Friday, February 23, 2018

Kemenkes Kirim Lagi 30 Dokter untuk Pemulihan Kesehatan Asmat

Kemenkes Kirim Lagi 30 Dokter untuk Pemulihan Kesehatan Asmat

JPP JAKARTA - Tim kesehatan yang tergabung dalam Flying Health Care (FHC) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI gelombang IV telah berangkat menuju Asmat, Papua, pada Minggu (18/02/2018).

Nantinya tim akan melakukan penguatan pelayanan kesehatan dan pemulihan pasca kejadian luar biasa (KLB) campak dan masalah gizi buruk.

"Kami sudah mengirim sekarang yang keempat, FHC yang terdiri dari gizi, imunisasi , dan dokter. Ini yang mau kirim ke distrik-distriknya dan mereka berangkat kemarin,รข€ kata Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek usai pelantikan eselon 1 di gedung Kemenkes, Jakarta, Senin (19/02/2018).

Tim yang berangkat berjumlah lebih dari 30 tenaga kesehatan yang terdiri dari 10 orang dokter, 10 orang nutrisionis dari berbagai instansi Universitas Brawijaya, dan 10 orang petugas imunisasi mulitantigen dengan memberdayakan lokal juru imunisasi dari Asmat.

Mereka nantinya akan melakukan penyusuran ulang Imunisasi multiantigen, dan sisanya tim Kesehatan Lingkungan.

Logistik yang disediakan di antaranya dari Kesehatan Lingkungan berupa jerigen air lipat, 875 pcs, safety box, 200 pcs, kit partisipatory 3 paket, polibag limbah medis, 500pcs, dan polibag sampah, 500 pcs. Adapula bantuan obat-obatan dalam FHC IV ini sebanyak 63 jenis.

Mereka akan bertugas selama 1 bulan terhitung dari tanggal 18 Februari sampai 19 Maret 2017. Tim FHC gelombang IV ini akan disebar ke 10 Puskesmas, yakni Puskesmas Basim, Tor, Atsy, Nakai, Uni Sirau, Sawaerma, Kamur, Primapun, Ayam, dan Binam. "Yang kita perlukan adalah masuk ke distrik-distrik," tegas Menkes.

Menteri Nila menambahkan, meskipun pasien campak dan gizi buruk sudah pulang, tapi konidsi ketahanan pangan saat ini dikhawatirkan mereka kembali jatuh sakit.

Saat ini, masyarakat masih dalam proses pendampingan, karena itu pada FHC IV ini tenaga kesehatan ditempatkan langsung ke distrik-distrik selama 1 bulan.

Tim Nusantara Sehat, tambah Menkes, juga dipercepat menjadi satu tahun, kemudian ada tambahan penugasan dokter spesialis selama 6 bulan. "Kami mempercepat pergantiannya karena kita harus menyesuaikan kondisi geografis dengan tenaga kesehatan yang tinggal di sana," imbuh Menkes.(kes)


Sumber : https://jpp.go.id/humaniora/kesehata...esehatan-asmat

---

Kumpulan Berita Terkait HUMANIORA :

- Kemenkes Kirim Lagi 30 Dokter untuk Pemulihan Kesehatan Asmat Menteri Amran Fokus Kembangkan Aplikasi Toko Tani

- Kemenkes Kirim Lagi 30 Dokter untuk Pemulihan Kesehatan Asmat PGN Gandeng BUMD Papua Barat

- Kemenkes Kirim Lagi 30 Dokter untuk Pemulihan Kesehatan Asmat Kabupaten Tangerang Tuntaskan Vaksinasi Difteri pada 1,1 Juta Anak

No comments:
Write comments

Artikel Menarik Lainnya

loading...