Tuesday, August 25, 2015

Kenapa Rupiah Melemah? salah Jokowi kah, atau salah tukang daging dan tukang ayam?

Kenapa Rupiah Kita Melemah? Hampir 14.000 Gan!

Fantastis banget gan akhir-akhir ini kalo ngeliat mata uang kita tersayang ini Nilainya hampir 14.000 gan per satu dollar AS! Nah makanya apa sih gan yang terjadi? Apa penyebabnya rupiah kita bisa jadi kaya gini? Apakah gara2 harga cendol dan bata yang naik?

Menurut statistik, rupiah kita sekarang merupakan rekor terburuk gan sejak dari tahun 98.

Tonton versi animasinya disini (lebih ngerti) gan:


Penguatan Dollar Amerika



 
Jadi pendeknya, amerika dulu ngalamin krisis gan taun 2008. Inget ngga? Terus mereka nyoba memperbaiki ekonomi mereka gan, dengan beberapa kebijakan (yang kita bahas nanti dibawah). Yang kita liat sekarang, adalah keberhasilan amerika gan akibat kebijakannya mereka itu. Jadi sekarang dollar menguat gan, neken mata uang lainnya, termasuk mata uang rupiah kita gan!


Kebijakan "Quantitative Easing"
 



Nah caranya gimana gan amerika bisa perbaikin ekonominya? Salah satu caranya lewat kebijakan yang namanya ribet ini gan! Jadi intinya si amerika ini ngeluarin dana stimulus gan (ngga dengan nyetak duit terus, tapi dengan beli obligasi kalo agan ngerti), yang diharap bisa muter ulang ekonomi amerika gan

Terus dana stimulus ini banyak mampir gan di indonesia ternyata! Atau lebih tepatnya sih buat negara-negara berkembang gan... Jadi mulai keliatan nih, kenapa sebabnya rupiah bisa jatoh gan.


Terus Di "Tapering Off"
 



Nah abis si amerika perekonomiannya membaik gan, si dana stimulus ini dicabut gan! Akibatnya banyak dollar yang tadinya seliweran di indonesia dan di negara2 berkembang, jadi ditarik dan balik lagi ke amerika gan Terus akibatnya dollar yang beredar jadi dikit gan... Karena dikit dan dicari orang buat transaksi, nilainya jadi ningkat gan.
Terus gara2 itu deh, si dollar neken mata uang lain, termasuk indonesia.


Komoditas Ekspor Kita Juga Lagi Ngga Laku Gan


 
Banyak faktor sih gan yang nentuin harga komoditas. Tapi faktor gara2 dollar nguat dan neken mata uang lain juga berkontribusi gan atas harga komoditas, akhirnya ekonomi dunia jadi lesu gan Apalagi blom juga cina yang ekonominya lagi melambat. Ngebuat komoditas andalan kita kaya batu bara, kelapa sawit sama karet jadi nurun peminat gan

Akhirnya... Neraca perdagangan kita defisit terus gan Udah 3 tahun berturut-turut malah gan Gimana ngga berkontribusi sama lemahnya rupiah gan?


Jadi Itulah Gan Faktor-faktor Penyebabnya Masalahnya Sangat Multidimensional Gan! Dan Ini Semua Penjelasan Simpelnya Gan!


Dan faktanya ngga cuma kita gan yang kena imbas, tapi negara lain juga gan Jadi ada temennya ya Kaya rusia tuh udah parah banget gan.


Terjawab Sudah Gan!

Jadi perbaikan ekonomi amerika sama dikontribusikan juga sama kinerja neraca kita, ya wajar aja gan rupiah bisa hampir 14.000 Ayo gan berdoa buat rupiah kita Meskipun ekonomi kita masih terus ngalamin pertumbuhan gan! Oiya gan, silahkan baca-baca lagi ya buat referensi lebih lanjut! Trit ini sangat mensimplifikasi banget situasi ekonomi yang sebenernya terjadi biar bisa dipahami juga sama orang-orang awam. Jadi mohon maaf kalo ada kesalahan gan!


sumber






2 comments:
Write comments
  1. ane suka gaya tulisannya

    jasa desain arsitek rumah minimalis modern 1 dan 2 lantai terbaik dan terpercaya di jakarta ya arsitek rumahan

    Thx

    ReplyDelete

Artikel Menarik Lainnya

loading...