Wednesday, February 21, 2018

Dari Indonesia untuk Dunia: Kuliner

"Tell me what you eat and I will tell you what you are."
- Jean Anthelme Brillat-Savarin -

Dari Indonesia untuk Dunia : Kuliner

Jika kamu berpikir Indonesia adalah bangsa yang kecil,....maka kamu salah, karena Indonesia memiliki ragam kuliner yang luar biasa dan dikenal dunia karena cita rasanyanya. Dan semua makanan ini lahir dari keberagaman budaya yang membuat bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar dan dihormati dunia.
Quote:
Quote:Dari Indonesia

Dari Indonesia untuk Dunia : Kuliner
Tempememang sudah lama menjadi idola kuliner Indonesia. Menurut Serat Centhini - Sebuah karya sastra dari kesusastraan Jawa baru -, Tempe berasal dari daerah bayat, Klaten, Jawa Tengah. Pada awalnya tempe hanya dikenal sebagai makanan bagi kalangan rakyat menengah ke bawah. Namun kandungan gizinya tidak bisa diremehkan, yang membuat Tempe mampu bertahan hingga saat ini. Bahkan sekarang, Tempe berhasil mendobrak pasar kuliner Indonesia dan menjadi makanan yang tidak diremehkan lagi sebagai makanan bagi orang-orang kecil.
Quote:Untuk Dunia

Dari Indonesia untuk Dunia : Kuliner

Meskipun masih banyak pemikiran yang menganggap proses pembuatan tempe tidak higienis, tapi sekarang hal itu tidak berlaku lagi. Karena kebanyakan sekarang sudah menggunakan mesin dalam proses pembuatannya dan juga sudah memenuhi standard Nasional maupun Internasional Codex. Dalam pengakuan Codex Asia menyebutkan kalau bahan Tempe terbuat dari kacang Kedelai. Sejumlah pakar pangan dan ahli gizi yang tergabung dalam Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (Pergizi Pangan) Indonesia bersama Forum Tempe Indonesia, sepakat mendaftarkan tempe sebagai warisan budaya non benda atau "Intangible Cultural Heritage of Humanity" ke Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO).


Quote:
Quote:Dari Indonesia

Dari Indonesia untuk Dunia : Kuliner
Rendangberasal dari daerah Sumatera, Khususnya Minangkabau. Dalan catatan sejarah, Rendang diketahui sudah ada sejak tahun 1550 atau sekitar pertengahan abad 16. Hal ini dapat dilihat dalam Kesusastraan Melayu klasik seperti Hikayat Amir Hamzah yang pernah menyebutkan nama makanan ini dalam tulisannya. Pada masa awalnya, Rendang adalah salah satu hidangan hantaran dalam upacara adat suku minang, yang kemudian menyebar dan berkembang ke kawasan serantau berbudaya Melayu mulai dari Mandailing, Jambi, hingga ke semenanjung Malaysia. Dalam tradisi Melayu, baik di Riau, Jambi, Medan atau Semenanjung Malaya, rendang kemudian tidak hanya disajikan dalam upacara adat saja, Rendang secara cepat menjadi hidangan istimewa yang dihidangkan dalam kenduri khitanan, ulang tahun, pernikahan, barzanji, atau perhelatan keagamaan, seperti Idul Fitri dan Idul Qurban.
Quote:Untuk Dunia

Dari Indonesia untuk Dunia : Kuliner
Pada tahun 2011, Kantor berita bergengsi dunia, CNN merilis 50 makanan terenak di dunia dan Rendang menjadi salah satu makanan yang masuk didalamnya. Dan pada tahun 2017, CNN kembali merilis daftar yang sama dan Rendang pun menjadi peringkat 1 sebagai makanan terenak didunia, mengalahkan Sushi dan Ramen dari Jepang, Tom Yam Goong dari Thailand, Kimchi nya Korea atau Dim sum nya Hongkong.Sebanyak 35 ribu orang yang ikut memberikan penilaian setuju kalau Rendang adalah mekanan terenak di dunia.


