Thursday, February 22, 2018

FR Short Trip ke Vanimo, Papua Nugini

Dulu pengenya first FR tentang thailand sih gan,, tp ane blm berhasil menuju negara tsb
Share sedikit pengalaman ane pergi ke PNG

Vanimo
[FR]  SHORT TRIP_PAPUA NEW GUINEA(PNG)-VANIMO[SHARE]


Intro
Pada bulan Februari 2018 akhirnya?? ane dapet kesempatan pergi ke Papua New Guinea(PNG) setelah ane menunggu cukup lama, ane kesana sama temen ane?? dalam rangka perencanaan masa depan gan
kebetulan temen ane itu memang orang PNG gan, uda bapak" anak 5, sedangkan ane masih dalam tahap pertumbuhan 20th, masih unyu" gan
Setelah berbulan" nyiapin berkas tanpa ane tau kapan mau berangkat, akhirnya ane berhasil berangkat gan, meskipun deg"an gan, karena ane kaga tau sama sekali negara tsb, ga perna kepikiran bakal kesana malah
ane pun berangkat dengan persiapan yang seadanya, karna menurut ane ga terlalu jauh dan hanya jalur darat doang




Day-1
Hari minggu 18 Feb 2018, jam 06.00 WIT ane melakukan perjalanan dari Jayapura tempat ane stay menuju ke Border Indonesia-PNG di Skouw. perjalanan menuju skouw dari jayapura kota kurang lebih 90 menit gan, tp ane melipir dulu nyari sarapan di daerah koya,, ane mampir ke sebuah rmh makan yang ga terlalu besar. abis makan ane balik ke mobil duluan gan, soalny masih berasa ngantuk dan mau lanjut tidur bentar,, tp pas mau masuk ke mobil sempet dicegat sama orang" mabuk gan,, ya minta" gt gan rokok dll. emang banyak orang mabuk gan disini, pagi" bgini masi pada teler, sisa semalem belum abis
skip skip...
ane lanjut jalan,,
Sampe di Skouw/Perbatasan Indonesia-PNG masukin barang bawaan ke xray dulu gan, dan ga lupa stamp paspor, biar aman.. fyi ane pake visa turis gan, single entry permit
Berkas beres, ane lanjut menuju kota terdekat yaitu Vanimo, kurang lebih 1 jam perjalanan gan,
waktu itu cuaca agak mendung gan jd momentnya kurang pas buat foto"... perjalanan kesana melewati jalan berkelok ditengah hutan, menyebrang sungai kecil sekitar 16 kali gan, ane udah ngitung
ane pake mobil hillux yg 2 cabin gan, jd aman trabas"
Sekitar 30 menit dari Skouw ane melewati bberapa desa kecil gan,tanpa listrik,rumah panggung.. mayoritas masih menggunakan atap dedaunan... yang menarik gan setiap rumah memiliki penampungan air hujan yg sangat besar,
-Jam 10 ane nyampe di Vanimo, fyi kata tmen ane beda 1 jam sama jayapura gan..
ane mampir dulu ke vanimo airport, nganter it manager yang mau balik ke kota sebelah yang cuma bisa pake jalur udaraa..
-jam 11 ane nyampe di villa perusahaan, tempatnya di east tower, bukit dengan pemandangan laut lepas..(ane udah ngga kaget pemandangan kek gini,soalnya dah biasa yg bgitu di jayapura)
-sampe disana ane istirahat bentar, makan,mandi
-Jelajahin Resto & Hotel di Vanimo tepatnya di Sandaun Province,
Review jalanan= Sepi, jalan lebar tanpa ada traffic light dan pembatas,mobil ga terlalu banyak, motor ga ada sama sekali gan
kebanyakan masyarakat masih jalan kaki gan, belum banyak Toko, jual bbm cuma pake botol&drgen doang, entah ane belum liat ada spbu ato mungkin ane gatau...
hampir semua rumah tipenya rumah panggung, tp udah rapi kalo yg dikota,beda banget sm yg di desa" ane lewatin..

FYI yg bikin ane was", disini jam 5 semua aktivitas dihentikan,dan semuanya pulang kerumah masing",, katanya si faktor keamanan,sempat tanya" sm supir katanya masih masuk redzone gan
ane dicritain masih pd bacok"an,tembak" jg.. dan ga cuma 1 yg bilang begitu,, hampir semua yg ane critain kalo ane mau ke PNG mreka bilang begicuu

Fyi Disini pake bahasa inggris gan, meskipun agak dicampur dengan bahasa png sendiri.. dialek inggrisnya unik
Mata uang menggunakan Kina,, 1 Kina= +- 3.500
Barang Bukti,No pic =HOAX
Nyebrang Kali
[FR] SHORT TRIP_PAPUA NEW GUINEA(PNG)-VANIMO[SHARE]
TANDON BANYU UDAN
[FR] SHORT TRIP_PAPUA NEW GUINEA(PNG)-VANIMO[SHARE]
INDAHNYA PEMANDANGAN,,BANYAK ***
[FR] SHORT TRIP_PAPUA NEW GUINEA(PNG)-VANIMO[SHARE]
VANIMO AIRPORT
[FR] SHORT TRIP_PAPUA NEW GUINEA(PNG)-VANIMO[SHARE]


