Wednesday, November 5, 2014

LOWONGAN KEMENTRIAN KEHUTANAN OKTOBER 2014


PENGUMUMAN SELEKSI PENERIMAAN CALON TENAGA
KERJA BAKTI RIMBAWAN DALAM PEMBANGUNAN KEHUTANAN
KUALIFIKASI PENDIDIKAN SARJANA DAN DIPLOMA 3

Bakti Rimbawan adalah program Kementerian Kehutanan guna membuka kesempatan kepada warga negara Indonesia yang memiliki integritas dan komitmen tinggi untuk menjadi Tenaga Bakti Rimbawan guna memenuhi kebutuhan tenaga kerja tingkat terampil dan ahli dalam melaksanakan pengabdian pada Negara khususnya pembangunan kehutanan.
Informasi Umum
  1. Pelaksanaan Pendaftaran menggunakan sistem online pada website http://bp2sdmk.dephut.go.id/loker/baktirimbawan/
  2. Pendaftaran untuk S1 dan D3 mulai tanggal 27 Oktober s/d 16 Nopember 2014;
  3. Setiap pelamar dapat mendaftar dengan tiga pilihan lokasi penempatan yang berbeda sesuai dengan kualifikasi pendidikan.
Persyaratan
  • Warga Negara Indonesia (WNI);
  • Memenuhi persyaratan umur sebagai berikut:
    • a. Lulusan Diploma 3 maksimal 28 tahun pada tanggal 1 Oktober 2014 (kelahiran per 1 Oktober 1986 dan sesudahnya);
    • b. Lulusan Sarjana maksimal 30 tahun terhitung pada tanggal 1 Oktober 2014 (kelahiran per 1 Oktober 1984 dan sesudahnya).
  • Berminat menjadi tenaga kerja BAKTI RIMBAWAN.
Rincian Kebutuhan Formasi
  1. Administrasi /Penata Keuangan /Analis Keuangan : S1 ekonomi**)
  2. Pemanfaatan & Penggunaan Kawasan / Pengelola usaha kehutanan/ PEH Bidang Pemanfaatan (Pemula) : D3 Kehutanan
  3. Pemanfaatan & Penggunaan Kawasan / Pengelola usaha kehutanan/ PEH Bidang Pemanfaatan (Pertama) : S1 Kehutanan
  4. Pemanfaatan & Penggunaan Kawasan / Pengelola usaha kehutanan/Analis Pemanfaatan Hutan : S1 Kehutanan
  5. Pemantauan rehabilitasi & reklamasi hutan/Penanaman & Pemeliharaan Tanaman/Analis Rehabilitasi Hutan & Lahan : S1 Kehutanan
  6. Pemantauan rehabilitasi & reklamasi hutan/Penanaman & Pemeliharaan Tanaman/Pengolah Data Rehabilitasi Hutan & Lahan : D3 Kehutanan
  7. Pemantauan rehabilitasi & reklamasi hutan/Tenaga Teknis Monitoring Rehabilitasi/PEH Pertama : S1 Kehutanan
  8. Pemberdayaan Masyarakat / Management Konflik S1 Hukum Pemberdayaan Masyarakat/ Pengolah Data
  9. Pemberdayaan Masyarakat : D3 Kehutanan
  10. Pemberdayaan Masyarakat/ Penyuluh Pemula : D3 Kehutanan, D3 Penyuluhan, D3 Pertanian
  11. Pemberdayaan Masyarakat/Analis Pemberdayaan Masyarakat/Penyuluh Pertama : S1 Antropologi, S1
  12. Penyuluhan, S1 Pertanian, S1 Sosiologi, S1 Kehutanan
  13. Pengelola Kegiatan Dekon Penyuluhan : S1 Kehutanan
  14. Pengelola Unit Bisnis Kehutanan : S1 Agribisnis , S1 Komunikasi , S1 Manajemen Bisnis
  15. Perencanaan/Tenaga Teknis Perencanaan & Pemetaan/Analis Perencanaan Kehutanan : S1 Kehutanan*)
  16. Perencanaan/Tenaga Teknis Perencanaan & Pemetaan/Pengolah Data Perencanaan Kehutanan : D3 Kehutanan
  17. Perlindungan hutan & Konservasi alam/PEH Bidang PHKA (Pemula) : D3 Kehutanan
