Tuesday, March 27, 2018

Acara Mistis/Gaib Itu Nyata Atau Bohong?

Oke sebelum ente baca trit ini, ane mohon baca sampai selesai, kalo masih ragu dengan apa yang ane tulis ente bisa baca referensi yang ane kutip atau jadikan dasar buat nulis trit ini.


Acara Gaib/Paranormal/Ghost Hunting adalah acara reality/reality show yang membicarakan atau mempertontonkan sesuatu yang berkaitan dengan hal gaib kepada penonton, sebagian acara ada yang udah bilang dari awal, acaranya settingan, dan sebagian besar bilang asli. Tapi kita belum tahu itu asli atau settingan, dan ane gak mau bicara tentang salah satu program gaib/paranormal tapi setidaknya sebagian besar.

Acara Mistis/Gaib di Televisi Itu Nyata atau Settingan ?


Acara ini kadang bisa membuat penonton percaya dan adiktif untuk terus menonton acara-acara ini, lihat salah satu rating program gaib di salah satu stasiun televisi, gak usah saya sebutkan, tahu konsekuensinya kan buat saya nanti


Ini rating salah satu acara gaib tanggal 21 Maret 2018
Rating

Acara Mistis/Gaib di Televisi Itu Nyata atau Settingan ?


Sumber : 123

BTW
BTW acara absurd apa yang judulnya kaya gini

Acara Mistis/Gaib di Televisi Itu Nyata atau Settingan ?



Nah masalahnya kalau rating tersebut tinggi, dan penonton percaya acara itu nyata bukan settingan, pasti stasiun televisi menyanggah kalau itu settingan, walau tidak semuanya, tapi pikir aja, percayabisa merubah laba dengan signifikan, kenapa harus bilang itu bohong, siapa tahu ??? siapa peduli???

Ya kalau masyarakat percaya, dan ternyata semua itu bohong, ane kira itu gak patut, oke, film medium yang isinya fiksi dan gak nyata tapi penonton itu tahu, film gak nyata, mereka bisa dapet empati dari film, mereka percaya pas nonton, setelahnya sudah jelas, itu fiksi. Kalau reality show?, saya gak bilang stasiun televisi itu bohong, gak. Saya gak punya bukti, apalagi nyari-nyari, lagian mereka juga sebenarnya punya niat baik, menghibur, tapi konsekuensi nya yang bisa fatal bagi pola pikir penonton.

Seperti yang sudah saya bilang, saya gak bakal menyanggah secara spesifik, khusus tentang satu program, kaya melihat kejanggalan atau kesalahan di tape program itu, NO, itu sama juga bohong karena cuma asumsi, tanpa bukti opini saya sama kaya naik sepeda motor tanpa roda, saya naik tapi gak jalan .


Ini, sebenernya panjaaaaang, tapi saya cuma sebut 3 hal yang membuat acara reality tentang gaib/paranormal diragukan keasliannya, Ini OPINI SAYA


1. Hantu atau Gaib atau Paranormal itu gak ada Dasar Ilmiah


Ini yang paling mendasari kenapa acara seperti itu kemungkinan bohong, gak ada satuun jurnal ilmiah atau malah bukti secara ilmiah tentang hal gaib,
Saya gak mau debat dengan hal ini, tapi satu hal yang mau saya jawab kalau anda ilang

Alah, Hantu itu gak bisa dibuktikan Ilmiah namanya juga hal gaib
Jawaban saya :
Kalo begitu gak ada bedanya sama Organisasi Kucing yang akan memusnahkan manusia, kenapa?
Namanya juga organisasi rahasia itu kepercayaan orang yang lahirnya 4 desember oke, gak bisa, gak bisa.

Gini agan pasti tahu maksud saya, kalau hal gaib itu ada harusnya sudah bisa dibuktikan dan gak ada satupun, bukti ilmiahnya. Apalagi bentuk gaib itu macem-macem, setiap kultur pasti ada, pasti ada

Mau afrika, asia, eropa, kepulauan solomon (btw yang belum tahu googling sendiri )

Kenapa setiap daerah ada ? karena memang manusia itu perlu jawaban atas "sesuatu", kok bisa ini pasti ada, oh saya tahu , pasti gara-gara ini.
Dan itu bahaya kalau gak di cek, di verifikasi, bisa sama dengan hoax.
Jangan marah kalau ini nyinggung agama, Metode Ilmiah diprakarsai sama Ilmuwan Islam Ibnu Al-Haytham.
OK? Baca dengan tenang, wajahnya biasa aja kalo marah, ente kaya orang gila, marah-marah sama hp.


Saya gak mau buat opini lagi tentang ini, saya kutip aja dari luar dan saya buat pendek, Ini James Randi, terkenal karena skeptis dengan hal mistis/gaib.
Ada video dari youtube tapi bahasa inggris :

Yang Ini tentang kenapa beliau membantah hal-hal supernatural





Yang ini tentang Tantangan Satu Juta dolar dan gak ada yang bisa buktiin Hal Gaib di depan James Randi, dengan syarat berdasar metode ilmiah, dari ribuan orang, gak ada satupun





Jangan salah James Randi ini pesulap, pesulap pake trik dan ane suka sulap, karena ane tahu itu bohong, tapi dengan jeniusnya pesulap bisa bikin itu kelihatan nyata.


