Wednesday, April 4, 2018

Ulang Tahun dengan Modal Kecil untuk Sahabat

Bentar lagi ulang tahun sahabat agan dan sista nih, tapi sayangnya pas banget lagi akhir bulan. Pasti uang jajannya udah habis buat keperluan sekolah ini itu. Ga perlu khawatir, kita buat sendiri aja yuk kado yang ga perlu ngeluarin uang banyak tapi tetap sangat berkesan di hati sahabat agan dan sista. Ada apa aja sih? Pasti udah pada familiar dengan apa yang ada di bawah ini, tapi mungkin ada yang ga nyangka juga kalau ternyata hal-hal di bawah ini bisa diberikan sebagai hadiah kepada sahabat kita. Lebih seru sih jika dibuat bersama teman-teman ya...


1. Video Stop Motion

8 Ide Hadiah Ulang Tahun Buat Sahabat Kamu, Ga Pakai Modal Tapi  Berkesan!

Buat yang suka nonton youtube, pasti pernah deh liat berbagai macam video stop motion di timeline. Memang agak rumit dan butuh tingkat kreativitas yang cukup mumpuni untuk membuatnya, tapi tidak perlu cemas karena kita bisa cari banyak inspirasi dari video-video yang sudah ada. Jika suka dan mau menggunakan konsep gambar berarti tinggal siapkan alat-alat untuk menggambar dan mewarnai, sedangkan kalau ingin menggunakan konsep guntingan kertas bisa kita potong dari majalah atau koran yang sudah tidak terpakai. Karena stop motion ini tidak menggunakan file video sebagai bahannya, tapi foto atau gambar. Lalu kita butuh ambil gambarnya secara bertahap sesuai dengan konsep yang sudah kita persiapkan. Kalau punya tripod bisa dipakai untuk mendapatkan gambar yang stabil. Setelah itu tinggal disatukan dan diedit di softwarepilihan agan dan sista. Jangan lupa untuk menambahkan lagu dan efek-efek ya biar lebih menarik saat ditonton.


2. Video Kumpulan Foto Kenangan

8 Ide Hadiah Ulang Tahun Buat Sahabat Kamu, Ga Pakai Modal Tapi Berkesan!

Kalau yang dibahas di atas merupakan video stop motion, kalau yang ini video kenangan perjalanan sahabat kamu bersama kalian dan teman-teman dekat. Pasti punya banyak foto-foto kebersamaan dong, zaman sekarang kalau pas kumpul ga cekrek upload kan rasanya bagaimana gitu. Nah satukan foto-foto tersebut dan urutkan berdasarkan waktunya lalu edit disoftwarepilihan kalian. Jangan lupa sisipkan video singkat ucapan ulang tahun atau juga bisa berupa tulisan, sertakan juga lagu yang akan membuat video kalian lebih hidup. Lagu yang dia suka atau yang membangkitkan memori-memori persahabatan kalian bisa menjadi pilihan, di antaranya seperti lagu Sahabat sejati (Sheila on 7), Kepompong (Sindentosca), Semua tentang kita (Peterpan) dan masih banyak lagi pilihan lagu persahabatan lainnya.


3. Scrap Book

8 Ide Hadiah Ulang Tahun Buat Sahabat Kamu, Ga Pakai Modal Tapi Berkesan!

Mengenang kembali kenangan yang indah, hanya saja ini bukan berupa video tapi berupa scrap book. Scrap book dapat diisi dengan foto-foto kalian dan juga ceritakan kembali secara singkat momen-momen berharga saat bersamanya di samping foto tersebut beserta tanggal kapan foto itu diambil. Jangan lupa untuk hias scrap booknya semenarik mungkin dengan kertas warna-warni, kain perca, glitter, spidol beraneka warna, dan hiasan lainnya sesuai dengan konsep yang agan dan sista buat. Jika tidak ada tidak perlu dipaksakan, pakai saja apa yang ada di rumah kita. Membuat scrapbook ini sangat menarik karena dapat memacu kreativitas kita.