  18. Perlindungan hutan & Konservasi alam/PEH Bidang PHKA (Pertama) : S1 Kehutanan
  19. Rehabilitasi & reklamasi /Penanaman & Pemeliharaan Tanaman/PEH Bidang PDAS-PS (PEH Pemula) : D3 Kehutanan
  20. Rehabilitasi & reklamasi hutan/PEH Pertama Bidang PDAS-PS : S1 Kehutanan
    Tenaga Teknis Pada KHDTK : S1 Kehutanan
  21. Tenaga Teknis perbenihan & persemaian/PEH Pemula Bidang PDAS-PS : D3 Kehutanan
*) Prioritas bagi yang memiliki Sertifikat GIS
**) Prioritas bagi lulusan Ekonomi Akuntansi
Tata Cara Pendaftaran
Advertisements :
1. Pelamar wajib memiliki alamat email yang aktif untuk mengikuti proses seleksi Bakti Rimbawan;
2. Pelamar harus melakukan pendaftaran secara online di alamat http://bp2sdmk.dephut.go.id/loker/baktirimbawanmengikuti tata cara pendaftaran di portal pendaftaran;
3. Pada saat pendaftaran secara online, pelamar harus membaca dengan cermat petunjuk pendaftaran online dan mengunggah (upload) berkas digital (hasil scan) yang disimpan kedalam 1 (satu) file berbentuk PDF berukuran maksimal sebesar 500 kilobyte (kb) dengan urutan sebagai berikut:
a. KTP;
b. Ijazah yang digunakan sebagai dasar pelamaran;
c. Transkip Nilai yang digunakan sebagai dasar pelamaran;
d. Status akreditas Perguruan Tinggi pada kualifikasi pendidikan yang dilamar (khusus pelamar S1 dan D3).
4. Pelamar dapat mendaftar pada tiga lokasi penempatan yang berbeda;
5. Pelamar yang telah melakukan pendaftaran secara online agar mengunduh (download) dan mencetak formulir pendaftaran sebagai bukti pendaftaran dan mengirimkan berkas lamaran;
6. Berkas lamaran terdiri dari:
a. Print Out formulir Pendaftaran;
b. Surat permohonan untuk menjadi tenaga bakti rimbawan;
c. Pas photo ukuran 4 x 6 berwarna berlatar belakang merah (untuk pria) dan berlatar belakang biru (untuk wanita) sebanyak 4 lembar;
d. Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku;
e. Fotocopy Ijazah terakhir yang telah dilegalisir;
f. Fotocopy Transkrip nilai akademik terakhir yang telah dilegalisir;
g. Fotocopy legalisir Surat Keterangan Sehat dari dokter;
h. Fotocopy legalisir Surat Keterangan Catatan Kepolisian;
i. Fotocopy Sampul/lembar judul tulisan ilmiah yang dipublikasikan (jurnal/media massa/media elektronik) sesuai dengan yang dicantumkan dalam formulir pendaftaran;
j. Fotocopy Sertifikat sesuai dengan yang dicantumkan dalam formulir pendaftaran;
k. Fotocopy Surat keterangan/piagam yang membuktikan keikutsertaan dalam organisasi;
l. Surat Keterangan pernah Bekerja/Magang/Penelitian;
m. Surat Pernyataan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI (bermaterai).
7. Berkas lamaran disusun sesuai urutan di atas kemudian dimasukkan dalam Stop Map, dengan ketentuan Warna merah untuk pelamar S-1 dan Warna biru untuk pelamar D-3 di luar stop map tertulis:
a. Nomor registrasi
b. Nama
c. Kualifikasi pendidikan
