Sunday, April 1, 2018

Kenapa Masker Oksigen di Pesawat Tidak Ada Tabung

Halo gaes, kali ini ane mau ngomongin soal dunia dirgantara, masih hubungannya sama pesawat tapi cuma salah satu bagian kecil yang ada di dalam pesawat. Apa itu? Halah, dari judulnya juga udah ketahuan kalee.

Iyep, ente pernah naik pesawat kan? Kasian banget kalo belom. Ane doain yang belum pernah naik pesawat bisa ngerasain naik pesawat, biar berguna tuh fitur airplane di smartphone ente.

Kalo kita naik pesawat, sebelum take off pasti kan mbak-mbak pramugari melakukan ritual memeragakan prosedur keselamatan penerbangan. Salah satunya adalah masker oksigen. Pernah mikir ga gan ente, itu masker oksigen apa masker asap kok kagak ada tabungnya, lah terus oksigennya dapet dari mane ya? Kan kalo oksigen di rumah sakit atau yang buat nyelem itu ada tabungnya.


Simak nih gan penjelasannya...

Magic Reaction


Ternyata oksigen itu bisa berasal dari bermacam senyawa kimia, banyak senyawa yang juga kaya akan oksigen. Misalnya adalah sodium chlorat NaClO3. CO3 di dalam sodium chlorat itu bisa diubah menjadi oksigen (O2), yang dibutuhkan hanyalah panas untuk membuat senyawa sodium cholar melepaskan oksigen segar. Begitu juga senyawa lain yang mengandung oksigen, bisa diubah menjadi oksigen siap hirup dengan sedikit reaksi.

Kenapa Masker Oksigen di Pesawat Ga Ada Tabungnya? Ini Jawabannya

Nah itu juga yang diterapkan di masker oksigen pesawat, di masker tersebut sudah mengandung senyawa kimia yang dengan panas akan melepaskan oksigen segar. Gimana dapat panasnya? Biasanya kan ada instruksi untuk sedikit menarik masker oksigen saat memakainya, nah dengan menarik masker itu akan menciptakan sedikit "ledakan" yang menciptakan panas dan mampu mengubah senyawa kimia di dalam masker menjadi oksigen segar. Oksigen dari senyawa kimia hanya mampu menghasilkan oksigen maksimal selama 20 menit aja gan, tapi itu sudah cukup untuk proses evakuasi penumpang katanya.




Efisiensi Tempat dan Beban


Kenapa dibuat seperti itu, pastinya ada alasannya gan. Diantaranya adalah untuk menghemat beban dan tempat. Bayangin kalo masker oksigennya pake tabung, nambah berapa kilo itu beban pesawat yang tentunga juga bakal mengurangi kapasitas beban dan tempat yang mampu ditampung pesawat. Rugi dong maskapai penerbangan, kalo isinya cuma tabung oksigen doang.

Lagian ga lucu juga kan, masak ntar tiba-tiba ada tabung oksigen brojol dari atas penumpang. Bisa benjol deh tu kepala. Terus juga masa pas evakuasi kita mau gotong-gotong oksigen yang berat, belum lagi kalo ada cidera. Pasti tidak efisien.

Kenapa Masker Oksigen di Pesawat  Ga Ada Tabungnya? Ini Jawabannya
Foto : Airmagz





Nah gitu gan alasannya masker oksigen di pesawat dibikin kayak gitu. Ternyata ga sembarangan. Sekian trit dari ane kali ini. Semoga bermanfaat.

sumber

No comments:
Write comments

Artikel Menarik Lainnya

loading...