2. Tentang Meramal dan Anak Indigo

Di bagian ini, saya gak tahu tentang orang dewasa Indigo, saya cuma punya referensi khusus anak-anak dan bagian ini sedikit dasar ilmiahnya, jadi take it easy.
Sebenarnya saya nulis ini juga geram sama teman saya sekelas yang katanya Indigo, bisa lihat hantu, atau apalah.
Indigo pertama kali dicetuskan oleh Nancy Ann Tappe, bisa di cek di Sumber, sederhananya gini dia bilang kalau anak spesial itu punya aura warna Indigo, dan mereka punya kekuatan mistis yang melebihi anak lain, kaya bisa melihat hantu, atau meramal masa depan etc, nah sekarang ente tahu kenapa disebut Indigo, padahal ilmuwan gak bilang Indigo itu nyata, gak ada buktinya.

Dikutip dari Wikipedia :


According to research psychologist Russell Barkley, the New Age movement has yet to produce empirical evidence of the existence of indigo children, as the traits most commonly attributed to them are closely aligned with the Forer effect—so vague that they could describe nearly anyone. Many critics see the concept of indigo children as made up of extremely general traits, a sham diagnosis that is an alternative to a medical diagnosis, with a complete lack of science or studies to support it.


OKE yang gak bisa bahasas inggris, intinya Indigo itu ada karena Forer effect, efek ini sederhananya hal-hal umum yang semua orang aslinya punya, tapi terasa cuma ente yang punya.
Anak Indigo ini malahan diasosiasikan sama ADHD, (googling sendiri males ane jelasin), bahkan autisme. Tapi argumen ini belum kuat, belum bisa dibuktikan.

Kemudian Meramal, meramal juga bisa dikatakan Forer atau Barnum Effect, kaya yang saya jelasin di atas, oke--oke yang bingung
Coba lihat video ini tentang peramal atau kegiatan meramal, dan lihat pola kalo peramal itu bertanya,



Paham kan? Kenapa Ramalan itu Meragukan, si peramal mencoba cari celah dari pengetahuan umum yang diramal, terus yang diramal percaya , tapi kalau ente masih bilang

Alah, Ramal dan Indigo itu gak bisa dibuktikan Ilmiah namanya juga hal gaib

Ane juga punya ramalan

Ramalan
Yes, dan 10 tahun lagi kucing ada di puncak rantai makanan darling.





3. Kok bisa bertahan sampai sekarang, BIAS



Ini penting, pola pikir ini yang bikin negara maju, agan harus bisa memeverifikasi apa yang agan dapet dari orang lain, karena informasi salah dan kalau banyak orang percaya, salah satu pihak bisa dirugikan.
Kalau ada informasi salah namun dianggep bener karena banyak yang percaya bisa masuk BIAS.
Tapi gak semua orang punya pola pikir ilmuwan, bosenin, angka-angka kaya gitu, buat apa? (Bukan berarti orang jenius gak bias, bahkan saya juga bisa bias, tapi saya minimalkan dengan referensi, research.)

Contoh Bias di acara hantu adalah Pareidolia

Acara Mistis/Gaib di Televisi Itu Nyata atau Settingan ?


Dan berkaitan tentang hantu :

Acara Mistis/Gaib di Televisi Itu Nyata atau Settingan ?

Pareidolia sederhananya ente liat awan bentuk kelinci, terus percaya awan itu jelmaan kelinci, oke mungkin ini bego tapi hal ini diulang-ulang dengan topik religius, tapi saya gak mau bahas hal itu, saya mau fokus ke BIAS lain yaitu

Bias konfirmasi


Dikutip dari Wikipedia

Bias konfirmasi adalah suatu kecenderungan bagi orang-orang untuk mencari bukti-bukti yang mendukung pendapat atau kepercayaannya serta mengabaikan bukti-bukti yang menyatakan sebaliknya.


Jadi istilah ini mirip cherry picking, ente ambil DATA yang mendukung argumen ente, dan data yang gak mendukung, dibuang. Sains gak kaya gitu, NO NO NO.

Contoh :
Adi liat sesosok wanita rambut panjang dengan pakain putih duduk di pinggir jalan, Adi yang naik motor langsung ngebut, dan cerita dengan teman-temannya, dan teman-temannya juga percaya, karena ada teman yang cerita serupa.

Pasti pernah kan?

Apa hubungannya dengan poin pertama dan kedua ?
Well, kalau ente percaya Hantu itu ada, ente biasanya nyari data yang mendukung dan pasti semakin percaya gara-gara data itu, padahal bisa aja data itu gak valid.

Ditambah lagi hal ini dipercaya oleh banyak orang, bisa buat peer pressure, kalo ente gak percaya sendiri, yang aneh bukan mereka tapi ente, karena ente beda sendiri. Dan bisa jadi karena itu ente ikut percaya, terus dapet data yang salah kaya yang ane sebutin.



Kesimpulan saya, saya hanya menyuarakan opini saya, saya gak bilang acara gaib itu bohong, dan mereka menghibur saya akui, saya berpendapat hal-hal kayak gini harus ada dasar ilmiahnya kalau ditontonkan ke orang banyak, karena teknologi, dari hp, komputer, kaskus atau bahkan sendal jepit yang ente pake itu dasarnya sains. Saya gak ingin bahas kepercayaan atau agama, kalau anda percaya itu hak anda, tapi sains gak bisa dikaitkan dengan kepercayaan, karena memang gak boleh diragukan, sains dasarnya adalah keraguan, kalo ada yang ragu kita perbarui, dan apabila hantu benar bisa dibuktikan dengan sains, good i"m in, tapi sekarang gak ada yang bisa buktiin, dan itu gak termasuk Illuminati Kucing oke, mereka ada.


No comments:
Write comments

Artikel Menarik Lainnya

loading...