d. Kode jabatan yang dipilih
  • Pilihan Pertama (Penempatan – Kode Jabatan)
  • Pilihan Kedua (Penempatan – Kode Jabatan)
  • Pilihan Ketiga (Penempatan – Kode Jabatan)
8. Berkas lamaran dimasukan ke dalam amplop coklat tertutup dan dikirim melalui POS atau jasa pengiriman lainnya kepada:
Panitia Seleksi Bakti Rimbawan Tahun 2014
Gedung Manggala Wanabakti Blok VII Lantai 12
Jl. Gatot Subroto Jakarta Pusat 10270
Berkas diterima mulai tanggal 1 Nopember 2014 sampai dengan selambat- lambatnya diterima tanggal 24 Nopember 2014;
9. Berkas lamaran yang sudah dikirim sebelum dibukanya pendaftaran secara resmi, maka dianggap tidak berlaku (harus dikirim ulang);
10. Panitia tidak menerima berkas secara langsung.
Seleksi
1. Seleksi
Tahap seleksi Bakti Rimbawan Tahun 2014 terdiri dari 2 tahap dengan sistem gugur yang meliputi:
a. Seleksi administrasi dan verifikasi berkas;
b. Seleksi wawancara.
2. Tempat dan waktu seleksi wawancara
Bagi pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dan verifikasi berkas akan di umumkan di website untuk mengikuti tes seleksi wawancara di Ibukota Provinsi.
Pengumuman Hasil Seleksi
  • Pengumuman hasil seleksi pada tiap tahapan akan diumumkan melalui website http://bp2sdmk.dephut.go.id/loker/baktirimbawan
Lain-lain
  1. Panitia seleksi Bakti Rimbawan berhak menyatakan seseorang calon tidak diterima /dibatalkan/digugurkan menjadi Bakti Rimbawan walaupun telah lulus Tes, apabila di kemudian hari diketahui bahwa terdapat persyaratan yang ternyata tidak benar/ tidak sah.
  2. Berkas pelamar yang masuk ke Panitia menjadi arsip Kementerian Kehutanan dan tidak dapat diminta kembali oleh pelamar.
  3. Seluruh tahapan seleksi Bakti Rimbawan TIDAK DIKENAKAN BIAYA ATAU PUNGUTAN DALAM BENTUK APAPUN.
  4. Panitia seleksi Bakti Rimbawan TIDAK BERTANGGUNG JAWAB atas segala pungutan atau tawaran apapun oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan Kementerian Kehutanan atau Panitia.
- See more at: http://padangjobs.com/jobs/lowongan-kementrian-kehutanan-oktober-2014/#sthash.JdkmHwoD.dpuf
PENGUMUMAN SELEKSI PENERIMAAN CALON TENAGA
KERJA BAKTI RIMBAWAN DALAM PEMBANGUNAN KEHUTANAN
KUALIFIKASI PENDIDIKAN SARJANA DAN DIPLOMA 3 - See more at: http://padangjobs.com/jobs/lowongan-kementrian-kehutanan-oktober-2014/#sthash.JdkmHwoD.dpuf
PENGUMUMAN SELEKSI PENERIMAAN CALON TENAGA
KERJA BAKTI RIMBAWAN DALAM PEMBANGUNAN KEHUTANAN
KUALIFIKASI PENDIDIKAN SARJANA DAN DIPLOMA 3 - See more at: http://padangjobs.com/jobs/lowongan-kementrian-kehutanan-oktober-2014/#sthash.JdkmHwoD.dpuf
Bakti Rimbawan adalah program Kementerian Kehutanan guna membuka kesempatan kepada warga negara Indonesia yang memiliki integritas dan komitmen tinggi untuk menjadi Tenaga Bakti Rimbawan guna memenuhi kebutuhan tenaga kerja tingkat terampil dan ahli dalam melaksanakan pengabdian pada Negara khususnya pembangunan kehutanan.

