Saturday, February 17, 2018

Arti Gong Xi Fa Cai Ternyata Bukan Selamat Tahun Baru

Asal mula penggunaan ucapan Gong di Fa chai berawal dari masa beberapa abad yang lalu. Banyak versi cerita lain yang sudah berusia tua, sudah sulit untuk di telusuri keberadaan nya. Namun berdasarkan cerita tentang monster nian, atau legenda monster yang muncul di setiap awal tahun, juga cerita lain setelahnya, kalimat ucapan Gong xi Fa Chai ternyata berasal dari dua cerita berikut ini:
Arti Gong Xi Fa Cai Ternyata Bukan Selamat Tahun Baru, tapi (恭喜發財) !, Kita Jadi Tahu

Quote:Gong Xi  artinya selamat

Quote:Sejarah penggunaan ucapan ini jika di ceritakan panjang sekali. Ada juga berbagai sumber dan berbeda2 versi cerita. Secara garis besar ucapan ini bersandarkan pada cerita legenda penduduk china, yang dapat mengatasi kebuasan seekor binatang atau sebut saja monster ya ng di namai nian. 

Permulaan perayaan imlek yang di kutip dari berbagai sumber berikut ini, merupakan catatan dari versi yang menjelaskan asal muasal perayaan imlek. Nian berasal dari monster yang biasa muncul di awal tahun dan memangsa manusia. Di gambarkan dalam berbagai cerita nian merupakan monster yang memiliki mulut besar dan mampu melahap beberapa orang sekaligus dalam waktu sekejap. 
Quote:Arti Gong Xi Fa Cai Ternyata Bukan Selamat Tahun Baru, tapi (恭喜發財) !, Kita Jadi Tahu
"Sumber gambar"
https://mybnec.org/news/?id=103



Singkat cerita di suatu awal tahun, ada seorang pria tua yang mampu mengalahkan monster tersebut. Cara mengalahkan monster tersebut adalah dengan memasang dekorasi serba merah di setiap rumah dan perkampungan serta menyalakan petasan. 

Pada suatu hari, di awal tahun di musim semi, sang pria tua itu meminta seorang nenek tua pula, untuk membantunya menghias dan mempersiapkan perkampungan yang telah sepi di tinggal penduduk mengungsi. Persiapan itu di maksudkan untuk mengusir kedatangan si monster jahat. 

Ketika kemunculan monster nian di suatu awal tahun, monster tersebut nampak ketar ketir khawatir. Kekhawatiran monster nian di karenakan melihat perkampungan sepi senyap dan semua bernuansa merah menyala. Si monster nian nampaknya jiper juga sisgan. 

Monster nian, yang sedang mindik mindik , nampak bingung, ia melihat kiri kanan dan sekitarnya merah semua. Ada apa ini, mungkin kira kira begitulah pikirannya. Setelah tiba di dekat tempat persembunyian sang pria tua, monster itu terkejut. Sang pria itu menyalakan banyak sekali petasan yang menggelegar sehingga membuat monster tersebut ketakutan. Lalu pria itu keluar dengan suara tawa yang sangat keras. Tawa menggelegar dan gegap gempita petasan, membuat monster nian lari menghilang ke arah angkasa. 

Setelah hilangnya monster tersebut, nenek yang mempersiapkan prosesi pengusiran monster tadi pun keluar sambil berteriak-teriak Gong Xi, gong Xi atau artinya selamat. Pria pengusir monster itupun menyampaikan pesan kepada si nenek agar dapat mengabarkan kepada para penduduk di pengungsian bahwa monster nian atau mahluk buas yang muncul tahunan tersebut telah pergi. 

Pria pengusir monster tersebut pun menyarankan kepada nenek itu, a gar di setiap awal tahun warga menghiasi kampung dan rumah mereka dengan warna merah dan menyalakan petasan untuk mencegah kedatangan sang monster jahat tersebut. 

Begitulah kiranya cerita yang melegenda di masyarakat cina yang menjadi cerita turun temurun. Cerita tersebut pula di jadikan salah satu alasan, mengapa setiap perayaan Imlek selalu bernuansa merah dan hampir tak pernah ketinggalan yang namanya membakar kembang api atau petasan. 

