Friday, March 23, 2018

Tantangan Hidup yang Sesungguhnya, Dunia Kerja

Apa yang terlintas dalam pikiran kita saat setelah lulus sekolah atau kuliah? Pada umumnya semua orang berpikiran sama, cepat mempunyai pekerjaan dan mendapat gaji yang cukup atau bahkan besar. Semua orang pasti berharap bisa mudah dalam mendapat pekerjaan, namun dalam kenyataannya beragam. Ada yang dalam waktu sebentar bisa dapat pekerjaan, ada juga yang menunggu dan berusaha mencari pekerjaan sekian lama namun belum ada panggilan kerja atau pilihan kerja yang tepat, faktor banyaknya orang yang melamar kerja dan terbatasnya lapangan pekerjaan menjadi salah satu penyebabnya.

Dunia Kerja, Tantangan hidup yang sesungguhnya
Credit : cancercenter.org

Dunia kerja memang terkadang keras, tak jarang ada persaingan di dalamnya. Memasuki dunia kerja, kita akan menemukan banyak hal yang tidak kita ketahui sebelumnya dan mungkin belum pernah di temukan semasa mengenyam bangku pendidikan. Ujian untuk kemandirian diri dimulai saat kita memasuki dunia kerja, dunia kerja sendiri sebagai ajang "show up" bagi kita atas apa yang telah dipelajari sebelumnya di bangku pendidikan serta belajar untuk tidak bergantung pada orang tua kita lagi.


1. Dunia kerja terkadang tak memandang latar belakang pendidikan
Dunia Kerja, Tantangan hidup yang sesungguhnya
Credit : investasi-millennial.com

Memasuki dunia kerja kita akan dihadapkan pada keadaan, kita bersama yang lainnya mempunyai peluang yang sama dengan orang lain dalam upaya bisa mendapat pekerjaan. Meski ada spesifikasi dan kualifikasi pekerjaan, dunia pekerjaan terkadang untung-untungan, ada yang latar pendidikannya biasanya saja tapi jabatannya bagus dan ada juga yang latar pendidikannya bagus namun jabatannya biasa saja.

Memasuki dunia kerja perlu mental yang kuat. Bukan hanya sekedar mental yang kuat, namun juga kemampuan dan skill kita harus mumpuni agar bisa terserap di dunia pekerjaan. Adanya kompetisi dalam usaha membuat para perusahaan membutuhkan para tenaga kerja yang handal untuk bertahan dalam persaingan bisnis.




2. Dunia kerja merupakan sarana untuk mengaplikasikan ilmu
Dunia Kerja, Tantangan hidup yang sesungguhnya
Credit : blog.goethe.de

Selepas keluar dari bangku pendidikan dan masuk dunia kerja, kita akan dihadapkan dengan berbagai permasalahan yang mungkin kompleks. Permasalahan di dunia kerja terkadang bisa membuat kita merasa tertantang untuk mengaplikasikan ilmu yang di dapat selama menjalani pendidikan di sekolahan atau perkuliahan.

Seberapa penting atau tidaknya suatu ilmu yang didapat saat masa pendidikan akan terlihat saat kita sudah bekerja, terkadang teori yang didapat dari saat belajar di bangku pendidikan bisa diterapkan di dunia kerja dan terkadang juga sebaliknya. Pada kenyataannya terkadang teori yang didapatkan di dunia pendidikan terkadang tidak tepat diaplikasikan, karena seringkali permasalahan yang di temukan di perusahaan bisa lebih kompleks dan rumit.





3. Kerja atau berwirausaha?
Dunia Kerja, Tantangan hidup yang sesungguhnya
Credit : free-latihan.blogspot.com

Memasuki usia-usia kerja kita akan dihadapkan pada dua pilihan, memilih bekerja atau membuka usaha sendiri? Dua hal tersebut memiliki nilai positif dan negatif, dan disinilah kita harus bisa menentukan pilihan yang tepat, baik antara bekerja untuk orang lain atau membuka pekerjaan bagi orang lain.



4. Dunia kerja merupakan sarana untuk pembuktian diri
Dunia Kerja, Tantangan hidup yang sesungguhnya
Credit : mesinketik.com

Masuk dunia kerja bisa menjadi ajang pembuktian bagi kita untuk bisa menunjukkan kemampuan kita dan juga kontribusi yang bisa kita lakukan untuk sebuah perusahaan. Maju mundurnya perusahaan terkadang bergantung pada kinerja kita sebagai pegawai di dalamnya. Ujian di dunia kerja bukan lagi ujian teori yang selalu didapat di semasa menempuh bangku pendidikan, tapi ujian menyelesaikan problem yang bersentuhan langsung dengan kegiatan nyata. Di dunia kerja kita akan belajar banyak hal, termasuk hal-hal yang tak di dapat di bangku pendidikan. Di dunia kerja pula kita  akan bisa lebih memahami tentang arti hidup, entah itu perjuangan, persaingan ataupun hal-hal lainnya.



5. Dunia kerja bisa menjadi ajang untuk melatih mental
Dunia Kerja, Tantangan hidup yang sesungguhnya
Credit : kompas.com

Terkadang memasuki dunia kerja kita dihadapkan pada banyak hal entah itu tantangan ataupun masalah-masalah, disinilah kita harus punya mental yang bagus dalam menjalani kehidupan di dunia kerja. Kerja itu bukan masalah betah dan tidak betah, tapi tentang apa yang bisa dilakukan dan apa yang bisa didapat dari pekerjaan yang kita lakukan. Saat kita tidak siap mental memasuki dunia kerja, bisa jadi kita tak bisa bertahan lama dengan pekerjaan yang ditekuni.



Demikian tulisan ane kali ini, ada koreksi atau tambahan silahkan sampaikan di kolom komentar, dan sampai jumpa lagi di tulisan berikutnya.


Sumber tulisan : ide sendiri dan inspirasi kehidupan
Sumber gambar via google images
SUMBER

No comments:
Write comments

Artikel Menarik Lainnya

loading...