Gokil gan!!,"The Flying Crane": Sebuah Helikopter RAKSASA
Mungkin kalo jaman sekarang,untuk membawa barang yang besar sesuatu melalui udara itu udah jadi seuatu yang biasa ya gan,
tapi kebayang ga jaman dulu ada sebuah HELIKOPTER RAKSASA yang tugasnya buat ngangkatin barang besar semacam truk,tank,mobil,dan sebagainya....
Pada tahun 1946,Angkatan Darat AS datang dengan kenginan yang cukup aneh untuk membuat sebuah helikopter yang sangat besar yang mampu mengangkat hingga 10.000 lbs (4.536 kg), dengan kecepatan 64 mph (105 km / jam), lebih dari berbagai 100 mil ( 160 km).
helikopter ini mampu mengangkat kendaraan militer yang berat ke atas langit,ke atas sungai,lembah, dan rintangan berat lainnya.
Pada awalnya,proyek ini dikembangkan oleh Kellett Aircraft Corporation gan,
tetapi Kellett mulai mengalami kesulitan keuangan selama pengembangan awal dan mereka memutuskan untuk menjual hak cipta dan prototipe yang belum selesai untuk divisi pesawat Hughes.
The Hughes XH-17 "Flying Crane" adalah prototipe helikopter heavy-lift yang dikembangkan selama tahun 1950-an.
Hughes dikenal dengan pembuatan kapal terbangnya,Hercules H-4
dan mereka tidak pernah membangun helikopter atau pesawat yang diproduksi massal.
Divisi pesawat Hughes mempekerjakan beberapa anggota yang sebelumnya bekerja untuk Kellett Aircraft Corporation dalam proyek ini,
hanya untuk memastikan bahwa proyek tersebut tetap di jalurnya.
Pada tahun 1948,pelopor penerbangan Howard Hughes Jr. mulai mengubah raksasa XH-17 Flying Crane menjadi kenyataan.
proyek dimulai dan jelas bahwa itu akan menghabiskan banyak biaya,jadi mereka harus bereksperimen dengan desain dan banyak elemen telah diburu dari pesawat yang sebelumnya sudah ada.
Kokpitnya berisi dua kursi yang berasal dari Waco CG-15,
undercarriage dibuat dari bagian Amerika Utara B-25 dan Douglas C-54,
dan tangki bahan bakar berasal dari tangki bom bay Boeing B-29....
ya semacam kanibal kayanya nih
Pada akhir tahun 1949,mereka memulai dengan uji coba darat tetapi para insinyur dihadapkan dengan banyak kesulitan karena kerumitan rotor, dan sumber daya mereka yang tidak biasa.
Tetapi proyek ini harus terus dikembangkan,
dan pada bulan Juni 1950,rig tes rusak parah ketika roda gigi siklik mengalami kegagalan...
walaupun begitu,angkatan Udara amerika sangat terkesan dengan tes awal XH-17 dan meminta agar rig uji statis ditingkatkan ke prototipe terbang.
Mereka harus membuat beberapa modifikasi,seperti pemasangan sistem hidrolika dan penambahan rotor pada bagian ekor.
Pada 23 Oktober 1952, Hughes XH-17 sudah siap untuk penerbangan pertamanya.
Howard Hughes,bersama dengan pejabat militer, pers, dan publik, hadir di bandara Hughes di mana helikopter XH-17 akan naik untuk penerbangan pertamanya....
Gale Moore adalah pilot yang membawanya tebang pertama kali.
dan dia berhasil menerbangkannya,tapi sayangnya tidak lama setelah terbang.
tepatnya lebih dari satu menit setelah take-off,helikopter raksasa itu kembali ke tanah.
Pilot mengalami kesulitan dalam mengendalikan arah pesawat.
ini bukan masalah serius dan koreksi dilakukan dengan sangat cepat,dan XH-17 kembali meluncur ke langit untuk penerbangan uji coba lainnya.
Tapi kemudian masalah lain terjadi,yaitu tegangan vibrasi tinggi yang dialami oleh rotor utama adalah salah satunya masalah besarnya dan ini lebih sulit untuk diatasi.
Selama tiga tahun berikutnya mereka harus membuat banyak modifikasi tetapi tetap saja helikoter itu masih belum layak terbang,
bahkan mereka menghadapi lebih banyak kesulitan karena kemajuan itu dibuat secara perlahan....
Dan saat itu tahun 1955 ketika rotor lama mengalami kerusakan, mereka membutuh rotor yang baru,
tetapi proyek itu akhirnya dibatalkan oleh militer....
Setelah beberapa tahun kemudian,versi yang lebih besar diusulkan diberi naman XH-28
tetapi faktanya XH-28 bahkan tidak pernah disetujui sebagai sebuah proyek baru..
