Monday, June 18, 2018

Tips Smartphone Android Tidak Lemot

5 Cara Agar Smartphone Android Agan Tetap Ngebut!


Smartphone udah jadi kebutuhan sehari-hari, dan pasar didominasi oleh Android. Nah tapi yang cukup ngeselin Android agan lama-lama berasa jadi lambat seiring waktu. Berikut ini 5 tips agar smartphone agan tetap memiliki performa maksimal.


1. Uninstall apps yang tidak agan perlukan

5 Cara Agar Smartphone Android Agan Tetap Ngebut!

Coba dicek apps yang ada di HP agan, yang agan udah ga pakai lagi dalam hitungan bulan. Kalo nemu, uninstall aja gan. Nambah space, dan kemungkinan app juga jalan di background. Ini yang bakal bikin lelet.

Dan kalau agan sekedar penasaran atau ingin tahu app yang agan download itu sesuai dengan kebutuhan agan jangan lupa diuninstall setelahnya. Pokoke install apps seminimal mungkin dan sesuai kebutuhan.



2. Jangan menginstall antivirus/pembersih terlalu banyak

5 Cara Agar Smartphone Android Agan Tetap Ngebut!

Kalau agan parno, bolehlah install 1 antivirus. Rule of thumbnya sama kayak PC gan, asal jangan buka link-link yang ga jelas atau apk yang mencurigakan agan tetap aman. Agan install 2 antivirus tidak membuat HP agan 2 kali lebih aman.

DitambahSekarang Google Play ada fitur Google Play protect yang bakal memperingatkan agan kalo ada app yang mencurigakan terinstall di HP agan.

Dan yang cukup populer di appstore khusus masalah ini, ram booster, ram cleaner, storage cleaner, dsb. Ini biasanya cuma placebo aja gan. Android belakangan udah semakin smart kalo masalah RAM. Kecuali untuk storage agan harus rajin-rajin manual bersihin.



3. Selalu download dari appstore resmi (Google Play)


5 Cara Agar Smartphone Android Agan Tetap Ngebut!

Atau store resmi lainnya dari handset agan (Galaxy Apps, Amazon Appstore dan semacamnya yang ada di handset agan)

Kalau agan sideload dari situs warez dan semacamnya, ga ada caranya untuk tau apakah apk tersebut masih murni dari developer aslinya atau sudah dimodifikasi sama krackernya. Seperti apa modifikasinya, disusupi apa aja sama krackernya.

Untuk game, rata-rata sekarang semua game udah gratis gan, jadi buat apa ngedownload diluar appstore? Kalo app sendiri rata-rata developer nyediain free version (ad supported), agan bisa coba dulu, kalo oke, belilah yang full versionnya supaya adnya ga mengganggu dan app agan otomatis terupdate bila ada versi terbaru.



4. Disable default apps yang agan tidak pakai

5 Cara Agar Smartphone Android Agan Tetap Ngebut!

Termasuk beberapa apps yang datang dari handset agan. Tapi ini mesti sedikit trial dan error gan, karena kadang-kadang app yang didisable ternyata cukup penting.

Ini beberapa apps default yang ane disable; Play Music, Play Books, Play Movies & TV, Google Photos (khusus Photos karena ada fasilitas upload otomatis kalo ga ati-ati bisa abis quota agan), Google Duo, Google Hangout (dua-duanya ane ga pake sama sekali), Calendar, Cloud Print, Email, Drive, Talkback, Android keyboard dan GBoard (AWAS : sebelum disable keyboard default ane nginstall Swiftkey dulu gan).

App "Google" di beberapa handset bisa didisable, kalo agan jarang-jarang pake voice command (Google Assistant) dan Google Now.

Semua itu ane disable karena rata-rata ane udah pake app pilihan ane sendiri atau ane emang ga pake sama sekali.



5. Hindari root

5 Cara Agar Smartphone Android Agan Tetap Ngebut!

Root tidak aktif dari awal karena melindungi handset agan dari "kecelakaan" gan. Jadi kalau agan ga punya alasan kuat untuk meroot HP agan baiknya jangan. Terutama kalo mau pake handset agan ini buat daily driver agan. Lebih baik menjaga kestabilan HP agan buat sehari-hari.

Dalam beberapa hal, melakukan root bakal membuat garansi handphone agan batal.

Tapi kalau agan benar-benar mengerti teknis dan resikonya, silakan aja. Misalnya agan mo disable  dan buang built-in apps lebih banyak.


