Friday, March 30, 2018

Kenapa Facebook Lebih Mengenalmu Ketimbang Teman, Keluarga, atau Dirimu Sendiri

Kenapa Facebook Lebih Mengenalmu Ketimbang Sahabatmu, Keluargamu, Bahkan Kamu Sendiri

Apakah ente merasa bahwa temen-temen ente mengenal ente dengan baik? Coba pikirkan lagi gan. Para peneliti telah mengembangkan model komputer yang bisa menilai kepribadian ente secara lebih akurat dari teman-teman atau keluarga ente hanya dengan menggunakan data-data aktivitasmu di facebook. Terkadang bahkan lebih akurat dari dirimu sendiri. Kenapa bisa demikian? Berikut dia beberapa alasannya gan.




1. Facebook Mengetahui Siapa Saja yang Ente Kenal, lebih dari siapapun
Kenapa Facebook Lebih Mengenalmu Ketimbang Sahabatmu, Keluargamu, Bahkan Kamu Sendiri

Pernah lihat halaman "you may know" di Facebook? Pernah gak sih muncul orang yang bener-bener ente kenal di dunia nyata, padahal gak punya mutual friends sama sekali dengan ente? Mungkin beberapa dari ente bakal bingung kok bisa si Facebook tau kalo kita kenal dia. Seseorang pernah membagikan pengalamannya di Reddit ketika dia menggunakan e-mail yang tidak pernah digunakannya sama sekali untuk membuat akun facebook palsu. Semua data pribadi yang diisi dibuat-buat supaya berbeda dengan kehidupan aslinya. Dia terkejut ketika facebook masih bisa memprediksi dan menyarankan cukup banyak orang-orang yang benar-benar ia kenali di kehidupan nyatanya. Mulai dari orang-orang yang namanya baru saja dia kenal, hingga seorang wanita yang pernah berkencan dengannya 19 tahun silam. Lalu, kenapa bisa demikian gan?

Jawabannya adalah karena Facebook punya data kontak kite gan. Kalo ente pikir Facebook cuman tau kenalan ente yang sudah ente jadikan teman di facebook, ente salah besar! Facebook biasanya meminta izin untuk mengakses data kontak dari e-mail agan kalo agan login lewat PC, dan meminta izin untuk mengakses data kontak agan di HP kalo agan login di HP. Jadi, Facebook tau siapa aja yang kontaknya ente simpen di HP maupun di e-mail, dan juga siapa aja yang pernah ente e-mail gan. Facebook juga punya data tentang siapa-siapa saja yang memiliki kontak kita di HP atau e-mail mereka gan, dan data itu mereka gunakan untuk memperkirakan siapa saja orang-orang yang kita kenal di kehidupan nyata!

Namun, data-data tersebut hanya memberitahu facebook siapa saja orang-orang yang ente kenal gan. Dengan data tersebut Facebook gak akan tau gimana ente bisa mengenal orang itu atau sedekat apa ente dengan orang tersebut. Supaya Facebook bisa tahu lebih banyak lagi, maka facebook memberi beberapa pertanyaan tentang data-data pribadi ente seperti di mana ente sekolah, kapan ente lahir, di kota mane ente tinggal, sampai di mana kampung halaman ente. Facebook juga mengumpulkan data seperti di mane ente melakukan log in, yang memungkinkan mereka mengetahui di mane tempat yang sering ente datangi atau tongkrongi.

Ketika mereka sudah tau tentang struktur jaringan sosial ente, maka mereka gak cuman bisa memprediksi orang yang ente kenal saat ini, tapi juga bisa memprediksi orang yang mungkin akan ente kenali di masa depan! Teman, Keluarga, Pasangan, atau bahkan diri ente sendiripun kagak mengetahui sedalam ini gan.