"inovasi ga selamanya berakhir bahagia"
--------------------------------------
Tulisan : fellgrey
Referensi : vnnniuews dan pemikiran pribadi
Pic : google
Mungkin kalo jaman sekarang,untuk membawa barang yang besar sesuatu melalui udara itu udah jadi seuatu yang biasa ya gan,
tapi kebayang ga jaman dulu ada sebuah HELIKOPTER RAKSASA yang tugasnya buat ngangkatin barang besar semacam truk,tank,mobil,dan sebagainya....
Pada tahun 1946,Angkatan Darat AS datang dengan kenginan yang cukup aneh untuk membuat sebuah helikopter yang sangat besar yang mampu mengangkat hingga 10.000 lbs (4.536 kg), dengan kecepatan 64 mph (105 km / jam), lebih dari berbagai 100 mil ( 160 km).
helikopter ini mampu mengangkat kendaraan militer yang berat ke atas langit,ke atas sungai,lembah, dan rintangan berat lainnya.
Pada awalnya,proyek ini dikembangkan oleh Kellett Aircraft Corporation gan,
tetapi Kellett mulai mengalami kesulitan keuangan selama pengembangan awal dan mereka memutuskan untuk menjual hak cipta dan prototipe yang belum selesai untuk divisi pesawat Hughes.
The Hughes XH-17 "Flying Crane" adalah prototipe helikopter heavy-lift yang dikembangkan selama tahun 1950-an.
Hughes dikenal dengan pembuatan kapal terbangnya,Hercules H-4
dan mereka tidak pernah membangun helikopter atau pesawat yang diproduksi massal.
Divisi pesawat Hughes mempekerjakan beberapa anggota yang sebelumnya bekerja untuk Kellett Aircraft Corporation dalam proyek ini,
hanya untuk memastikan bahwa proyek tersebut tetap di jalurnya.
Pada tahun 1948,pelopor penerbangan Howard Hughes Jr. mulai mengubah raksasa XH-17 Flying Crane menjadi kenyataan.
proyek dimulai dan jelas bahwa itu akan menghabiskan banyak biaya,jadi mereka harus bereksperimen dengan desain dan banyak elemen telah diburu dari pesawat yang sebelumnya sudah ada.
Kokpitnya berisi dua kursi yang berasal dari Waco CG-15,
undercarriage dibuat dari bagian Amerika Utara B-25 dan Douglas C-54,
dan tangki bahan bakar berasal dari tangki bom bay Boeing B-29....
ya semacam kanibal kayanya nih
Pada akhir tahun 1949,mereka memulai dengan uji coba darat tetapi para insinyur dihadapkan dengan banyak kesulitan karena kerumitan rotor, dan sumber daya mereka yang tidak biasa.
Tetapi proyek ini harus terus dikembangkan,
dan pada bulan Juni 1950,rig tes rusak parah ketika roda gigi siklik mengalami kegagalan...
walaupun begitu,angkatan Udara amerika sangat terkesan dengan tes awal XH-17 dan meminta agar rig uji statis ditingkatkan ke prototipe terbang.
Mereka harus membuat beberapa modifikasi,seperti pemasangan sistem hidrolika dan penambahan rotor pada bagian ekor.
Pada 23 Oktober 1952, Hughes XH-17 sudah siap untuk penerbangan pertamanya.
Howard Hughes,bersama dengan pejabat militer, pers, dan publik, hadir di bandara Hughes di mana helikopter XH-17 akan naik untuk penerbangan pertamanya....
Gale Moore adalah pilot yang membawanya tebang pertama kali.
dan dia berhasil menerbangkannya,tapi sayangnya tidak lama setelah terbang.
tepatnya lebih dari satu menit setelah take-off,helikopter raksasa itu kembali ke tanah.
Pilot mengalami kesulitan dalam mengendalikan arah pesawat.
ini bukan masalah serius dan koreksi dilakukan dengan sangat cepat,dan XH-17 kembali meluncur ke langit untuk penerbangan uji coba lainnya.
Tapi kemudian masalah lain terjadi,yaitu tegangan vibrasi tinggi yang dialami oleh rotor utama adalah salah satunya masalah besarnya dan ini lebih sulit untuk diatasi.
Selama tiga tahun berikutnya mereka harus membuat banyak modifikasi tetapi tetap saja helikoter itu masih belum layak terbang,
bahkan mereka menghadapi lebih banyak kesulitan karena kemajuan itu dibuat secara perlahan....
Dan saat itu tahun 1955 ketika rotor lama mengalami kerusakan, mereka membutuh rotor yang baru,
tetapi proyek itu akhirnya dibatalkan oleh militer....
Setelah beberapa tahun kemudian,versi yang lebih besar diusulkan diberi naman XH-28
tetapi faktanya XH-28 bahkan tidak pernah disetujui sebagai sebuah proyek baru..
"inovasi ga selamanya berakhir bahagia"
--------------------------------------
Tulisan : fellgrey
Referensi : vnnniuews dan pemikiran pribadi
Pic : google
No comments:
Write comments