Saturday, February 17, 2018

Kelamnya Warisan Leluhur yang Hilang Tanpa Jejak

Kelamnya Warisan Leluhur Yang Hilang Tanpa Jejak

Indonesia terkenal dengan ragam budaya yang dimilikinya Sudah sepantasnya sebagai bagian dari Nusantara ini kita turut melestarikannya GanSis. Budaya yang bisa kita lestariin itu ya kaya bahasa, tarian, makanan, pakaian, dan adat dari d aerah yang melekat dalam diri kita. 
Selain itu, kita juga harus menjaga setiap peninggalan sejarah dalam bentuk cagar budaya dan barang-barang yang tersimpan di museum daerah kita GanSis.
Oiya, kalian pernah dengar ga mengenai kabar kehilangan ataupun pencurian barang warisan leluhur? Ane lansir dari https://www.cnnindonesia.com/hiburan...uhur-indonesia ada nih kasus pencurian barang warisan leluhur baik di situs bersejarah maupun museum.
Ane jelasin nih museum yang pernah dijarah ye!

Museum Nasional Republik Indonesia

Quote:
Kelamnya Warisan Leluhur Yang Hilang Tanpa Jejak

Quote:Museum Nasional atau dikenal dengan Museum Gajah pernah dijarah oleh mantan prajurit Perang Kemerdekaan tahun 1945. Ya, Kusni Kadut alias Kancil mengambill 11 butir berlian dan membunuh satu petugas di Museum Gajah. Aksi pencurian ini dilakukan pada 31 Mei 1961 dengan menyamar sebagai polisi. Kancil divonis mati dan dieksekusi pada 16 Februari 1980.
Di tahun 1996, museum ini kembali mengalami pencurian. Kali ini yang digondol maling adalah lukisan mahakarya seniman Indonesia seperti koleksi karya Basoeki Abdullah, Raden Saleh dan Affandi.


Museum Radya Pustaka Solo

Quote:

Kelamnya Warisan Leluhur Yang Hilang Tanpa Jejak

Quote:Pada tahun 2007, lima patung purbakala dari museum tertua di Indonesia ini hilang dibawa maling . Kelima arca yang dibawa maling itu adalah Arca Agustya Siwa Mahaguru, Durga Mahesa Suramadini, Mahakala, Durga Mahesa Suramadini II, dan Siwa. Ga cuma arca doang GanSis yang dibawa, lampu gantung hias dan piring kuno juga mantap dilarikan.


Museum Sonobudoyo Yogyakarta

Quote:
Kelamnya Warisan Leluhur Yang Hilang Tanpa Jejak

Quote:Tepat pada Agustus 2010, 75 koleksi mahakarya topeng emas, gerabah, perhiasan, dan pernak-pernik emas peninggalan Kerajaan Mataram hingga Majapahit lenyap dari museum ini. Hingga saat ini, jejak pelaku tak bisa dideteksi. Mantaps


Museum Sang Nila

Quote:
Kelamnya Warisan Leluhur Yang Hilang Tanpa Jejak

Quote:Koleksi museum milik Pemerintah Provinsi Riau pada 20 Maret 2017 lalu hilang lenyap tanpa jejak. Tiga keris Khas Melayu, satu pedang Melayu Sondang, satu piring celadon emas, satu kendi peninggalan VOC dan satu kendi janggut dicuri.


Museum Nasional Republik Indonesia

Quote:Dan lagi terjadi, Empat koleksi artefak emas peninggalan Mataram Kuno diant aranya Lempeng emas naga sepanjang 5,6cm; wadah bertutup cepuk berdiameter 6,5cm dan tinggi 6,5cm; lempeng emas bulan sabit beraksara sepanjang 8cm-lebar 5,5cm dan lempeng emas harihara panjang 10,5cm dengan lebar 5,5cm lenyap tanpa jejak. 


GanSis, Negara Indonesia emang kaya dengan warisan leluhurnya
Tapi bukan bera rti dengan seenaknya diambil demi kepentingan pribadi kan ya?
Bantuin Jaga dan Lestarikan Warisan Leluhur kita ye GanSis

No comments:
Write comments

Artikel Menarik Lainnya

loading...