Thursday, March 22, 2018

Badak Putih Utara Jantan Terakhir Tutup Usia



Dilansir BBC News, Badak Putih Utara(Northern White Rinho) jantan yang terakhir bertahan hidup baru saja meninggal setelah mengalami kesehatan buruk berbulan-bulan. Kematian ini membuat badak putih utara tidak memiliki pejantan lagi, karena hanya menyisakan 2 ekor betina.

Sudan, yang sudah berumur 45 tahun selama ini tinggal di Ol Pejeta Conservancy, Kenya. Sudan berpulang sejak senin kemarin, setelah masalah kesehatan yang dialaminya karena umur yang sudah tua memburuk secara signifikan.

"kematiannya adalah simbol kejam dari ketidakpedulian manusia terhadap alam dan hal tersebut membuat sedih semua yang mengenalnya," kata Jan Stejskal, pejabat di Dvur Kralove Zoo, Republik Ceko, tempat Sudan tinggal hingga 2009.

[Breaking News!] Badak putih utara jantan terakhir baru aja punah gan


Kematiannya ini menyisakan 2 betina lagi, anaknya dan cucunya. 2 ekor betina ini masih menjadi harapan konservasionis untuk menyelamatkan spesies tersebut. Untuk mencoba menyelamatkan spesies tersebut, para peneliti berhasil menyelamatkan materi genetik Sudan sebelum kematiannya, dengan harapan inseminasi buatan kepada salah satu dari 2 betina yang tersisa bisa berhasil. Staff dari taman koservasi tersebut berharap, dengan adanya kemajuan teknologi sel dan IVF, ini tidak menjadi sinyal dari punahnya spesies tersebut.

Badap putih utara (Northern white rinho) sebelumnya sangat mudah ditemukan di Afrika. Namun, karena pemburuan yang tidak terkontrol di era kolonial, jumlah merekapun makin sedikit. Mereka biasanya diburu untuk diambil culanya.

Sebelum kematiannya, Sudan dijaga dengan sangat ketat layaknya pengamanan seorang presiden. Walaupun dirawat dengan sangat baik dan dijaga dengan sangat ketat, umurnya yang sudah cukup tua mau tak mau membuat kematiannya tidak bisa dihindarkan lagi. Bisa dilihat sendiri gan di video berikut bagaimana ketatnya penjagaan Sudan



Harapan untuk meneruskan spesiesnya terdapat pada inseminasi buatan yang bisa dilakukan pada anaknya, Fatu atau cucunya, Najin.

Tapi bukan hanya badak putih utara ini yang perlu jadi perhatian gan. Semua spesies badak yang ada di dunia sedang terancam punah. Mungkin sudah sangat terlambat untuk Badak Putih Utara, tapi kita masih punya harapan untuk menyelamatkan semua spesies lain.
Every rhino species is under threat, said Cathy Dean, chief executive of Save the Rhino, an advocacy group, while the technical advances researchers are discussing may take 15 years to bear fruit.
"It may be too late for the northern white rhinos, but we still have time to save all the other species," Ms. Dean said.


SUMUR
http://www.bbc.com/news/world-africa-43468066
https://www.theguardian.com/environm...no-is-put-down
http://www.bbc.com/news/world-africa-43468066
https://edition.cnn.com/2018/03/20/a...ntl/index.html
https://www.nytimes.com/2018/03/20/s...n-extinct.html
SUMBER

No comments:
Write comments

Artikel Menarik Lainnya

loading...