Wednesday, March 28, 2018

Tanda-tanda Psikopat Pada Anak-anak


Selamat siang agan. hari ini ane mau bahas tentang PSIKOPAT mungkin agan sudah gak asing lagi dengan gangguan jiwa seperti ini namun sudahkah agan tahu apa itu PSIKOPAT?
Waspada Psikopat, Kenali sejak dini tanda-tanda Psikopat pada Anak


dikutip dari Sini yang dimaksud dengan Psikopat adalah [color=blue] sebuah gejala kelainan pada psikologi seseorang yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan atau kerugian bagi orang lain. Di dalam dunia kedokteran jiwa, psikopat masuk dalam klasifikasi gangguan kepribadian disosial.


Menurut penelitian, sekitar 1% dari total seluruh populasi manusia di bumi mengidap psikopat. Beberapa orang ahli memperkirakan 3 dari 10 laki-laki di Amerika Serikat dan 1 dari 30 laki-laki di Inggris merupakan psikopat.

Psikopat ditemukan di berbagai kelas sosial dan profesi , baik laki- laki ataupun perempuan. Di dalam kasus kriminal, psikopat sering terindikasi sebagai pembunuh, pemabuk, pemerkosa, penipu, pejudi, pelaku kekerasan dalam rumah tangga, pelaku bunuh diri atau koruptor.

Penyebab Seseorang Psikopat

Hingga saat ini masih belum diketahui secara pasti apa sebenarnya penyebab dari gangguan psikopat pada seseorang. Berbagai macam teori dikemukakan oleh para peneliti.

Mulai dari teori kelainan struktural otak seperti penurunan intensitas pada bagian otak di sekitar prefrontal grey matter dan atau penurunan volume otak pada bagian "posterior hippocampal" dan juga peningkatan intensitas otak pada bagian "callosal white matter".

Teori yang lainnya menerangkan bahwa gangguan gangguan fungsi otak, metabolisme serotonin, dan genetik yang diduga berperan dalam menciptakan karakter monster pada seorang psikopat.

Mungkin tidak terlihat secara jelas kerusakan otak pada seorang psikopat. Tetapi terdapat anomali di dalam cara psikopat mengelola informasi yang berpengaruh pada pengambilan tindakan.

Di dalam penelitian menggunakan MRI melalui pengenalan gambar-gambar pada kasus bunuh diri yang tidak menyeramkan. Pada orang non-psikopat tampak banyak sekali aktivasi di amigdala, hal ini berbeda dengan seorang psikopat yang tidak ditemukan perbedaan sama sekali.

Namun terdapat peningkatan aktivitas di area lain di dalam otak, tepatnya pada area ekstra-limbik. Tampaknya seorang psikopat melakukan analisa materi emosional di bagian otak tersebut.

Waspada Psikopat, Kenali sejak dini tanda-tanda Psikopat pada Anak

Selain terdapat anomali pada bagian otak tersebut, faktor genetik dan lingkungan juga berperan penting dalam menciptakan karakter psikopat. Stres ataupun tekanan hidup yang cukup besar dapat merubah perilaku seseorang menjadi lebih brutal.

Tetapi apabila sifatnya sementara, dikarenakan suatu hal, maka orang tersebut tidak bisa dikatakan sebagai seorang psikopat. Ciri pada psikopat sebenarnya bisa dideteksi sejak masih kanak-kanak melalui berbagai macam perilaku yang kurang wajar.

Perilaku antisosial pada anak-anak ternyata termasuk dalam warisan genetik. Penelitian terhadap anak-anak kembar menunjukkan, anak menunjukkan dugaan psikopatik dini. Penelitian ini dilakukan terhadap 3.687 pasang anak kembar yang baru berusia tujuh tahun.


Psikopat Juga terjadi pada Anak-anak
Waspada Psikopat, Kenali sejak dini tanda-tanda Psikopat pada Anak

Siapa bilang Psikopat hanyak dimiliki oleh orang dewasa? Seperti yag di singgung sebelumnya, bahwa psikopat bisa dialami siapa saja. termasuk anak-anak. nah ane akan jabarkan 7 tanda-tanda psikopat pada anak-anak yaitu


1. Kepribadian Anti Sosial
Waspada Psikopat, Kenali sejak dini tanda-tanda Psikopat pada Anak

Salah satu ciri khas dari anak-anak yang mengidap gejala psikopat adalah memiliki gangguan kepribadian antisosial.