Day-2
Bangun jam 5,nyantai bntar, nonton TV isinya filipn sama Aussie,
ngopi dulu biar ga salah paham...
After that, otw ke kantor tmen ane, kebetulan ada trouble di jaringan local kantor
jd ane ikutan turun tangan gan, dan disuruh jadi it manager meskipun sehari doang
ane coba pergi ke toko komputer yg cuma ada 1 doang di kota, yg punya orang myanmar gan, ane ksana dengan niat beli kabel hdmi+rj dan cari wifi, eh sampe disana lg mati lampu, jd ane ga dpt wifi
akhirnya ane langsung tancap gas balik ke office gan.. abis itu ane oprek router dkk, ganyampe sejam akhirnya kelar
-Ane lanjut cus pergi ke tempat yg rencananya mau dibikin usaha,sampe disana ternyata masih dalam proses pembangunan, dan tukangnya kebanyakan orang filipina. ane tanya sm kontraktor yg kbtulan chinese, dan gw kaget ternyata dia g bisa bahasa inggris
ane tanya"in dia ngomong mandarin, ane kurang paham, tp berbekal ane dulu sering denger my bro ngomong mandarin, jd ane coba memahami apa yg doi omongin, dan akhirnya ane paham gan,,, cukup pake jurus andalann,, yaitu bahasa tubuh
- Siangnya ane laper dan cobain salah satu tempat yang lumayan rame,kayak fastfood gitu gan
[FR] SHORT TRIP_PAPUA NEW GUINEA(PNG)-VANIMO[SHARE]
The name is Kaibar, Kai=makan
-Ane beli makan 15 Kina+Aqua 2 Kina+ Saos Abc 2Kina
Lunch
[FR] SHORT TRIP_PAPUA NEW  GUINEA(PNG)-VANIMO[SHARE]

Dan ane nyari tempat buat makan dimana gan, soalnya di tempat cuma bisa dibungkus,, akhirnya ane puter balik gerobak dan nyari tempat yg pas buat makan,, ane berakhir di dipinggir sebuah pantai yg lumayan jauh dari office,,
ane kayak orang ilang gan, makan sndiri dipinggi pantai, tp ttep didalem mobil karna ane kaga brani kluar,, takut diculik gan
- Abis makan ane cus balik ke kantor, kasi nyala gerobak, jalan bbrp menit, ane baru sadar kalo ini bukan jalan yg ane lewatin tadi.... alhasil hamsyong gan, gatau jalan, mana ane ga pake roaming,gabisa telpon,,
ane tersesat 30 menitann gan, tp akhirnya berhasil nemu orang dan ane tanya jalan balik ke kota
-Hari itu cuaca bagus, pantai ombaknya besar banyak kapal barang milik perusahaan minyak & kayu
-lanjutt ane balik ke office bntar,, tp karna gabut,, wifi jg lemot parahh akhirnya ane balik ke homestay
-sampe disana ane lgsg tepar gan,gabut gada internet,, baru 2 hari tanpa internet rasanya tersiksa gan
-Sorenya ane ngobrol santai sama penduduk lokal, katanya disini pendatang isinya dari Cina,Filipin, Malaysia and also Indonesia.. dan ane disuruh cerita sedikit tentang jayapura, ane ngomong setau ane gan, karna ane dijayapura baru +-3 taun, dan ane crita sdikit tentang keluarga ane dari Jawa Tengah,Salatiga
-Ane tidur awal, karna bsk pagi ane dah cabut dr PNG,,, vanimo to border 1jam - Border to Jayapura 1,5
-Besoknya ane balik naek angkutan umum gan, karna ane pengen ngerasainn sensasinya, pengalaman gan.. bayar 40 Kina dari vanimo bus station sampe border


Selanjutnya ane balik dengan aman gan tanpa ada hambatann...

sampe border dah dijemput sama pak supir andalan gue
Kesan
Pengalaman yg menarik buat ane gan, bisa ngerasain pergi ke sono yg jarang peminatnya.. deg"an campur kepo
-disana ane berasa sultan,karena cm sedikit yg bawa mobil dengan jalan yg cukup halus dan lebar
-wifi yg ane pake di supermarket vanimo,lemot bgt.. lagi down apa emang gt ane gatauu
ga kebayang kalo maen MOBA ANALOG di situ bakalan jd kek gmn
-Orang lokal murah senyum gan, meski muka rada galak"
-Alamnya jangan ditanya lagi

Kenapa ane ga pake roaming?? karna cuma 2 hari doang,, jd ane mikir just wasting money..
BIAYA ROAMING
[FR] SHORT TRIP_PAPUA NEW GUINEA(PNG)-VANIMO[SHARE]


itu aja gan FR kali ini....
pengen kesini pm aja, kali aja bisa bareng

No comments:
Write comments

Artikel Menarik Lainnya

loading...