Quote:
Quote:Dari Indonesia

Dari Indonesia untuk Dunia : Kuliner
Indomieberasal dari kata "Indo", adalah singkatan dari Indonesia dan kata "mie" berarti mi, yang berarti makanan Mi yang berasal dari Indonesia. Hal ini cukup membuktikan kalau produk kuliner lezat ini memang berasal dari Negeri kita tercinta ini. Mie instant ini mulai beredar dipasaran sejak tahun 1969, Namun pertama kali diperkenalkan secara resmi sebagai merek dagang pada tahun 1972. Pada saat itu, Indomi hanya tersedia dalam jenis Mie kuah, dan kemudian menambah varian barunya berupa mie goreng pada tahun 1983. Sudono Salim dengan PT. Indofoodnya adalah orang yang berada dibalik kesuksesan produk mie ini. Dengan harganya yang terjangkau dan cara penyajian yang cukup cepat, mie instant ini sekarang telah menjadi sahabat bagi rakyat Indonesia di saat - saat tertentu.
Quote:Untuk Dunia

Dari  Indonesia untuk Dunia : Kuliner
Mungkin tidak banyak yang menduga kalau makanan ini sebenarnya tidak hanya dipasarkan diIndonesia, tapi juga ke seluruh dunia. Melalui Perusahaan Indofood, Indomie telah didistribusikan ke Australia, Asia, Africa, Selandia Baru, USA, Kanada, Negara-negara Eropa, Philippina, dan beberapa negara di timur tengah. Selain Di Indonesia, Indomie bahkan memiliki pabrik produksinya sendiri di Nigeria sejak Tahun 1995, dan tercatat sebagai pabrik manufaktur mie instant terbesar di Afrika dengan pangsa pasar di Nigeria sebesar 70 persen. Jika di dalam negeri Indomie dikenal sebagai salah satu makanan yang ramah dompet, beda halnya dengan diluar negeri, karena mie instant ini dibanderol dengan harga yang cukup lumayan mahal. Di situs Youtube bahkan ada sebuah video tentang seorang pria bernama Aboki yang menjadi kaya karena berjualan Indomie saja.


Quote:
Quote:Dari Indonesia

Dari Indonesia untuk Dunia : Kuliner
Sate / Satay adalah makanan tradisional yang dapat dijumpai dimana saja di daerah Indonesia. Tidak ada tulisan khusus tentang sejarah sate, tapi banyak yang meyakini kalau makanan ini berasal dari daerah Jawa Tengah. Mengutip dari Wiki, Kata "sate" atau "satai" diduga berasal dari bahasa Tamil. Diduga sate diciptakan oleh pedagang makanan jalanan di Jawa sekitar awal abad ke-19, berdasarkan fakta bahwa sate mulai populer sekitar awal abad ke-19 bersamaan dengan semakin banyaknya pendatang dari Arab dan pendatang Muslim Tamil dan Gujarat dari India ke Indonesia. Hal ini pula yang menjadi alasan populernya penggunaan daging kambing dan domba sebagai bahan sate yang disukai oleh warga keturunan Arab. Teori lain mengusulkan bahwa asal kata sate berasal dari istilah Minnan-Tionghoa sa tae bak (?????????) yang berarti tiga potong daging. Akan tetapi teori ini diragukan karena secara tradisional sate terdiri atas empat potong daging, bukan tiga. Dan angka empat dianggap bukan angka yang membawa keberuntungan dalam kebudayaan Tionghoa. Dan setelah berkembang di pulau Jawa, Sate kemudian menyebar ke seluruh kepulauan Nusantara yang menghasilkan beraneka ragam variasi sate
Quote:Untuk Dunia

Dari Indonesia untuk Dunia : Kuliner
Sate saat ini telah menjelma menjadi makanan populer di negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand.Sate juga populer di Belanda yang dipengaruhi masakan Indonesia yang dulu merupakan bekas koloninya. Sebenarnya ada beberapa negara yang memiliki jenis makanan yang sama dengan Sate seperti, yakitori dari Jepang, shish kebab dari Turki, shashlik dari Kaukasia, chuanr dari China, dan sosatie dari Afrika Selatan. Tapi tentu berbeda dari segi citarasa karena Sate Indonesia memiliki rasa yang sangat lezat. Hal ini terbukti dengan masuknya Sate dalam daftar makanan terenak versi CNN tahun 2017. Dalam daftar tersebut ada 3 makanan Indonesia yang masuk, yakni Rendang dalam urutan pertama, Nasi Goreng Urutan kedua dan Sate di urutan ke 14. Padahal pada daftar sebelumnya di tahun 2011, CNN hanya memasukkan Rendang dalam daftar makanan terenak tersebut. Mantan Presiden Amerika, Barrack Obama bahkan mengakui kelezatan makanan Indonesia ini.



No comments:
Write comments

Artikel Menarik Lainnya

loading...