Sunday, February 18, 2018

Zhuge Liang Sang Ahli Siasat, Penipu Lawan!

Zhuge Liang?? kayak gk asing dengan nama itu.
yak betul, salah satu Strategi hebat di masa nya.Â
terus ada apa dengan Zhuge Liang?? dari judul nya bisa dilihat, Zhuge adalah sang ahli siasat, pandai menipu lawan, pandai mengubah arah angin dan cerdik dalam membaca pergerakan musuh. yuk kita bahas beberapa Strategi dari Zhuge Liang yang terkenal.

spoiler
Zhuge Liang sang ahli Siasat, penipu lawan !!


Zhuge Liang (181â€"234) adalah seorang Perdana Menteri negara Shu Han pada masa Tiga Kerajaan (Sam Kok) dalam sejarah Cina. Dia sering dikenal sebagai ahli strategi terhebat dan terbaik pada masa tersebut.


Sering digambarkan mengenai jubah Taois dan sebuah kipas tangan dari bulu bangau, Zhuge Liang bukan hanya seorang ahli strategi militer dan ahli politik; dia juga seorang pelajar dan penemu. Reputasinya sebagai seorang penemu dan pelajar yang ternama tumbuh meski ia masih hidup dalam tempat terpencil, membuatnya dijuluki dengan nama "Wolong" (臥龍; atau: "Crouching Dragon").

Zhuge adalah sebuah nama yang tidak umum untuk nama keluarga karena terdiri dari dua huruf(Cina). Nama Zhuge telah menjadi sinonim dengan kepandaian dan strategi dalam budaya Cina.

spoiler
Zhuge Liang dilahirkan di Yangdu, Langya Commandery (sekarang Yinan County, Shandong). Dia menjadi yatim piatu pada usia dini, dan dibesarkan oleh pamannya, Zhuge Xu an Dia mengikuti pamannya tinggal di Jing Propinsi bawah Liu Biao kemudian. Setelah pamannya meninggal, Zhuge Liang dan saudara-saudaranya menetap di Wolonggang (di masa kini-hari Henan) untuk sepuluh tahun mendatang atau lebih, hidup sederhana - pertanian di siang hari dan belajar di malam. dua kakak perempuan Zhuge Liang menikah dengan anggota klan yang berpengaruh dengan koneksi yang kuat di wilayah tersebut.

Zhuge Liang sang ahli Siasat, penipu lawan !!
Kuil Marquis Wu di Chengdu, sebuah kuil pemujaan Zhuge Liang.

Zhuge Liang menikmati membaca Liangfu Yin (梁 父 吟), sebuah lagu rakyat yang populer di Shandong, tempat kelahirannya. Dia juga suka membandingkan dirinya untuk Guan Zhong dan Yue Yi, dua tokoh-tokoh sejarah terkenal. Ia mengembangkan persahabatan yang erat dengan anggota sastrawan lokal, seperti Xu Shu, Cui Zhouping, Meng Jian dan Shi Tao. Zhuge Liang juga mempertahankan hubungan dekat dengan para intelektual terkenal lainnya, seperti Sima Hui, Pang Degong dan Huang Chengyan. Huang Chengyan pernah berkata kepada Zhuge Liang, "Saya mendengar bahwa Anda sedang mencari pasangan, aku mempunyai seorang putri yang tidak cantik dengan wajah kuning dan kulit gelap, tapi bakatnya setara denganmu.." Zhuge Liang setuju dan menikahi putri Huang Chengyan.







nah itu tadi ada sedikit Profil dari Zhuge Liang. nah sekarang saat nya nih ke topik pembahasan yaitu Strategi cerdik ala Zhuge Liang.

spoiler
spoiler
Sebelum Pertempuran Red Cliffs, Zhuge Liang mengunjungi kamp Sun Quan untuk membantu Zhou Yu. Zhou Yu cemburu bakat Zhuge Liang dan merasa bahwa Zhuge akan menjadi ancaman bagi junjungannya di masa depan. Dia menugaskan Zhuge Liang tugas untuk membuat 100.000 anak panah dalam sepuluh hari atau akan di eksekusi bila gagal dalam tugas-tugas di bawah hukum militer. Zhuge Liang berjanji bahwa ia bisa menyelesaikan misi dalam tiga hari. Dengan bantuan dari Lu Su, Zhuge Liang menyiapkan 20 kapal besar, masing-masing dijaga oleh beberapa prajurit dan diisi dengan manusia-seperti tokoh yang terbuat dari jerami dan jerami.

Saat fajar, ketika ada kabut besar, Zhuge Liang mengerahkan perahu dan mereka berlayar menuju perkemahan Cao Cao di sungai. Dia memerintahkan pasukan untuk menabuh genderang perang dengan keras dan berteriak meniru suara serangan. Setelah mendengar kebisingan, pasukan Cao Cao bergegas keluar untuk menghadapi musuh, tetapi mereka tak yakin kekuatan musuh, karena visi mereka dikaburkan oleh kabut. Mereka menembakkan tembakan anak panah ke arah suara drum dan panah menghujam jerami. Sementara itu, Zhuge Liang menikmati anggur dengan Lu Su di dalam kabin dan mereka kembali ke perkemahan ketika kabut memudar. Zhuge Liang memperoleh lebih dari 100.000 anak panah dengan rencana dan Zhou Yu tidak punya pilihan selain membiarkan dia pergi.