Fa Chai artinya sejahtera
Quote:Kata Fa Chai, bermula dari kebiasaan berbagi angpao sebagai simbol berbagi kebahagiaan. Pada perayaan Imlek anak anak yang biasa menerima angpau atau bertukar kado, tentu akan bahagia. Nah, di setiap pertukaran kado tersebut maka terucapkan kata Fa Chai dari penerima. Kata tersebut berarti mendoakan si pemberi agar bertambah sejahtera dan makmur. Jadi, kata Fa Chai merupakan kalimat tambahan, yang tersemat dengan sendirinya dalam setiap perayaan imlek.

Seiring dengan perkembangan waktu, kedua susunan kata tersebut menjadi kalimat ucapan yang di satukan. Gong xi Fa chai, artinya selamat sejahtera. Dalam perkembangan di era kekiniaan, kalimat tersebut tak hanya di ucapkan oleh penerima hadiah, namun kedua belah pihak. Jadi dalam perayaan kebudayaan ini kedua belah piha k saling mendoakan untuk kebaikan.


"Versi lain Legenda Imlek Kisah Nian"




"Sumber sumber"

Quote:Makhluk menakutkan bernama Nian Shou disebut-sebut memiliki tanduk, bermata besar, dan berkuku tajam. Selain berpenampilan seram, sosok yang hidup di dasar laut atau di atas gunung ini bersifat buas, keji, dan tak mengenal belas kasih. Nian kerap bangun dari tidu r panjang untuk menyerang manusia di musim semi atau menjelang momen Tahun Baru Cina. Nian Shou yang bermakna tahun (Nian) dan binatang (Shou) ini dilambangkan dengan dua belas jenis hewan, yakni naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing, babi, tikus, kerbau, macan, dan kelinci.
http://news.liputan6.com/read/318863/kekalahan-nian-shou-tonggak-awal-imlek.


Gong Xi Fa Chai / Kiong Hi Fat Chai, jika diterjemahkan kira-kira adalah "Selamat dan Sejahtera !", merupakan ucapan yang biasa kita gunakan pada saat perayaan hari Imlek. 
Ucapan in seringkali salah dipersepsikan sebagai ucapan "Selamat Tahun Baru", tapi sebenarnya bukan loh.
https://sites.google.com/a/gongxifat... ng-xi-fat-choi

Quote:Sebelum orang tua pamitan, dia menyuruh semua orang untuk memasang dekorasi dengan kertas merah pada pintu-pintu maupun jendela mereka tiap akhir tahun untuk menakuti si Nian jikalau dia muncul kembali, karena merah adalah warna yang paling ditakuti Nian.  Semenjak hari itu, tradisi memperingati kemenangan atas Nian diperingati dari generasi ke generasi. Istilah "Guo Nian", yang berarti "Selamat dari Nian" akhirnya menjadi "Menyambut datangnya Tahun Baru". Kata "Guo" dalam bahasa Cina mengandung arti bai k sebagai "mencermati" maupun "melewati
https://sites.google.com/a/gongxifat...i-chinaa2z-com

Gong Xi sendiri memiliki arti selamat. Sehingga jika seseorang hanya mengucapkan Gong Xi saat imlek tidak masalah. Hal itu hanya untuk mengucapkan selamat bagi yang merayakan. Sedangkan Fa Cai adalah kalimat tambahan.  “Gong Xi Fa Cai artinya bukan selamat tahu n baru. Gong Xi untuk mengucapkan pada seseorang saat melahirkan juga boleh. Asal jangan sedang berduka lalu ucapkan Gong Xi, wah bisa tersinggung orang yang mendengar,” kata Pengurus Harian Vihara Dhanagun, Bogor, Yung Hing, Sabtu (28/1).
https://www.jawapos.com/read/2017/01...ahun-baru-tapi
Quote:Dan yang paling penting, tradisi menempelkan kertas merah dan menyalakan mercon untuk menakuti Nian - jika suatu saat dia kembali - menjadi tradisi yang paling seremonial pada saat "Festival Musim Semi".
https://m.kaskus.co.id/post/5a8547e7...9b09d0078b456a



Dalam perkembangan sejarah kehidupan manusia cerita legenda seputar perayaaan Imlek tersebar luas ke berbagai negara. Ada banyak versi dan jalan cerita yang berbeda beda. Namun pada intinya semua cerita legenda yang ada, bertujuan untuk menyadarkan kita semua. Kita semua sebagai manusia seharusnya saling mendoakan untuk kebaikan bukan sebaliknya

No comments:
Write comments

Artikel Menarik Lainnya

loading...