Saturday, March 10, 2018

Riset Mutakhir dan Tercanggih Israel di Bidang Kedokteran (Diabetes)

Terlepas dari hal-hal lainnya yang membuat kita jengkel dengan pandangan politik luar negeri dan Zionisnya, ada beberapa hal yang membuat kita berdecak kagum pada negara (?) ini. diantaranya adalah riset mereka yang terbilang cukup maju dan mumpuni. Mereka memang pinter-pinter dan terampil sekali. Nah kali ini kita akan membahas riset dan proyek mereka di bidang kedokteran, khususnya dalam riset Diabetes. Meskipun merupakan negara kecil (*saya agak bingung untuk mendefinisikan mereka, apakah benar menyebut mereka negara atau apa ya?), Israel adalah pemain utama dalam penelitian diabetes, dengan para ilmuwan-ilmuwannya yang mencari cara untuk memberikan pencegahan, pengobatan, dan pengobatan yang lebih baik untuk penyembuhan penyakit ini secara global.

Jadi bila agan atau sista disini punya keluhan tentang Diabetes, atau sodara, keluarga, teman, pacar, dlsb, ada yang terindikasi Diabetes, mungkin bisa main-main ke Israel. 

Mengapa mereka fokus pada Diabeters? Karena , ...


Quote:
"Karena, ..."
Menurut WHO, bahwa satu dari 10 orang berkemungkinan menderita diabetes – itu artinya lebih dari 346 juta orang di seluruh dunia. Diabetes itu sendiri mengindikasikan bahwa pankreas tidak memproduksi atau melepaskan hormon insulin sebagaimana mestinya, sehingga tubuh tidak bisa memetabolisme gula dengan benar. Diabetes adalah penyebab kematian ketujuh di Amerika Serikat (Nah jadi kita tau kan mengapa Israel giat dan gencar sekali riset di bidang ini. *Pesenan).
 
Diabetes yang tak terobati bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular, kebutaan dan gagal ginjal. Saat ini, Diabetes hanya bisa diobati dengan suntikan insulin, tapi tidak ada obatnya. Untuk itulah Israel concern sekali dalam penelitian tentang Diabetes ini, karena mereka yakin, bahwa di setiap penyakit, pasti ada obatnya (iya kan? Kredo yang seharusnya membuat kita malu)





Proyek yang diberi nama ISRAEL21c ini mempunyai 10 proyek teratas dan tercanggih di bidang riset tentang (pengobatan) Diabetes, yaitu sebagai berikut ; 


Quote:
"Artificial Pancreas"
Kita tahu bahwa orang yang menderita diabetes harus memeriksa kadar gula darah mereka setiap beberapa jam sepanjang hari dan malam, untuk menentukan kapan dan berapa banyak insulin yang diperlukan untuk menyeimbangkannya. Nah berangkat dari itu, mereka membuat semacam Pankreas buatanbaru yang dikembangkan di Schneider Children"s Medical Center di Tel Aviv yang dapat membuat tugas tadi itu jadi otomatis.
 
Pankreas buatan ini dilengkapi dengan Sistem MD-Logic yang bisa digunakan di rumah dengan menggabungkan sensor glukosa dan pompa insulin, yang terhubung ke komputer. Di komputer itu lah informasi dan data di olah untuk menetapkan jumlah insulin yang harus diberikan. Program ini juga memberitahukan peringatan jika ada masalah. Sejauh ini, perangkat berbasis perangkat lunak tersebut berhasil diuji pada anak-anak di Israel, Slovenia dan Jerman.





Quote:
"No 2. DiaPep 277"

Riset Mutakhir dan Tercanggih Israel di Bidang kedokteran (Diabetes)

Proyek ini termasuk penelitian terbesar dan paling maju yang pernah melibatkan pasien diabetes tipe 1, yang dilakukan di Israel, Kanada, Amerika Serikat dan belasan negara Eropa, berpusat di seputar alternatif insulin yang dikembangkan di Andromeda Biotech Israel. Peptida sintetis DiaPep277 ini bisa menghentikan perkembangan bentuk penyakit ini, di mana respons imun yang rusak benar-benar bisa membunuh sel beta yang menghasilkan insulin di pankreas.