Informasi Umum

Pelaksanaan Pendaftaran menggunakan sistem online pada website DEPHUT
Pendaftaran untuk S1 dan D3 mulai tanggal 27 Oktober s/d 16 Nopember 2014;
Setiap pelamar dapat mendaftar dengan tiga pilihan lokasi penempatan yang berbeda sesuai dengan kualifikasi pendidikan.

Persyaratan

Warga Negara Indonesia (WNI);
Memenuhi persyaratan umur sebagai berikut:
  1. Lulusan Diploma 3 maksimal 28 tahun pada tanggal 1 Oktober 2014 (kelahiran per 1 Oktober 1986 dan sesudahnya);
  2. Lulusan Sarjana maksimal 30 tahun terhitung pada tanggal 1 Oktober 2014 (kelahiran per 1 Oktober 1984 dan sesudahnya).
  3. Berminat menjadi tenaga kerja BAKTI RIMBAWAN.

Rincian Kebutuhan Formasi
  • Administrasi /Penata Keuangan /Analis Keuangan : S1 ekonomi**)
  • Pemanfaatan & Penggunaan Kawasan / Pengelola usaha kehutanan/ PEH Bidang Pemanfaatan (Pemula) : D3 Kehutanan
  • Pemanfaatan & Penggunaan Kawasan / Pengelola usaha kehutanan/ PEH Bidang Pemanfaatan (Pertama) : S1 Kehutanan
  • Pemanfaatan & Penggunaan Kawasan / Pengelola usaha kehutanan/Analis Pemanfaatan Hutan : S1 Kehutanan
  • Pemantauan rehabilitasi & reklamasi hutan/Penanaman & Pemeliharaan Tanaman/Analis Rehabilitasi Hutan & Lahan : S1 Kehutanan
  • Pemantauan rehabilitasi & reklamasi hutan/Penanaman & Pemeliharaan Tanaman/Pengolah Data Rehabilitasi Hutan & Lahan : D3 Kehutanan
  • Pemantauan rehabilitasi & reklamasi hutan/Tenaga Teknis Monitoring Rehabilitasi/PEH Pertama : S1 Kehutanan
  • Pemberdayaan Masyarakat / Management Konflik S1 Hukum Pemberdayaan Masyarakat/ Pengolah Data
  • Pemberdayaan Masyarakat : D3 Kehutanan
  • Pemberdayaan Masyarakat/ Penyuluh Pemula : D3 Kehutanan, D3 Penyuluhan, D3 Pertanian
  • Pemberdayaan Masyarakat/Analis Pemberdayaan Masyarakat/Penyuluh Pertama : S1 Antropologi, S1
  • Penyuluhan, S1 Pertanian, S1 Sosiologi, S1 Kehutanan
  • Pengelola Kegiatan Dekon Penyuluhan : S1 Kehutanan
  • Pengelola Unit Bisnis Kehutanan : S1 Agribisnis , S1 Komunikasi , S1 Manajemen Bisnis
  • Perencanaan/Tenaga Teknis Perencanaan & Pemetaan/Analis Perencanaan Kehutanan : S1 Kehutanan*)
  • Perencanaan/Tenaga Teknis Perencanaan & Pemetaan/Pengolah Data Perencanaan Kehutanan : D3 Kehutanan
  • Perlindungan hutan & Konservasi alam/PEH Bidang PHKA (Pemula) : D3 Kehutanan
  • Perlindungan hutan & Konservasi alam/PEH Bidang PHKA (Pertama) : S1 Kehutanan
  • Rehabilitasi & reklamasi /Penanaman & Pemeliharaan Tanaman/PEH Bidang PDAS-PS (PEH Pemula) : D3 Kehutanan
  • Rehabilitasi & reklamasi hutan/PEH Pertama Bidang PDAS-PS : S1 Kehutanan
  • Tenaga Teknis Pada KHDTK : S1 Kehutanan
  • Tenaga Teknis perbenihan & persemaian/PEH Pemula Bidang PDAS-PS : D3 Kehutanan

*) Prioritas bagi yang memiliki Sertifikat GIS
**) Prioritas bagi lulusan Ekonomi Akuntansi


Tata Cara Pendaftaran

1. Pelamar wajib memiliki alamat email yang aktif untuk mengikuti proses seleksi Bakti Rimbawan;

2. Pelamar harus melakukan pendaftaran secara online di alamat DEPHUT mengikuti tata cara pendaftaran di portal pendaftaran;

3. Pada saat pendaftaran secara online, pelamar harus membaca dengan cermat petunjuk pendaftaran online dan mengunggah (upload) berkas digital (hasil scan) yang disimpan kedalam 1 (satu) file berbentuk PDF berukuran maksimal sebesar 500 kilobyte (kb) dengan urutan sebagai berikut:
  • KTP;
  • Ijazah yang digunakan sebagai dasar pelamaran;
  • Transkip Nilai yang digunakan sebagai dasar pelamaran;
  • Status akreditas Perguruan Tinggi pada kualifikasi pendidikan yang dilamar (khusus pelamar S1 dan D3).

