Wednesday, February 21, 2018

Mengenal Kelompok Uyoku Dantai, Sisi Kelam Ekstrimisme Politik di Jepang

Quote:
Intro


Bagi yang ngerti perpolitikan USA pasti tau yg namanya Alt-right, KKK, Gamergate, dlsb. Bagi yg ngerti perpolitikan Indo jg pasti tau yg namanya 212, FPI, FUI, dlsb.

Alt-right
Mengenal kelompok2 Uyoku dantai (sisi kelam ekstrimisme politik di Jepang)


Namun siapa sangka, di negara yang dianggapnya adem ayem pun, Jepang jg memiliki golongan politik ekstrimis yang secara kolektif dikenal jg sebagai Uyoku dantai.

Uyoku dantai atau kelompok sayap kanan nasionalis Jepang saat ini berjumlah sekitar 1.000 kelompok di Jepang dengan anggota sedikitnya 100.000 orang. Organisasi ini umumnya terdaftar di pemerintahan Jepang dan umumnya kelompok yang pro, pembela Kaisar Jepang. Apapun dilakukan bahkan sampai mati bersedia dilakukan demi Kaisar Jepang dan keluarganya.

pic
Mengenal kelompok2 Uyoku dantai (sisi kelam ekstrimisme politik di Jepang)


Konservatisme mereka sebagai penyeimbang atas pengaruh liberalisme saat ini yang dianggap bisa menghancurkan budaya dan keaslian Jepang, di mana liberalisme berfokus kepada uang yang bisa menguasai segalanya. Demikian pula kaum nasionalis ini juga anti komunisme.

Organisasi sayap kanan ini atau organisasi patriot nasionalis Jepang ini masih terus aktif beroperasi, dan terlihat jelas dengan tulisan-tulisan nasionalismenya di mobil-mobil besar mereka, bertuliskan imbauan agar semua orang melindungi Kaisar Jepang.

pic
Mengenal kelompok2 Uyoku dantai (sisi kelam ekstrimisme politik di Jepang)


Kelompok sayap kanan ini juga berusaha untuk menghapus korupsi di dalam negeri dan menuntaskan dengan inovasi yang ada, berusaha menciptakan Jepang sebagai negara terbaik. Kegiatan publisitas di jalan umum masih sering dilakukan dengan maksud mengingatkan setiap warga Jepang harus membela negaranya sendiri. Mereka berkeliling dengan mobil besarnya bertuliskan kata-kata nasionalisme, sekaligus juga menggunakan musik nasional yang dipasang keras sebagai bentuk propaganda sayap kanan.

Lebih lagi, kelompok ini juga melakukan aksi penyerangan fisik bahkan pembunuhan baik terhadap lawan politik atw kaum minoritas, mirip-mirip lah sama pembunuhan Gandhi oleh ekstrimis Hindu atau pembunuhan MLK oleh white supremacist.

Oh ya, bedakan ya antara uyoku dantai, wibu & yakuza:
Uyoku dantai=Altright-nya Jepang
Yakuza=Mafia-nya Jepang
Wibu=Fandom budaya Jepang

Oh ya, selain ekstrimis sayap kanan, Jepang sendiri jg punya ekstrimis sayap kiri. Nih contohnya: Teroris Jepang


Quote:Quote:
Aikokusha (?????????, "Society of Patriots")


Upaya pembunuhan Osachi di stasiun
Mengenal kelompok2 Uyoku dantai (sisi kelam ekstrimisme politik di Jepang)


Dihimpun pada 1928 oleh Ainosuke Iwata. Kegiatannya meliputi penghimpunan gerakan pelajar anti-komunis di berbagai universitas dan indoktrinasi kaum muda di pedesaan. Pada 14 November 1930, Tomeo Sagoya, salah satu anggotanya menembak Perdana Menteri Hamaguchi Osachi di Stasiun Tokyo dalam sebuah upaya pembunuhan. Hal ini karena Osachi sendiri adlh anggota Rikken Minseit??, sebuah parpol berideologi liberal. Mirip sama peristiwanya Presiden Garfield yg ditembak di stasiun. Cmn bedanya, Osachi sendiri selamat dr upaya pembunuhan tersebut.