Quote:
"No 3. Gastric Stimulator"

Riset Mutakhir dan Tercanggih Israel di Bidang kedokteran (Diabetes)

Namanya adalah DIAMOND, yang dibuat oleh perusahaan perangkat medis Israel MetaCure, Diamond ini adalah stimulator gastrik implan dengan elektroda yang menempel pada otot perut bagian luar. Tujuan awalnya adalah untuk mengobati obesitas dengan meningkatkan kontraksi otot perut untuk perasaan kenyang yang lebih besar, dan untuk merangsang pelepasan hormon yang mempengaruhi rasa lapar, kenyang dan penyerapan dan metabolisme nutrisi.
 
Namun para pengembangnya menemukan bahwa di antara ratusan orang yang ditanamkan DIAMOND di seluruh dunia, ternyata perangkat ini juga secara efektif mengendalikan kadar glukosa darah dan juga insulin sintetis dan obat diabetes lainnya. Alat ini juga membantu memperbaiki kondisi terkait diabetes seperti tekanan darah tinggi, kolesterol dan trigliserida.




 
Quote:
"No 4. Medical Smartphone"

Riset Mutakhir dan Tercanggih Israel di Bidang kedokteran (Diabetes)

Namanya adalah LifeWatch V, smartphone medis pertama di dunia, merupakan ponsel berbasis Android dengan sensor tertanam untuk menganalisis segala sesuatu mulai dari kadar glukosa hingga persentase lemak tubuh. test strips gula darah dapat dimasukkan ke dalam portal telepon, dan hasilnya secara otomatis akan dikirim ke remote server untuk dianalisis dengan algoritme milik perusahaan. Hasil dan data tren bisa secara langsung dibagikan dengan pengguna dan / atau orang tua atau penyedia layanan kesehatan melalui email atau pesan teks.

Saat ini teknologi ini sedang dalam proses regulatory approvals di Israel, Eropa dan United States, LifeWatch V dirancang oleh LifeWatch Technologies agar bisa user-friendly untuk siapapun mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Pasien diabetes muda merupakan target utama karena device ini akan membantu orangtua memonitor tes dan pengobatan sehari-hari anak-anak mereka saat mereka di sekolah. 






Quote:
"No 5. Transplanting Insulin-Producing Cells"

Nah, Salah satu pendekatan yang menjanjikan dalam mengobati diabetes Tipe 1 adalah dengan mentransplantasi sel beta penghasil insulin yang sehat ke dalam pankreas. Sebuah teknik baru yang dikembangkan oleh Universitas Ben-Gurion, Prof. Smadar Cohen meningkatkan kelangsungan hidup dan efektivitas sel-sel transplantasi ini.

Pendekatan terobosannya, saat ini sedang diuji coba pada tikus diabetes, melibatkan sekitar sel yang ditransplantasikan dengan kisi tiga dimensi untuk memelihara pembuluh darah. Jaringan yang direkayasa secara biologis ini mengeluarkan hormon pertumbuhan dan membantu sel berkomunikasi satu sama lain.



 




Quote:
"No 6. Glucose-Sensing Enzyme"
Periset di Universitas Yahudi dan Universitas Hadassah Medical Center di Yerusalem telah mengidentifikasi enzim penginderaan glukosa tubuh yang mendorong produksi sel beta penghasil insulin di pankreas saat gula darah meningkat.

Studi yang dikerjakan bertahun-tahun secara inovatif ini didanai oleh Juvenile Diabetes Research Foundation dan dilaporkan dalam jurnal Cell Metabolism, risetnya mengarah pada cara memulihkan atau meningkatkan fungsi sel beta pada orang dengan diabetes Tipe 1.





Quote:
"No 7. Predicting Risk to Prevent Diabetes"
Karena temanya adalah memprediksi dan mencegah diabetes, maka proyek ini melibatkan berbagai orang dari berbagai usia dan jenis kelamin. ada tiga studi khusus untuk membuat kesimpulan diantaranya adalah, ..

1. Melibatkan 37.000 remaja Israel selama periode  
17-year period , dari studi itu ditemukan bahwa indeks massa tubuh (BMI) yang meningkat, bahkan pada rentang normal, pada masa remaja dan masa dewasa secara independen terkait dengan risiko diabetes dan penyakit jantung. Selama masa studi, 1.173 kasus baru diabetes tipe 2 didiagnosis di antara kelompok uji.