4. Pelamar dapat mendaftar pada tiga lokasi penempatan yang berbeda;

5. Pelamar yang telah melakukan pendaftaran secara online agar mengunduh (download) dan mencetak formulir pendaftaran sebagai bukti pendaftaran dan mengirimkan berkas lamaran;

6. Berkas lamaran terdiri dari:
  • Print Out formulir Pendaftaran;
  • Surat permohonan untuk menjadi tenaga bakti rimbawan;
  • Pas photo ukuran 4 x 6 berwarna berlatar belakang merah (untuk pria) dan berlatar belakang biru (untuk wanita) sebanyak 4 lembar;
  • Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku;
  • Fotocopy Ijazah terakhir yang telah dilegalisir;
  • Fotocopy Transkrip nilai akademik terakhir yang telah dilegalisir;
  • Fotocopy legalisir Surat Keterangan Sehat dari dokter;
  • Fotocopy legalisir Surat Keterangan Catatan Kepolisian;
  • Fotocopy Sampul/lembar judul tulisan ilmiah yang dipublikasikan (jurnal/media massa/media elektronik) sesuai dengan yang dicantumkan dalam formulir pendaftaran;
  • Fotocopy Sertifikat sesuai dengan yang dicantumkan dalam formulir pendaftaran;
  • Fotocopy Surat keterangan/piagam yang membuktikan keikutsertaan dalam organisasi;
  • Surat Keterangan pernah Bekerja/Magang/Penelitian;
  • Surat Pernyataan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI (bermaterai).
7. Berkas lamaran disusun sesuai urutan di atas kemudian dimasukkan dalam Stop Map, dengan ketentuan Warna merah untuk pelamar S-1 dan Warna biru untuk pelamar D-3 di luar stop map tertulis:
  • Nomor registrasi
  • Nama
  • Kualifikasi pendidikan
  • Kode jabatan yang dipilih
Pilihan Pertama (Penempatan – Kode Jabatan)
Pilihan Kedua (Penempatan – Kode Jabatan)
Pilihan Ketiga (Penempatan – Kode Jabatan)

8. Berkas lamaran dimasukan ke dalam amplop coklat tertutup dan dikirim melalui POS atau jasa pengiriman lainnya kepada:

Panitia Seleksi Bakti Rimbawan Tahun 2014
Gedung Manggala Wanabakti Blok VII Lantai 12
Jl. Gatot Subroto Jakarta Pusat 10270

Berkas diterima mulai tanggal 1 Nopember 2014 sampai dengan selambat- lambatnya diterima tanggal 24 Nopember 2014;

9. Berkas lamaran yang sudah dikirim sebelum dibukanya pendaftaran secara resmi, maka dianggap tidak berlaku (harus dikirim ulang);

10. Panitia tidak menerima berkas secara langsung.


Seleksi

1. Seleksi
Tahap seleksi Bakti Rimbawan Tahun 2014 terdiri dari 2 tahap dengan sistem gugur yang meliputi:
a. Seleksi administrasi dan verifikasi berkas;
b. Seleksi wawancara.

2. Tempat dan waktu seleksi wawancara
Bagi pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dan verifikasi berkas akan di umumkan di website untuk mengikuti tes seleksi wawancara di Ibukota Provinsi.

Pengumuman Hasil Seleksi

Pengumuman hasil seleksi pada tiap tahapan akan diumumkan melalui website DEPHUT

Lain-lain

Panitia seleksi Bakti Rimbawan berhak menyatakan seseorang calon tidak diterima /dibatalkan /digugurkan menjadi Bakti Rimbawan walaupun telah lulus Tes, apabila di kemudian hari diketahui bahwa terdapat persyaratan yang ternyata tidak benar/ tidak sah.
Berkas pelamar yang masuk ke Panitia menjadi arsip Kementerian Kehutanan dan tidak dapat diminta kembali oleh pelamar.
Seluruh tahapan seleksi Bakti Rimbawan TIDAK DIKENAKAN BIAYA ATAU PUNGUTAN DALAM BENTUK APAPUN.
Panitia seleksi Bakti Rimbawan TIDAK BERTANGGUNG JAWAB atas segala pungutan atau tawaran apapun oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan Kementerian Kehutanan atau Panitia.

No comments:
Write comments

Artikel Menarik Lainnya

loading...