Quote:Quote:
Geny??sha (?????????, "Black Ocean Society")


pic
Mengenal kelompok2 Uyoku dantai (sisi kelam ekstrimisme politik di Jepang)


Berasal dari perhimpunan rahasia mantan samurai, dengan tujuan merestorasi pemerintahan feodal, Gonyosha adalah perhimpunan ultranasionalis rahasia. Mereka mengadakan kegiatan teroris seperti upaya pembunuhan PM ??kuma Shigenobu pada 1889, lagi2 krn ia jg berasal dr parpol liberal. Organisasi tersebut membentuk jaringan kejahatan terorganisir dan espionase ekstensif di seluruh Asia Timur dan mengagitasi agresi militer Jepang. Namun, organisasi tersebut sudah dibubarkan pada masa setelah perang.


Quote:Quote:
Great Japan Patriotic Party (?????????????????? Dai-nippon aikokuto)


Pembunuhan Inejiro Yamaguchi
Mengenal kelompok2 Uyoku dantai (sisi kelam ekstrimisme politik di Jepang)


Dihimpun pada 1951 oleh Satoshi Akao, seorang mantan anggota Parlemen sebelum perang yang dikenal pada masanya karena pidato-pidato hariannya di perlintasan Sukiyabashi, Ginza, Tokyo. Partai tersebut mengadvokasikan kepemilikan industri negara dengan Kaisar sebagai kepala pembuat keputusan. Mereka memajukan kebutuhan untuk solidaritas Amerika Serikat dan Korsel untuk bertarung melawan komunisme. Mobil-mobil propaganda mereka didekorasi dengan bendera Nippon dan Akao sempat menyatakan bahwa Bebatuan Liancourt (Dokdo/Takeshima) harus diledakkan karena mewakili rintangan persahabatan dengan Korsel. Mantan anggotanya, Otoya Yamaguchi, bertanggung jawab atas pembunuhan Inejiro Asanuma, kepala Partai Sosialis Jepang, pada 1900. Hebatnya lagi, pembunuhan tersebut sempat diabadikan oleh Yasushi Nagao dan meraih penghargaan Pulitzer.


Quote:Quote:
Nihon Seinensha (???????????????, "Japan Youth Society")


Mercusuar di Senkaku
Mengenal kelompok2 Uyoku dantai (sisi kelam ekstrimisme politik di Jepang)


Salah satu organisasi terbesar dengan 2000 anggota. Dihimpun oleh sindikat Sumiyoshi-ikka pada 1961. Sejak 1978, para anggotanya membangun dua mercusuae dan kuil Shinto di Kepulauan Senkaku (Diaoyutai), sekelompok pulau tak berpenghuni yang diperebutkan Jepang, China dan Taiwan. Pada Juni 2000, dua anggotanya menyerang kantor sebuah majalah yang dianggap melecehkan Putri Masako.


Quote:Quote:
Nihon Komint?? (???????????????, "Japan Emperor"s People Party")


Takeshita
Mengenal kelompok2 Uyoku dantai (sisi kelam ekstrimisme politik di Jepang)


Kelompok tersebut mula-mula dihimpun untuk melakukan kampanye samar untuk Noboru Takeshita untuk jabatan PM pd 1987, dengan memberikan pujian2 terhadap Takeshita memakai dua puluh truk pengeras suara. Hal tersebut dihentikan setelah intervensi dari Shin Kanemaru. Insiden berujung pada serangkaian skandal politik yg kemudian menyoroti keterlibatan kejahatan terorganisir dalam pemerintahan Partai Demokrat Liberal. Pada April 2004, sebuah bus yang dimiliki kelompok tersebut menabrakki dan merusak gerbang konsulat Cina di Osaka. Polisi menangkap Nobuyuki Nakagama, sang supir dan Ko Chong-Su, anggota Korea dari kelompok tersebut, atas dakwaan mendalangi serangan tersebut.