2. Melibatkan 677 kebanyakan pekerja paruh baya laki-laki setengah baya menunjukkan bahwa orang-orang yang menderita akibat "kelelahan" terkait pekerjaan atau jenis lainnya "mungkin" rentan terhadap diabetes tipe 2 sebagai akibat kelelahan emosional akibat stres, kelelahan fisik dan keletihan kognitif.

3. Melibatkan 185.000 wanita hamil, terbukti secara statistik untuk pertama kalinya bahwa tes umum yang digunakan untuk mendeteksi diabetes gestasional sementara pada wanita dan anak-anak mereka juga secara akurat memprediksi diabetes Tipe 2 onset di kemudian hari.

Kesimpulannya, ..

Dari ketiga penelitian tersebut bahwa intervensi awal dalam bentuk konseling gaya hidup dan diet dapat mencegah banyak kasus diabetes tipe 2.




Quote:
"No 8. Israeli Diabetes Researchers Look for a Cure"

Belasan orang yang terdiri dari Lima ahli imunologi Israel, ahli biologi sel dan ahli sel beta melakukan proyek yang didanai (dana hibah) sebesar $ 130.000 per tahun (untuk durasi riset tiga tahun) untuk meneliti pengobatan diabetes tipe 1, dana terssebut berasal dari Juvenile Diabetes Research Foundation dan Israel Science Foundation (ISF). Proyek-proyeknya itu meliputi metode kerja :

1. Dr. Benjamin Glaser untuk menginduksi sel beta penghasil insulin untuk direplikasi,
2. Michael Walker dan Yoav Soen mengembangkan alat terapeutik untuk membuat sel beta fungsional,
3. Penelitian Yehiel Zick untuk lebih memahami mekanisme di balik gen yang melindungi sel beta pankreas dari kerusakan,
4. Ofer Mandelboim dan Angel Porgador mengembangkan antibodi untuk memblokir reseptor yang digunakan oleh sistem kekebalan tubuh "sel pembunuh" untuk menghancurkan sel beta di pankreas; dan
5. Yoram Reiter mendirikan yayasan untuk pendekatan imunoterapi baru berbasis antibodi untuk mencegah dan mengobati penyakit ini.





Quote:
"No 9. The Dead Sea"
Nah Laut Mati pun mereka teliti untuk penggobatan Diabetes. Laut yang tinggi kandungan garamnya dan kaya akan mineral itu memang telah lama dikenal sebagai pengobatan alami untuk penyakit kulit, rematik dan pernafasan. Menurut sebuah penelitian oleh para peneliti ilmu kesehatan di Universitas Ben-Guriondi Negev dan Soroka Medical Center di Beersheva, air asin juga membantu menurunkan kadar glukosa darah dan dapat memperbaiki kondisi medis penderita diabetes.

Studi yang dijelaskan di Israel Medical Association Journal ini melibatkan 14 orang berusia antara 18 dan 65 yang menderita diabetes tipe 2 kurang dari 20 tahun. Setelah berendam di kolam yang dipenuhi air Laut Mati selama 20 menit, terjadi penurunan yang cukup besar - hingga 13 persen pada beberapa kasus - kadar glukosa darahnya. Masih agak awal untuk menarik kesimpulan, namun pengujian lebih lanjut akan menentukan apakah suatu hari Laut Mati dapat diresepkan sebagai cara untuk mengurangi dosis insulin yang dibutuhkan.





Quote:
"No 10. Citrus Supplement to Neutralize Sugar"
Riset ini dipimpin oleh tim dari Universitas Hebrew-Harvard University, risetnya mengerjakan ekstraksi naringenin, senyawa dari jeruk bali (grapefruit), yang menggunakan nanoteknologi untuk membuatnya menjadi produk yang dapat ditaburi makanan untuk mengubah bagaimana tubuh memproses makanan berlemak dan bergizi.

Suplemen makanan bisa memiliki implikasi yang signifikan bagi pasar obat, terutama yang berkaitan dengan diabetes dan obesitas. Biasanya, penyerapan naringenin molekul lemak dan gula cukup rendah, sehingga untuk meningkatkan kemampuan penyerapan, para periset ini merancang sebuah bentuk naringenin yang mencakup extra ring gula tambahan yang melekat pada molekul tersebut.

Referensi

No comments:
Write comments

Artikel Menarik Lainnya

loading...