BONUS

BONUS 1 : Social Media dengan Browser

5 Cara Agar Smartphone Android Agan Tetap Ngebut!

Dulu di HP ane komplit semua social media, dari Facebook, Twitter, Instagram, Path, dst.

Nah Facebook sendiri worst offender nih buat bikin HP lelet. Appnya Facebook bisa bengkak sampe ratusan MB, dan biasanya video diset autoplay secara default.

Ane bukannya ga pake Facebook dan Twitter lagi, tapi ane cukup buka dari browser (Chrome) aja. Kenapa? Karena selain makan space ratusan MB, rata-rata app social media itu berjalan di belakang (run in background) buat menampilkan notification. Ini juga bikin lelet.

Twitter masih bisa lewat browser juga, sedangkan Instagram setau ane kalo mau upload harus lewat appnya. Nah tapi setidaknya kan bisa buang 2 apps yang makan memori dan storage



BONUS 2 : Memakai Custom ROM

5 Cara Agar Smartphone Android Agan Tetap Ngebut!

Nah ini bener-bener kebalikan dari poin-poin sebelumnya gan, dimana ane lebih cenderung menyarankan menjalankan stock ROM tanpa root. Apalagi kalo handphone agan masih baru.

Tapi  kalo HP agan tergolong tua, bolehlah dipertimbangkan untuk menginstall custom ROM. Kalo ane sendiri punya One Plus One yang sekarang usianya udah 4 tahunan gan. ROM/update resmi dari One Plus udah ga ada.

Android terakhir untuk One yang disupport resmi dari One Plus cuma Android 5.1.1 (Oxygen OS 2.1.4).

Sekarang ane pake SlimRoms, ukurannya cuma 300 mb dibandingin official firmware yang ukurannya 700mb-1gb. Hasilnya berasa jauh lebih responsif, dan Android yang terinstall pake SlimRoms terakhir versi 7.1.2.

Ane punya HP lain yang ga diroot ato install custom rom gan (selain emang belon ada unlocknya ane juga sayang karena masih baru), tapi tetep aja ane paling suka One Plus One ane, dan tetep jadi handphone utama ane. Karena simple dan ringkas, bisa semua tapi ga overkill, dan performa mantab. Selama pake SlimRoms ini ga pernah ada masalah (mungkin udah jalan 2 tahunan).

Nah tergantung handset agan apaan, cara menginstall custom rom pasti beda-beda. Yang jelas pertama-tama harus diunlock dan install custom recovery dulu (twrp atau cwm). Kalo dua itu udah lewat, tinggal pilih custom rom yang tersedia buat HP agan.

Menginstall custom rom itu ga sulit kok gan. Cuma harus rajin-rajin ngegooglenya aja.

Sejauh ini ROM tercepat dan terpopuler itu Lineage OS gan, cuma ane pake SlimRoms karena app kameranya untuk One Plus One lebih stabil aja di SlimRoms dan ane suka launchernya, mirip punya Pixel, tapi lebih keren. Diluar itu ada versi "stable" untuk One Plus One.

Kalo agan mau coba Lineage OS, cek aja HP agan disupport Lineage kagak di sini :

lineageos.org

Untuk SlimRoms :

slimroms.org



BONUS 3 : Launcher super ringan

5 Cara Agar Smartphone Android Agan Tetap Ngebut!5 Cara Agar Smartphone Android Agan Tetap Ngebut!

Widget di Android itu keren-keren. Skin dan icon theme buat launcher juga keren. Tapi jawab sejujur-jujurnya, beneran kepake ga gan? Pada akhirnya agan pasti jatoh-jatohnya cuma mau smartphone agan bekerja dengan baik. It just works istilahnya.

Kalo ane perhatiin, rata-rata launcher Android itu masih tergolong rumit. Defaultnya (Google Launcher/Pixel Launcher) itu kalo ane bilang tergolong rumit juga.

Nah ane nemu dua launcher favorit ane gan. Tapi pake launcher ini harus korbanin widget. Jadi mirip iOS jaman dulu, sekedar icon buat apps-apps agan aja. Tapi hebatnya dua launcher ini sizenya dibawah 1mb. Jadi yang pasti ga makan memory banyak.

1. Mini Desktop
2. LightLauch Light 3D

Kalo agan mau launcher yang ringkas tanpa embel-embel pake Mini Desktop.

Kalo pengen efek-efek 3D dikit, pake LightLaunch 3D.


SUMBER

No comments:
Write comments

Artikel Menarik Lainnya

loading...