Wednesday, March 28, 2018

Chat Penjual Bunga VS Emak-Emak Ini Bikin Ngakak!

Pelanggan adalah raja. Slogan tersebut selalu dipegang teguh oleh penjual dalam melayani pelanggannya entah itu via online atau juga langsung.

Nah baru-baru ini netizen kembali heboh di sosial media setelah seorang seller bunga dan tanaman hias Ricky Perdana Faizal mengunggah screenshoot percakapannya dengan calon pembeli yang mengundang tawa para netizen.
Dalam postingannya, Ricky mengunggah foto yang disertai caption: 

"Kejadian beberapa hari yang lalu.
Ini seumur-umur jualan tanaman, aku ketemu sama calon kostumer rasa promotor tinju level sultan.
Mau digas, itu emak2, takut kualat.
Enggak digas, rasa azab.
Sudahlah"


Postingan Ricky ini mendapatkan respon berbagai macam dari para netizen. Ada yang memuji kesabaran seller dan ngakak melihat tingkah laku si calon pembeli ini.
Sejak diposting 18 Maret 2018 lalu, postingan Ricky sudah mendapat respon 6.732 like dan 1.922 komentar.

Berikut screenshootnya chat kocaknya:

BUKA
Chat Penjual Bunga Dengan Emak-Emak Ini Bikin Netizen Ngakak!


Chat Penjual Bunga Dengan Emak-Emak Ini Bikin Netizen Ngakak!


Chat Penjual Bunga Dengan Emak-Emak Ini Bikin Netizen Ngakak!


Chat Penjual Bunga Dengan Emak-Emak Ini Bikin Netizen Ngakak!


Chat Penjual Bunga Dengan Emak-Emak Ini Bikin Netizen Ngakak!


Chat Penjual Bunga Dengan Emak-Emak Ini Bikin Netizen Ngakak!


Chat Penjual Bunga Dengan Emak-Emak Ini Bikin Netizen Ngakak!


Chat Penjual Bunga Dengan Emak-Emak Ini Bikin Netizen Ngakak!


Chat Penjual Bunga Dengan Emak-Emak Ini Bikin Netizen Ngakak!


Chat Penjual Bunga Dengan Emak-Emak Ini Bikin Netizen Ngakak!


Nah bagaimana agan semuanya? Apakah pernah mengalami seperti yang diatas? Ini bukan settingan loh ya gan. Benar-benar terjadi kepada agan Ricky Perdana. Kabarnya beberapa postingannya juga sempat viral.

Memang sih pelanggan adalah raja, namun melihat tingkah pelanggan yang agak nyeleneh apakah masih bisa diperlakukan seperti raja? Dan bagaimana cara menghadapinya?

Pelanggan banyak sekali tipenya. Dengan berbagai karakter dan tipe, berbeda pula cara menghadapinya. Berikut ini mungkin bisa agan terapkan dalam menghadapi calon costumer yang salah satunya memiliki karakter di atas.


1. Tipe Bertele-tele

Tipe ini termasuk tipe yang dapat membuat agan sebagai seller menjadi bingung. Biasanya calon pembeli seperti ini mengingkan informasi lebih detail, sedetailnya sehingga bertanya dari A-Z. Untuk menghadapi calon costumer seperti ini, diperlukan kesabaran dan kemampuan dalam memberikan informasi yang jelas mengenai produk yang akan dijual. Fokus pada pertanyaan yang diajukan si costumer dan permasalahan yang ditanyakan.


2. Tipe Pemarah

Nah lagi dan lagi dalam menghadapi tipe seperti ini memang diperlukan kesabaran yang ekstra dari seller. Seller diharapkan tidak terpancing dengan tipe seperti ini dan mengusahakan agar mampu mendinginkan suasana karena situasi yang panas dapat memberikan pengaruh terhadap citra agan.
Sampaikan permintaan maaf jika ada kejadian atau sesuatu yang tidak memuaskan pelanggan tipe pemarah ini. Dan tetap tersenyum serta ramah dalam menghadapi pelanggan seperti ini ya gan (meski dalam hati gregeeeeeeet amat!)


3. Tipe Pendiam

Nah tipe ini agak rumit juga menghadapinya karena apa yang sebenarnya diinginkan si calon pembeli ini tak begitu ketara. Ya iyalah namanya juga pendiam. Meskipun begitu tipe seperti ini memiliki keuntungan sendiri bagi agan, yaitu kadang bisa lebih menerima rekomendasi dari agan. Agan perlu bersikap hangat dan menyenangkan kepada tipe pelanggan seperti ini meskipun misalnya melayaninya via chat.


4. Tipe Pembanding.

Tipe seperti ini juga memerlukan kesabaran tingkat tinggi bagi seller. Tipe ini termasuk yang faham terhadap produk A dan B bahkan produk yang akan agan jual. Nah untuk menghadapinya agan harus faham betul dan menguasai akan produk yang akan agan jual baik itu barang maupun jasa. Kemampuan dalam mempresentasikan produk yang akan agan jual juga diperlukan guna memenangkan hati tipe pelanggan seperti ini.


5. Tipe yang mengharapkan sesuatu yang tidak realistis.

Nah kalau yang ini agan perlu hati-hati. Jika kesalahan dilakukan dari pihak agan, maka agan harus memberikan layanan keluhan sebagai pengganti kesalahan. Jika pelanggan menginginkan ganti rugi, wajib bagi agan untuk mengabulkannya karena memang kesalahan dilakukan dari pihak agan.
Namun jika kesalahan berasal dari pihak konsumen, maka seharusnya dijelaskan secara perlahan dan sopan, serta berusahalah untuk membangungkan mimpi mereka.


6. Tipe Cerewet

Tipe ini memang ada hubungannya dengan tipe yang bertele-tele. Tipe pelanggan seperti ini biasanya menginginkan produk yang pas banget dan sesuai ekpektasi mereka. Untuk menghadapi tipe seperti ini, agan perlu menguasai dan faham tentang produk yang agan tawarkan. Menjelaskan lebih detail mengenai produk yang calon pembeli inginkan karena tipe pelanggan seperti ini memiliki banyak pilihan dan biasanya tetap kembali pada pilihan pertamanya.

Sekian dari ane, semoga thread ini dapat menghibur dan menambah wawasan agan semua...


Mudah-mudahan tidak repost ya gan, udah ane cek sih.
Bantu rate gan
*Artikel tulis sendiri
*Sumber foto dari facebook Ricky Perdana Faizal
*Tambahan referensi: ikhtisar.com

No comments:
Write comments

Artikel Menarik Lainnya

loading...