Hal ini merupakan hasil penelitia King College, London yang mana menjelaskan jika terdapat anak-anak yang lebih tertarik memandang bola merah dibandingkan orang-orang yang ada di sekitarnya memiliki sikap anti sosial yang mana merujuk pada seorang psikopat. Namun studi lebih lanjut belum dilakukan apakah hal tersebut nantinya dapat berlanjut ke usia dewasa atau tidak.

2. Sering Melawan dan Egois
Waspada Psikopat, Kenali sejak dini tanda-tanda Psikopat pada Anak

Anak kecil yang sering merengek karena meminta sesuatu mungkin adalah hal yang wajar-wajar saja terjadi.

Hal tersebut merupakan sikap yang wajar terjadi jika anak-anak tidak diikuti kemauannya. Namun jika sikap egois yang dimilikinya melebihi batas wajar pada umumnya yang terjadi pada anak-anak, maka sebagai orang tua anda perlu mewaspadai hal ini.

Hal ini dikarenakan anak yang cenderung psikopat memang memiliki sikap yang lebih berani bahkan dengan orang tua nya sendiri. Senang melawan orang tua, guru, dan teman-teman sebayanya merupakan salah satu kemungkinan jika anak memiliki sikap yang psikopat.


3. Kejam Kepada Hewan
Waspada Psikopat, Kenali sejak dini tanda-tanda Psikopat pada Anak

Menurut Robert Hare, penulis dari buku Without Conscience: The Distrubing World of The Psychopaths Among Us menjelaskan jika tanda-tanda anak yang memiliki kecenderungan psikopat adalah tingkah lakunya yang sangat kejam kepada hewan. Mulai dari menyiksa hewan hingga mungkin dengan sengaja membunuh hewan tersebut.

4. Tidak Memiliki Ekspresi Wajah
Waspada Psikopat, Kenali sejak dini tanda-tanda Psikopat pada Anak

Menurut studi yang dilakukan oleh University of New South Wales, Australia yang diterbitkan dalam Journal of Abnormal Child Psychologi menjelaskan jika salah satu tanda jika anak memiliki bakat psikologi adalah tidak adanya ekspresi yang tersirat di wajahnya.

Penelitian ini melibatkan 214 anak perempuan dan laki-laki tingkatan TK. Penelitian ini menganalisis tentang perasaan yang berkaitan dengan tanda-tanda awal psikopat. Studi ini mengajak anak kecil untuk bisa menggambar beragam ekspresi wajah yang diketahuinya. Mulai dari ekspresi netral, sedih, senang, dan lainnya. Anak-anak yang memiliki bakat psikopat ataupun kurang berperasaan akan kesulitan untuk mengenali ekspresi wajah dan memiliki sikap yang kurang peduli kepada kondisi teman-teman yang ada di sekitarnya.

5. Tidak Memiliki Empati
Waspada Psikopat, Kenali sejak dini tanda-tanda Psikopat pada Anak

Salah satu tanda anak memiliki gejala psikopat adalah adanya sikap yang kurang memiliki empati dalam dirinya. Pengertian empati menurut para ahli sebenarnnya hampir mirip dengan simpati. Hanya saja empati tidak hanya berbentuk perasaan yang timbul begitu saja namun diikuti perasaan orang tersebut dari dalam tubuh (hati) nya yang begitu dalam.

Kurangnya rasa berempati kepada orang lain dapat menjadi tanda-tanda yang sering terlihat pada anak-anak yang memiliki bakat psikopat. Sampai nantinya akan ada orang dewasa yang mengejarkan tentang empati, mungkin anak-anak memang kurang mengetahui tentang sikap empati. Nantinya mereka hanya akan fokus kepada kebutuhan dan keinginannya sendiri.



6. Suka Merusak Barang
Waspada Psikopat, Kenali sejak dini tanda-tanda Psikopat pada Anak


SUMBER

No comments:
Write comments

Artikel Menarik Lainnya

loading...