4. Kartu Pop-up

8 Ide Hadiah Ulang Tahun Buat Sahabat Kamu, Ga Pakai Modal Tapi Berkesan!

Kartu pop-up? Apaan sih? Mungkin ada yang belum pernah dengar ya. Kartu ucapan ulang tahun pop-up adalah kartu yang ketika dibuka akan terlihat muncul objek yang kita buat, sedangkan kalau ditutup objek tersebut tidak akan terlihat lagi di luar karena tersembunyi di dalam lipatan kartu. Alat-alat yang dibutuhkan juga sederhana dan mudah ditemukan, kertas karton, kertas warna-warni, pensil warna, gunting, dan lem. Memang agak susah sih mencari inspirasinya belum lagi jika tidak tahu cara membuatnya, coba cari-cari dulu saja di internet kalau sudah buntu tidak tahu harus bagaimana membuatnya. Pasti setelah itu baru terbayang mau membuat apa dan bagaimana.


5. Bottle of Memories

8 Ide Hadiah Ulang Tahun Buat Sahabat Kamu, Ga Pakai Modal Tapi Berkesan!

Hadiah ini cocok banget buat teman agan dan sista yang pelupa, terutama lupa nyimpan barang kenangan kalian. Kalau kalian masih menyimpan barang kenangan terutama waktu awal-awal persahabatan kalian, makin gampang deh tinggal beli jar di toko serba ada atau aksesoris lalu masukkan bendanya. Bingung benda apa aja? Bisa tiket nonton film pertama yang kalian lihat, tiket tempat wisata, cetakan foto pertama kalian, kartu/surat ucapan ulang tahun, benda-benda yang pernah ketinggalan dan dilupakannya (penghapus, aksesoris dan lainnya) serta masih banyak lagi, karena tiap persahabatan pasti punya kisah unik, berkesan, dan tak terlupakannya masing-masing.


6. Kupon Ulang Tahun

8 Ide Hadiah Ulang Tahun Buat Sahabat Kamu, Ga Pakai Modal Tapi Berkesan!

Pernah nonton drakor Reply 1997? Kalau pernah udah kebayang deh, gimana sangat bermanfaatnya kupon ulang tahun ini. Agan dan sista siapkan saja 10 kupon (kertas kosong terus isi deh sesuai selera ), isinya bebas bisa hal-hal yang sahabat agan dan sista suka atau yang biasa kalian lakukan bersama. Misalnya nonton film bareng, masak makanan kesukaan dia, menghibur dia saat galau, pajamas party, dan ide-ide lainnya yang menarik untuk dilakukan. Tidak hanya menyenangkan bagi sahabat kita, tapi tentu juga bisa semakin mempererat hubungan persahabatan kalian.


7. CD Lagu Favorit

8 Ide Hadiah Ulang Tahun Buat Sahabat Kamu, Ga Pakai Modal Tapi Berkesan!

Teman agan dan sista suka banget dengerin lagu? Lagu apa nih favoritnya kira-kira... Justin Bieber? Taylor Swift? Exo? Sheila on 7? atau lagu-lagu lawas seperti Koes Plus? Candra Darusman? Apa pun itu, kumpulkan saja jadi satu di dalam cd, kalau sekarang mungkin di flashdisk ya. Pasti teman kamu bakal senang banget deh, karena mulai sekarang ada lagu-lagu kesukaannya yang nemenin dia ketika lagi belajar, beres-beres kamar, atau pun sekadar untuk mengisi kesendiriannya ketika bosan.


8. Doodle Ucapan

8 Ide Hadiah Ulang Tahun Buat Sahabat Kamu, Ga Pakai Modal Tapi Berkesan!

Kalau bagi agan dan sista yang hobi atau jago gambar yang ini pas banget nih. Bikin aja doodle ucapan ulang tahun. Terus doodlenya bisa ditempel di kertas karton dan sertai dengan ucapan-ucapan ulang tahun dari kita dan teman-teman lainnya. Kalau ada juga boleh ditempelkan foto kebersamaan kalian, jangan lupa dipercantik dengan hiasan ya. Dijamin deh pasti sahabat agan dan sista suka dan pastinya akan ditempel di dinding kamarnya.



Bosan memberikan hadiah ulang tahun yang itu-itu aja? Bisa dicoba kan beberapa inspirasi di atas. Bisa dibuat tanpa membutuhkan banyak modal dan pastinya bisa meningkatkan daya kreativitas kita. Yuk dicoba! Selain ke teman-teman, juga bisa kita berikan ke keluarga loh terutama orangtua kita. Pastinya mereka akan sangat terkesan. Hadiah yang istimewa tidak harus mahal kan...




Ilustrasi: Google
SUMBER

No comments:
Write comments

Artikel Menarik Lainnya

loading...