Wednesday, June 13, 2018

Stop Iimbah Sedotan Plastik

Gansis tau gak sih kalau bumi kita kondisinya lagi memprihatinkan? Kenapa memprihatinkan? Jadi, selain karena usia bumi yang semakin renta, bumi juga menghadapi masalah besar berupa sampah plastik yang tidak bisa diurai.


Jika menurut gansis sampah plastik bisa diurai dalam jangka waktu yang lama, itu salah. Plastik nyatanya tak akan pernah bisa terurai. Plastik justru akan menjadi partikel tak kasat mata berukuran sangat kecil dan ini disebut dengan microplastic.

Microplastic ini biasanya terbuang ke sungai lalu berakhir di lautan. Merasa aman karena microplastic terbuang ke laut? Eits, jangan senang dulu. Microplastic yang terbawa air ini bisa termakan oleh makhluk-makhluk air. Tidak hanya makhluk air berukuran besar, namun juga makhluk air terkecil seperti plankton.


Ingat, microplastic tidak bisa terurai dan itu akan bersarang pada tubuh makhluk air yang biasa dikonsumsi juga oleh manusia. Jadi agan pun bisa makan microplastic tanpa disadari. Bahaya kan?


Demi memerangi sampah plastik, masyarakat seluruh dunia sedang gencar mengkampanyakan #NoStrawMovement. Apa sih itu? Jadi, ini adalah kampanye "Tidak Menggunakan Sedotan"sebagai usaha mengurangi si plastik. Kenapa sedotan ya?

Usut punya usut, dari sekian banyak sampah plastik, penyumbang terbesarnya itu adalah sampah sedotan plastik yang sering kita pakai sehari-hari. Coba aja agan hitung berapa kali kamu beli minuman dan buang sedotan plastik seharinya. Pasti banyak kan?


Sedotan Ini Diprediksi Bakal Trend di Masa Depan



Nah untuk mengganti penggunaan sedotan plastik, banyak jenis sedotan yang lebih ramah lingkungan mulai bermunculan dan agan bisa ikutan nih kampanye #NoStrawMovementmenggunakan sedotan-sedotan ini. Apa aja sih? So, cekidot gan …



1.   Sedotan Metal
Sedotan Ini Diprediksi Bakal Trend di Masa Depan
sumber

Kalau agan followersnya Neng Raisa di IG pasti pernah liat doi nunjukin sedotan metal miliknya. Nah, Raisa yang termasuk mengampanyekan No Straw Movementloh. Btw, sedotan metal ini dinilai paling bagus karena bahannya yang kuat dan tidak mudah patah, jadi aman banget dibawa kemana-mana. Sedotan metal bisa dipakai berulang kali, asal agan rajin bersihin si sedotannya setiap habis dipakai. Gak beda lah dari sendok garpu.



 


2.   Sedotan Kaca
Sedotan Ini Diprediksi Bakal Trend di Masa Depan

sumber

Kalo jenis yang satu ini dibilang sih paling cantik dan elegan karena tersedia dalam beberapapilihan warna dan bentuk. Bahan kaca yang paling aman dan tahan lama itu dari Pyrex. Itu loh yang suka dipakai jadi bahan tabung reaksi di laboratorium. Kekurangannya, sedotan kaca ini harus hati-hati banget kalau agan mau bawa. Pastikan tidak tergencet dalam tas, nanti pecah.



 


3.   Sedotan Bambu
Sedotan Ini Diprediksi Bakal Trend di Masa Depan
sumber

Selain sedotan metal, sedotan jenis bambu jadi yang paling banyak digunakan. Sedotan ini cenderung lebih ringan dari sedotan metal dan cukup mudah serta aman dibawa-bawa. Sedotan bambu juga bisa digunakan berkali-kali.



 


4.   Sedotan Jerami
Sedotan Ini Diprediksi Bakal Trend di Masa Depan
sumber

Hampir sama dengan sedotan bambu, sedotan jerami ini dinilai ramah lingkungan jadi akan mudah terurai jika dibuang. Sedotan jerami punya julukan the straw straw.Kekurangan sedotan jerami ini tidak bisa digunakan berkali-kali. Katanya sih banyak restaurant di luar yang mulai beralih dari sedotan plastik ke jenis sedotan yang satu ini.



 


5.   Sedotan Akrilik
Sedotan Ini Diprediksi Bakal Trend di Masa Depan
sumber

Seperti sedotan metal, bambu dan kaca, sedotan akrilik juga bisa digunakan berkali-kali. Warna dan bentuknya pun tak kalah cantik dari sedotan kaca, bahkan cenderung lebih artistik. Namun sayangnya sedotan akrilik ini cukup rapuh, mudah pecah saat terjatuh dan cepat rusak jika dicuci berkali-kali.



 


6.   Sedotan Kertas
Sedotan Ini Diprediksi Bakal Trend di Masa Depan
sumber

Yang ini juga tersedia dari berbagai pilihan warna, tapi pilih yang bahan pewarnanya alami dan aman konsumsi ya gan. Kenapa? Ya namanya juga kertas kalo dicelup ke air (apalagi air hangat) pewarnanya bisa aja luntur. Sedotan kertas ini juga sekali pakai dan gampang rusak jika terlalu lama direndam ke dalam air.



 


7.   Sedotan Silikon
Sedotan Ini Diprediksi Bakal Trend di Masa Depan
sumber

Bahannya mirip dengan dot botol susu bayi gan. Biasanya sedotan satu ini digunakan untuk anak-anak karena bahannya yang lembut dan dinilai tidak berpotensi merusak gigi anak. Seperti halnya dot bayi, sedotan yang satu ini perlu peran air panas saat membersihkannya agar steril.



 

Nah itu tadi jenis-jenis sedotan yang diprediksi akan hits di masa depan menggantikan sedotan plastik. Buat agan sista yang peduli lingkungan dan sering menggunakan sedotan plastik, yuk ah mulai ganti sedotannya. Hal kecil ini bisa meringankan beban bumi kita loh. Kalo mau gampang sih menurut ane mending gak usah pake sedotan sama sekali gan hehe.



No comments:
Write comments

Artikel Menarik Lainnya

loading...