2. Facebook Mengetahui Kepribadian Ente, lebih dari siapapun
Kenapa Facebook Lebih Mengenalmu Ketimbang Sahabatmu, Keluargamu, Bahkan Kamu Sendiri

Mengklik "like" merupakan hal biasa dilakukan di facebook. Tapi siapa sangka, data mengenai aktivitas tersebut bisa menjadi sumber yang sangat akurat untuk mengetahui kepribadian seseorang gan. Dilansir dari New York Times, para peneliti di University of Cambrigde dan Stanford University mengetes sebuah algoritma pada lebih dari 17.000 pengguna Facebook, yang sebelumnya telah menyelesaikan sebuah tes kepribadian dan memberi para peneliti tersebut data tentang aktivitas like mereka di Facebook. Beberapa teman, kolega, dan keluarga juga menyelesaikan sebuah survei untuk mendeskripsikan para pengguna tersebut. Jika diberikan data yang cukup, algoritma tersebut dapat mendeskripsikan para pengguna dengan lebih akurat ketimbang teman maupun keluarganya. Algoritma ini hanya butuh 10 data like untuk mengalahkan prediksi koleganya di tempat kerja, 70 data like untuk mengalahkan teman satu kamarnya, 150 data like untuk mengalahkan orangtua ataupun saudara kandungnya, dan 300 data like untuk mengalahkan pasangannya(suami/istri). Facebook menggunakan data ini untuk menampilkan iklan yang relevan untuk anda, sehingga kemungkinan anda mengklik iklan tersebut lebih besar. 

Kenapa Facebook Lebih Mengenalmu Ketimbang Sahabatmu, Keluargamu, Bahkan Kamu Sendiri
Sumber gambar: nytimes


Penelitian tersebut, yang dipublikasikan di Proceedings of the National Academy of Sciences, menunjukkan bahwa komputer bisa menggantikan manusia pada kondisi yang membutuhkan analisa kepribadian, kata penulis utama, Youyou Wu, seorang mahasiswa pascasarjana psikologi di Cambridge.

"Saat ini orang-orang melakukannya secara manual menggunakan kuisioner" kata Wu, "di masa depan hal ini bisa dilakukan secara otomatis sehingga dapat diterapkan secara lebih efisien dan dapat diandalkan" lanjutnya.


3. Facebook Menyimpan Semua Data, Sedangkan Orang Disekitarmu Bisa Saja Lupa
Kenapa Facebook Lebih Mengenalmu Ketimbang Sahabatmu, Keluargamu, Bahkan Kamu Sendiri

Apakah orangtuamu ingat semua orang yang kamu kenalkan kepadanya? Tentu saja tidak. Apakah pasanganmu mengingat semua cerita tentang kesukaanmu dan preferensimu? Tentu saja ada yang terlupa. Tapi, Facebook menyimpan semuanya. Semua data yang pernah kamu berikan, tidak akan dilupakan. Bahkan untuk post-post atau komentar-komentar yang pernah kamu hapus sekalipun. Inilah salah satu sebab kenapa Facebook bisa lebih mengenal anda dibandingkan Kaluargamu, Pasanganmu, atau bahkan dirimu sendiri. Ente bisa melihat data apa saja yang Facebook miliki tentang ente dengan membuka link di bawah. Ane sempet download data ane sih, totallnya 240 mb gan.
https://www.facebook.com/help/131112897028467


PENUTUP

Jadi itu die gan beberapa alasan kenapa Facebook bisa lebih mengenal ente ketimbang orang-orang terdekat di sekitar ente. Memang sedikit terdengar menakutkan, tapi ini bukanlah hal yang perlu ditakuti. Namun perlu dicatat memang, bahwa kita memang perlu lebih bijak dalam memberikan informasi melalui sosial media gan. Tidak sedikit orang yang terkena masalah hanya karena terlalu membuka informasinya di sosial media. Selama ente bijak dalam memberikan informasi tersebut, maka sosial media masih menjadi tempat yang aman kok gan. Sekian dari ane, terima kasih udah mau mampir ke trit ane yang sederhana ini. Jangan lupa mampir ke trit ane yang lain yee gan...

SUMUR
https://www.nytimes.com/2015/01/20/s...yone-else.html
https://www.wired.com/2015/01/facebo...sonality-test/
https://www.telegraph.co.uk/news/sci...wn-family.html
http://time.com/3663775/facebook-lik...s-personality/
friends
SUMBER

No comments:
Write comments

Artikel Menarik Lainnya

loading...