Sunday, March 25, 2018

Gudeg Basah VS Gudeg Kering

Ada Pepatah tak kenal maka tak sayang. Maka dari itu erkenalkan nama aku Aji Sugoro Geni. Bisa di panggil Aji. Aku terlahir di Kota Yogyakarta, Kota yang masih menjujung tinggi tradisi dan budaya. Obyek wisata disini sangat banyak. Penduduknya sangat ramah dan makanan disini sangat murah. Para pelajar dari berbagai Provinsi di Indonesia merantau ke Yogyakarta untuk menuntut ilmu. Maka disebutlah Yogyakarta sebagai Kota Pelajar. Kota yang penuh kerinduan. Hello Yogyakarta!!!I miss you.

           Yogyakarta mempunyai tempat wisata yang sangat banyak. Selain  mempunyai tempat wisata Yogyakarta juga  mempunyai segudang makanan khas. Salah satunya makanan khas Yogyakarta yaitu gudeg, jika juragan liburan di Kota Pelajar ini, mampirlah sebentar untuk sekedar mencicipi gudeg. Gudeg adalah makanan yang sangat di buru oleh wisatawan maupun penduduk lokal. Komposisi dari gudeng ini adalah nangka muda yang dimasak dengan santan yang dimasak berjam-jam bersama daun jati biasanya, sehingga menghasilkan rasa yang sangat gurih nyow-nyow hhe. Gudeg biasanya dimakan dengan nasi, sambal goreng krecek, daun ubi yang di rebus. Kemudian lauk dari nasi gudeg biasanya telur,ayam kampung,tempe, dan tahu. Kamu tinggal pilih yang mana lauknya ? . Setelah kamu menetukan lauk tidak lupa nasi gudeg disiram kuah santan yang sangat kental dan begitu gurih, yang sering disebut areh. Karena ibaratnya jika gudeg tidak memakai areh seperti nasi padang tidak memakai kuah rendang. Nah, di thread aku kali ini aku akan membahas tentang perbedaan gudeg kering dan basah, karena banyak wistawan lokal maupun asing yang tidak bisa membedakan mana gudeg basah dan yang mana gudeg kering.  Padahal perbedaanya hanya di kuah arehnya. Berikut penjelasan dari aku.
 



Pertama Gudeg Basah

Mula-mula gudeng ini lah yang pertama kali muncul, kemudian barulaah muncul gudeg kering. Kemungkinan gudeg kering di produksi karena banyaknya minat wisatawan yang ingin membawa oleh-oleh kerumah, karena gudeg kering lebih tahan lama dibanding gudeg basah. Kira-kira gudeg basah hanya mampu bertahan satu hari saja, itupun di bantu dengan di nget ( bahasa jawanya) atau di hangatkan. Cita rasa gudeg basah lebih gurih lo gan. Jelas terlihat pada gudeg basah kuah areh lebih encer. Seperti gambar di bawah ini.

 Perbedaan Gudeg Basah dan Gudeg Kering yang Mungkin Anda Belum Mengetahui
 sumber pict:http://indorealtaste.blogspot.co.id/2016/01/gudeg-jogja.html




Kedua Gudeg Kering

Gudeg yang sangat praktis yang bisa dibawa kemana saja, tanpa takut arehnya tumpah. Gudeg kering biasanya bisa bertahan satu sampai dua hari saja. Kalau ingin lama lagi yang tetap harus di panasi. Cita rasa gudeg keringpun sangat berbeda dengan gudeg basah. Karena arehnya kering sedikit manis-manis. Berikut gambar gudeg kering.

 Perbedaan Gudeg Basah dan Gudeg Kering yang Mungkin Anda Belum Mengetahui
 sumber pichttp://indorealtaste.blogspot.co.id/2016/01/gudeg-jogja.html




Kesimpulan Kesimpulanya jika warga semua penasaran segera cobain gan, karena aku ga bisa kasih gambaran banyak rasa areh (tidak bisa di ungkapkan dengan kata-kata) hhe, karena keduanya mempunyai cita rasa yang sangat enak, tapi kalau aku cenderung lebih suka yang gudeg basah. Mungkin barang kali adakah juragan sedang di Yogyakarta segera merapat di daerah Wijilan, di sana merupakan sentra kuliner gudeg gan.

Perbedaan Gudeg Basah dan Gudeg Kering yang Mungkin Anda Belum Mengetahui
Sumber pict :http://wikimapia.org/11668365/id/Gerbang-Tarunosuro-Plengkung-Wijilan

Perbedaan Gudeg Basah dan Gudeg Kering yang Mungkin Anda Belum Mengetahui
sumber pict: https://paketwisatajogja.net/sentra-gudeg-wijilan


Sekedar Info bukan hanya di Yogyakarta. Solo juga mempunyai gudeg, tetapi gudeg Solo arehnya basah dan warnanya putih. Gudeg di Solo biasanya di hidangkan dengan ceker.
Sekarang banyak penjual gudeg yang berinovasi, sehingga kita sering mendengar gudeg mercon dan gudeg kaleng.  Gudeg kaleng dipercaya dapat bertahan hingga 1 tahun lo. Mungkin itu dulu dari saya. Keep Eat Gudeg.

SUMBER

No comments:
Write comments

Artikel Menarik Lainnya

loading...