Quote:Quote:
Seikijuku (?????????, "Sane Thinkers School")


Kelompok yang didirikan pada 1981 dan berbasis di Nagasaki. Bertanggung jawab atas sejumlah insiden kekerasan, termasuk penyembakan yang nyaris fatal terhadap walikota Nagasaki pd 1991 yg menyatakan bahwa Kaisar Hirohito bertanggung jawab atas perang.


Quote:Quote:
Y??koku D??shikai (???????????????)


Ichiro Kono
Mengenal kelompok2 Uyoku dantai (sisi kelam ekstrimisme politik di Jepang)


kelompok nasionalis ekstrimis tersebut menembaki rumah Ichir?? K??no, seorang pemimpin partai Liberal, pada 1963. Pada 1977, para anggotanya dengan bersenjatakan senapan dan katana menyandera 8 org dan membarikadekan diri mereka sendiri di kantor Federasi Bisnis Jepang. Lucunya, kendati dikatakan nasionalis ekstrimis, pemimpinnya sendiri, Sh??suke Nomura menyebut nasionalis Korea, An Jung-geun sebagai seorang patriot. Pada pemilihan majelis anggota DPR Jepang ke-37 (1983), sekretaris Shintar?? Ishihara diprotes oleh kelompok tersebu karena memfitnah kandidat lawannya Sh??kei Arai (Bak gyeong-jae/?????????) sebagai orang "Korea".


Quote:Quote:
Ganbare Nippon (??????????????????????????????????????? Hang In, Japan! National Action Committee)


pic
Mengenal kelompok2 Uyoku dantai (sisi kelam ekstrimisme politik di Jepang)


Didirikan pd 2 Februari 2010, kelompok tersebut diketuai oleh bekas kepala AU Toshio Tamogami. Menyusul upaya para penggiat Hong Kong untuk mendarat ke Kepulauan Senkaku, kelompok tersebut mendarat di kepulauan tersebut dan mengibarkan bendera Jepang. Menyusul unjuk rasa anti-Jepang di Cina pd 2012, mereka jg melakukan protes balasan di Tokyo dgn dihadiri 50 org.


Quote:Quote:
Zainichi Tokken o Yurusanai Shimin no Kai (???????????????????????????????????????, Association of Citizens against the Special Privileges of the Zainichi)


pic
Mengenal kelompok2 Uyoku dantai (sisi kelam ekstrimisme politik di Jepang)


Sebuah organisasi politik ekstrimis kanan jauh dan ultra-nasionalis di Jepang yg didirikan pd 2 Desember 2006. Organisasi tersebut dideskripsikan oleh Agensi Kepolisian Nasional sebagai ancaman potensial bagi tatanan masyarakat karena berideologi "xenofobik dan nasionalis ekstrim". Pada 2009, mereka memergoki sekolah dan rumah seorang gadis Filipina yg ortunya dideportasi krn overstay. Pada 2010, mereka memprotes penayangan film The Cove, sebuah film yg menampilkan perburuan lumba2 di Jepang.

Pada 10 Agustus 2010, empat anggota Zaitokukai ditangkap krn menyerang para murid Korea di kawasan Minami, Kyoto, di sebuah sekolah pro-DPRK. Pada 17 Juni 2013, Makoto Sakurai dan 3 org lainnya ditangkap di Shinjuku, Tokyo, saat terjadi tawuran antara penentang unjuk rasa & Zaitokukai. Pada awal 2014, unjuk rasa mereka beranggotakan 100 org di Ikebukuro didatangi sejumlah penentang unjuk rasa yg berjumlah 2X lipat. Mobil Sakurai dikeroyok namun malah kabur ke Koreatown, dan satu anggota dan empat penentang unjuk rasa ditangkap.


Quote:Tribunnews
Wikipedia 1
Wikipedia 2

No comments:
Write comments

Artikel Menarik Lainnya

loading...