Friday, March 9, 2018

Definisi Bahagia Itu.....


Bahagia. Satu kata dengan banyak makna. Bahagia bisa didefinisikan apa saja, tak terbatas. Ada begitu banyak definisi bahagia. Dari hal-hal yang kecil, dan tanpa kita sadari kita sering mengalaminya. Hingga hal-hal besar yang tidak bisa dicapai dengan instan, tapi harus butuh perjuangan.

Definisi Bahagia Itu.....

Bagi ane, definisi bahagia itu, random, dan banyak banget. Ini beberapa definisi bahagia menurut ane.

So, Bahagia itu...


1. Ketika nemuin uang di saku celana waktu akhir bulan

Definisi Bahagia Itu.....

Bagi sebagian orang, akhir bulan terkadang menjadi "waktu horor", karena di akhir bulan, biasanya saldo rekening akan semakin menipis, sementara kebutuhan sehari-hari masih banyak. Dan di saat krisis pemasukan, tiba-tiba kita nemuin uang di saku celana atau baju. Wah, pasti rasanya senang banget. Bahagia dapat rejeki di akhir bulan. Ya, meskipun sebenernya itu bukan hasil tambahan pemasukan kita, karena memang sebenarnya itu adalah uang kita sebelumnya, hanya saja baru ketemu. Tapi, itu udah cukup buat kita bahagia.



2. Ketika ada tanggal merah di kalender di hari jumat atau sabtu

Definisi Bahagia Itu.....

Bagi anak sekolahan, atau karyawan yang kerjanya 6 hari dalam 1 minggu, bahagia itu ketika ada tanggal merah di kalender pas hari sabtu. Itu artinya...Libuuuur.... Lumayan, bisa untuk liburan 2 hari, atau lebih memilih tidur dua harian penuh...

Tapi lain lagi, kalau seorang karyawan yang waktu kerjanya 5 hari dalam 1 minggu, bahagia itu ketika ada tanggal merah pas hari jumat. Ancang-ancang liburan biasanya sudah disiapkan dengan matang. Lumayan, 3 hari libur.



3. Ketika pengajuan cuti disetujui atasan.

Definisi Bahagia Itu.....

Bagi karyawan, jatah cuti menjadi hal yang amat sangat berharga. Selain jumlah hari yang cukup sedikit, pengajuan cuti untuk keperluan tertentu kadang juga tidak selalu disetujui oleh atasan. Harus bisa mengira, kapan waktu yang tepat untuk mengajukan cuti, supaya bisa disetujui oleh atasan. Dan bagi seorang karyawan, bahagia itu bisa datang dari pengajuan cuti yang disetujui oleh atasan. Sesederhana itu.



4. Ketika kita ulang tahun, kita yang di traktir teman

Definisi Bahagia Itu.....

Biasanya, ketika kita ulang tahun, kita lah yang mentraktir teman kita. Alangkah bahagianya, kalau kita ulang tahun, justru kita yang ditraktir oleh teman kita. Kalau ada salah satu teman kita yang seperti itu, pertahankan!!



5. Ketika lapar tengah malam, ada sebungkus mie instan

Definisi Bahagia Itu.....

Perut lapar bisa terjadi kapan saja. Tak mengenal waktu dan tempat. Kalau lapar di pagi atau siang hari mungkin tidak terlalu masalah. Nah, ketika lapar di tengah malam atau dini hari, mungkin sedikit merepotkan. Kalau ada layanan delivery makanan, mungkin no problem, tapi kalau tidak ada? Stok makanan di rumah lah yang jadi solusinya. Bahkan sebungkus mie instan pun akan jadi sangat terasa lezat ketika lapar di tengah malam, dan tidak ada lagi yang bisa dimakan selain mie instan.



6. Ketika bisa bangun siang di hari minggu

Definisi Bahagia Itu.....

Pernah mengalami ketika di hari biasa, bangun tidur selalu kesiangan? Sementara di hari libur atau minggu, bangun tidur terlalu pagi? Dan bahagia itu sederhana, ketika di hari minggu atau di hari libur, kita bisa tidur dengan pulas, dan bangun tidur lebih siang dari biasanya.



7. Ketika bisa ngobrol akrab dengan calon mertua

Definisi Bahagia Itu.....

Salah satu momen mendebarkan dalam hidup kita, bisa jadi ketika silaturahmi ke rumah calon mertua kita. Ketika calon mertua mulai bertanya kepada kita tentang ini dan itu. Awalnya mungkin sedikit grogi, tapi semakin lama, kita bisa semakin akrab dengan calon mertua kita. Sungguh hal itu sangat melegakan, dan membuat kita bahagia, untuk kelangsungan hubungan kita dengan calon pendamping hidup kita.



8. Ketika menyebut namamu dalam ijab qobul

Definisi Bahagia Itu.....

Ijab qobul adalah prosesi sakral. Memang hanya sebaris kalimat yang diucapkan. Tapi bermakna sangat dalam akan sebuah ikrar janji suci di hadapan Tuhan. Dan salah satu sumber kebahagiaan dalam hidup, adalah menyebut namanya dalam Ijab qobul. Namanya, nama seorang wanita yang kita perjuangkan. Nama seorang yang akan menjadi tanggung jawab kita. Nama seorang yang kita ikrarkan menjadi pendamping hidup untuk mengarungi bahtera rumah tangga, hingga ajal menjemput.



Menjadi bahagia itu keharusan. Tak ada alasan untuk tidak bahagia. Tak selalu untuk hal-hal besar, hal kecil dan sederhana pun bisa menjadi sumber kebahagiaan. Karena bahagia adalah satu hal yang harus selalu kita perjuangkan dalam hidup.

So, mari perbanyak bahagia dalam hidup kita.

Seperti apa definisi bahagia bagi anda?
Sudahkah anda bahagia hari ini?

No comments:
Write comments

Artikel Menarik Lainnya

loading...