akuin sih sensasinya beda kalo main beneran, kangen interaksi langsung sama temen-temen di masa itu. (eh jadi baper)

Semoga Thread kali ini ada faedahnya yaaaa …

Makasih udah mampir …..

Sumber: PlayStore
Gambar: Google

No comments:
Write comments

Artikel Menarik Lainnya

loading...