Friday, February 23, 2018

Repost dan Rewrite, Apa Bedanya?

Halo gan gimana kabarnya? Balik lagi sama TS absurd yang threadnya kebanyakan unfaedah (haha). Kali ini ane mau menuangkan isi pikiran dan curhatan ane soal fenomena “Repost me-repost thread” di forum kesayangan kita semua, Kaskus.


Quote:
Sebagai seorang thread maker ane pernah di tuduh me-Repost karya TS lain (alasan tuduhan karna TS itu post duluan dan gak jadi HT. Tapi pas ane cek ternyata thread dia juga hasil repost dari platform lain, dan platform itu ambil sumbernya sama kaya ane, dari portal berita asing. Kesimpulannya, TS yg bersangkutan ambil sumber bukan dari sumber utama dan justru copas sumber kedua). Buat agan mungkin biasa aja, tapi buat ane tuh rasanya sakiiiiiiit banget gan (karena menurut ane, ini sama aja kaya tuduhan plagiarism). Apalagi ane gak ngerasa merepost karya orang dari platform lain apalagi satu platform di Kaskus ini.

Opini dan Curhatan Ane Soal Tuduhan “Repost Thread” di Kaskus

Sebelum memutuskan bahas masalah ini, ane sempet research dulu pandangan para kaskuser soal arti Repost dan ane menemukan banyak thread yang membahas “Arti Repost” versi para TS Kaskus. Ada yang membolehkan, ada yang melarang. Mungkin banyak agan yang nanya “Jadi sebenernya boleh atau ngga sih merepost karya seseorang?”, nah gini nih jawaban ane.


Kalo menurut ane sih repost ini sama aja kaya share, jadi maksudnya isi artikel plek ketiplekatau copy paste dari artikel lain. Jadi bisa dibilang itu sama aja sebagai aksi plagiat. Mungkin timbul pertanyaan “Kalo ane nyantumin sumber jelas bukannya sah-sah aja gan?”. Ane sih bakal nanya balik “Sah buat siapa? Buat si Reposter atau buat penulis aslinya?”, emang agan udah dapet izin dari si penulis asli untuk merepost tulisannya? Iya kalo si penulis ikhlas tulisannya di repost, kalo ngga, bisa-bisa si reposter kena pasal copyright loh.

Opini dan Curhatan Ane Soal Tuduhan “Repost Thread” di Kaskus
Pasti ada agan yang menyangkal dengan “Tapi ane gak maksud plagiat tulisan si penulis asli, ane cuma bermaksud berbagi informasi dalam artikelnya aja.” Oke kalo itu yang agan maksud, di dunia kepenulisan “Menyampaikan Informasi dari Artikel Yang Sudah Ada” sah-sah aja, namanya Rewriting.



Quote:
Beda loh ya Rewriting dan Repost. Ane termasuk yang sering melakukan metode rewriting di thread ane. Step Rewritingtuh gini gan:



Quote:

Pertama, agan perlu baca artikel yang mau jadi sumber tulisan agan dan pahami bener-bener isi artikel (bukan di hafal loh, tapi di pahami informasi dalam artikel itu), bisa dari satu sumber atau banyak sumber. Menurut pengalaman ane, rewriting itu perlu banyak sumber gan, gak cuma satu. Alasannya bisa nyambung sama step berikutnya.

Opini dan Curhatan Ane Soal Tuduhan “Repost Thread” di  Kaskus



Quote:Kedua, Tulis lagi informasi yang mau agan sampaikan dengan gaya bahasa agan sendiri bermodalkan info yang udah agan dapet dari artikel sumber dan pengetahuan lain agan seputar informasi tersebut. Nah disinilah kenapa ane bilang rewriting perlu banyak sumber, semakin banyak yang agan tau, semakin lancar agan nulis dengan bahasa agan sendiri.
Opini dan Curhatan Ane Soal Tuduhan “Repost Thread” di  Kaskus


Quote:Ketiga, pastikan agan mencantumkan sumber informasi yang agan dapet di akhir karya tulis agan, atau kalo agan mengutip suatu kalimat, agan bisa cantumkan kalimat “Seperti dilansir dari ….” Atau “Dikutip dari ….” diawal atau dibagian paragraph yang agan buat. Dengan begitu pembaca karya agan tau kalo itu hasil kutipan, bukan kata-kata agan sendiri.
Opini dan Curhatan Ane Soal  Tuduhan “Repost Thread” di Kaskus


Quote:
Opini dan Curhatan Ane Soal Tuduhan “Repost Thread” di Kaskus
Keempat
, kalo agan udah selesai nulis bisa cek plagiarism di beberapa situs cek plagiat gratisan atau berbayar yang bisa di cari di google. Ane selalu pake fasilitas ini buat terhindar dari tuduhan plagiat. Dan jangan khawatir gan kalo thread ane hasil repost  thread lain di kaskus, karena sebagai Kreator kita ada proses review-ing thread dari para admin Kaskus. Nih kalo gak percaya, thread kita bisa gak lolos review, dengan alasan sudah ada artikel sejenis.
(Ini padahal ane copas karya sendiri di platform lain loh haha. Kalo gak lolos gini biasanya gak bisa jadi HT)

Opini dan Curhatan Ane Soal Tuduhan “Repost Thread” di Kaskus



Quote:
KESIMPULAN

Inti dari thread ane kali ini adalah kurang-kurangin komentar Repost di thread orang dengan kata-kata yang kurang sopan gan. Pahami dulu arti repost sebenarnya baru menuduh. Kalo emang TS terbukti melakukan repost cukup tegur dengan baik, jangan sampe melukai hatinya.

Nah buat para reposter (A.K.A tukang repost), ada baiknya minta izin dulu sama penulis aslinya sebelum mem-publish (Jangan publish dulu baru izin). Kalo dapet izin menurut agan susah, agan bisa pake metode rewriting aja kaya ane. Karena sebagai penulis, ane tau rasanya karya kita di plagiat orang.

Karya tulis bagi penulis itu kaya anak gan, istilahnya kita udah cape-cape mengandung 9 bulan terus perjuangan melahirkan, eh tau-tau pas udah lahir anak kita malah di akuin sama orang lain, agan rela? Kalo ane sih ngga, makanya ane "Pro Anti Plagiarism".

Sekian sekilas info soal Repost dan Rewritingversi ane, ada yang gak setuju? Monggo di komen aja, terbuka buat saran-saran membangun kok.


Sumber: Pendapat pribadi TS
Gambar: Google, Dokumen Pribadi TS

No comments:
Write comments

Artikel Menarik Lainnya

loading...