Monday, May 7, 2018

15 Serangga Terbesar di Dunia


15 Spesises Serangga Terbesar di Dunia

Hewan memiliki berbagai bentuk dan ukuran, tetapi ada hewan yang memiliki ukuran yang tidak biasa. Dilansir dari laman neuhauslabs.com dan pertamamedia-1.blogspot.co.id (05/05/2018) berikut daftarnya:

1. Atlas Moth
15 Spesises Serangga Terbesar di Dunia
neuhauslabs.com
Serangga ini adalah ngengat terbesar di dunia. Atlas moth betina selalu lebih besar dan berat daripada pejantannya. Memiliki lebar sayap sampai dengan 30 cm dengan luas permukaan 400 cm persegi. Atlas moth banyak ditemukan di hutan tropis kepulauan Melayu (Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, Timor Timur dan Filiphina). Kepompong atlas moth memiliki ketahanan yang luar biasa. Kepompong dapat dipintal untuk menghasilkan sutra coklat yang disebut Fagara. Sayangnya serangga luar biasa ini hanya hidup satu sampai dua minggu sejak pertama kali mengepakkan sayapnya.


2. Queen Alexandra Birdwing
15 Spesises Serangga Terbesar di Dunia
entomologymanchester.wordpress.com
Kupu-kupu terbesar di dunia ini terancam punah. Mereka hanya ada di hutan Provinsi Oro di timur Papua Nuginie. Perusakan alam yang menjadi habitatnya dan tingginya minat kolektor di pasar gelap menjadi pemicu kenapa serangga ini sangat langka. Betina kupu-kupu ini lebih besar dari pejantannya. Memiliki lebar 28cm dan panjang 8 cm serta berat mencapai 12 gr. Sama seperti kupu-kupu pada umumnya, queen alexandra birdwing menjadikan nektar bunga sebagai makanan utama.


3. Titanus Giganteus
15 Spesises Serangga Terbesar di Dunia
pertamamedia-1.blogspot.co.id
Titanus giganteus atau kumbang titan adalah spesies kumbang tanduk panjang yang tergolong famili Cerambycidae. Habitatnya menyebar di Amerika Selatan, mulai dari Brasil, Bolivia, Kolombia, Ekuador, hingga Peru. Ukurannya bisa mencapai panjang sekitar 16,7 sentimeter. Sebagai kumbang berukuran besar tentu sangat kuat. Misalnya saja, kumbang ini bisa mematahkan pensil jadi dua bagian. Namun, serangga ini tidak termasuk berbahaya bagi manusia kecuali diganggu terus diganggu. Kumbang jantan tidak makan sampai mereka dewasa. Energi yang ia butuhkan untuk tumbuh dan terbang mencari jodoh dikumpulkannya saat masih menjadi pupa.


4. Kumbang gajah
15 Spesises Serangga Terbesar di Dunia
pertamamedia-1.blogspot.co.id
Kumbang gajah atau kumbang moncong disebut sebagai salah satu serangga terbesar di dunia. Rentang kehidupan kumbang gajah dewasa adalah sekitar satu sampai tiga bulan. Kumbang gajah merupakan salah satu hama tanaman anggrek. Hanya kumbang gajah jantan yang memiliki tanduk, tanduk kumbang gajah itu menjadi alat pertahanan, mencari makanan, dan menarik pasangan. Ukuran besar kumbang gajah jantan 2-3 kali ukuran kumbang gajah betina. Panjang tubuh kumbang gajah sekitar 7-12 cm. Kumbang gajah hidup di AS, Meksiko, Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan di beberapa bagian wilayah Australia.


5. Goliath Beetle
15 Spesises Serangga Terbesar di Dunia
neuhauslabs.com
Goliath beetle adalah kumbang terberat di dunia, memiliki panjang tubuh 6-11 cm dengan berat 50 gr. Larva kumbang goliath ini adalah larva terberat dan terbesar diantara semua jenis larva serangga. Memiliki panjang tubuh mencapai 25 cm dan berat maksimal 100 gr. Serangga ini banyak ditemukan di hutan tropis di Afrika.

15 Spesises Serangga Terbesar di Dunia
neuhauslabs.com
Larva goliath beetle membutuhkan protein yang sangat tinggi, melebih larva jenis kumbang lain. Makanan utamanya adalah ranting, daun, dan pellet kering.


6. Giant Burrowing Cockroach
15 Spesises Serangga Terbesar di Dunia
neuhauslabs.com
Giant Burrowing Cockroach merupakan serangga asli Australia, banyak dijumpai di bagian tropis Queensland. Memiliki jangka hidup sampai dengan 10 tahun. Dijuluki pula sebagai kecoa badak, mengingat serangga ini adalah jenis kecoa terbesar dan terberat di dunia. Beratnya mencapai 35 gr, dengan panjang 80 mm.



Sumber:
bobo.grid.id
ebookanak.com
indonesiaproud
neuhauslabs.com
pertamamedia-1.blogspot.co.id
terselubung.in

No comments:
Write comments

Artikel Menarik Lainnya

loading...