spoiler
Sebelum Pertempuran Red Cliffs, ketika semua persiapan u ntuk serangan api pada armada Cao Cao telah dibuat, Zhou Yu tiba-tiba menyadari bahwa angin tidak bertiup untuk keuntungan mereka, karena angin timur itu diperlukan untuk meningkatkan serangan api. Ia pingsan dan jatuh sakit. Zhuge Liang mengunjungi dia dan membuatkan resep untuk dia, dengan menawarkan untuk mendoakan angin timur. Beberapa hari kemudian, angin timur mulai bertiup, mengejutkan semua orang. Zhou Yu senang, tetapi menjadi cemas karena ia berpikir Zhuge Liang memiliki kekuatan magis dan akan menjadi ancaman yang lebih besar untuk tuannya. Dia mengirim orang untuk membunuh Zhuge Liang di altar, tetapi Zhuge mengantisipasi gerakan ini dan sudah melarikan diri di bawah perlindungan Zhao Yun.


spoiler
Selama Ekspedisi Utara pertama, upaya Zhuge Liang menaklukkan Chang"an dirusak oleh kekalahan Shu pada Pertempuran Jieting. Dengan hilangnya Jieting, lokasi saat Zhuge Liang, Xicheng, berada dalam bahaya dan dapat diserang oleh tentara Wei. Dalam menghadapi bahaya, dengan kekuatan utamanya dikerahkan di tempat lain dan hanya sekelompok kecil tentara di kota itu, Zhuge Liang mempunyai cara untuk menahan musuh yang mendekat.

Zhuge Liang memerintahkan semua pintu gerbang kota untuk dibuka dan menginstruksikan tentara menyamar sebagai warga sipil untuk me nyapu jalan sementara dia duduk di platform di atas gerbang dengan dua anak laki-laki mengapitnya. Ia mengenakan raut wajah yang tenang dan dengan memainkan Qin-nya (Qin = kecapi). Ketika Sima Yi tiba dengan tentara Wei, ia terkejut oleh pemandangan di depannya dan memerintahkan mundur setelah mencurigai bahwa ada suatu penyergapan dalam kota. Zhuge Liang kemudian menjelaskan bahwa strateginya adalah sesuatu yang beresiko. Ini dapat berhasil karena Zhuge Liang memiliki reputasi untuk mengambil taktik militer yang hati-hati dan hampir tidak pernah mengambil risiko, sehingga Sima Yi sampai pada kesimpulan bahwa ada suatu penyergapan saat melihat ketenangan Zhuge itu.



nah itu dia beberapa strategi Zhuge Liang yang terkenal. oh ya, ada juga lho surat dari Zhuge Liang buat keponakan nya yang dapat kita jadikan inspirasi dan motivasi kita dalam meraih kesuksesan yang saya dapatkan disini. mau tau? yuk langsung cekidot 


spoiler
Perilaku orang-orang yang memiliki kemampuan dan penuh dengan integritas tergantung pada perasaan paling dalam mereka, termasuk mempunyai ketenangan jiwa serta kemampuan memusatkan dan menyeimbangkan energi seseorang.

Seseorang perlu mengultivasi jiwa dan raga, yang memerlukan seseorang agar memerhatikan prilakunya serta raj in. Jika seseorang tidak memandang nama dan keuntungan duniawi secara ringan, dia tidak akan dapat mengetahui dengan jelas tujuannya.
Jika pikiran seseorang tidak tenang, dia tidak dapat menyadari standar yang luas. Apa yang dipelajari seseorang harus diserap sepenuhnya, dan untuk mengembangkan bakatnya ia harus belajar dengan berjerih payah.


Jika seseorang  tidak belajar dengan tekun, kemampuan dan kebijaksanaannya tidak dapat tumbuh. Jika seseorang tidak jelas akan tujuannya, ia tidak akan da pat mencapainya, bahkan melalui belajar sekalipun.
Jika seseorang  mengejar kenyamanan dan memiliki sikap malas dan ceroboh, dia tidak bisa membangkitkan semangatnya. Jika bersikap sembrono dan pemarah, seseorang tidak dapat menempa wataknya.


Kemudian, seiring masa mudanya berlalu dan keinginannya kian memudar, maka dia akhirnya akan berubah menjadi pribadi yang tidak memperoleh apa pun. Pada akhirnya, seseorang tidak akan berguna bagi masyarakat. Pada saat itulah, tidak akan ada lagi yang ters isa baginya untuk dilakukan, di luar yang tersisa dalam dunianya sendiri yang sempit dan kecil, memikirkan dengan kepedihan apa yang telah hilang. 



spoiler
Surat tersebut merupakan pesan dari Zhuge Liang, seorang pakar perang dan kemiliteran ternama pada masa San Guo (Sam Kok) yang intinya menunjukkan kekuatan manusia agar sukses selamanya. Dengan memaksimalkan kekuatan tersebut, Anda pun akan bisa mencapai sukses yang luar biasa. Berikut adalah beberapa kekuatan dalam surat tersebut.

kekuatan
Kekuatan Keheningan
Intinya, kekuatan ini akan membawa suasana hening yang membantu Anda melakukan introspeksi diri. Sehingga, dalam keheningan tersebut Anda dapat menelusuri apa sebenarnya visi dan misi hidup untuk meraih sukses.


Kekuatan Hidup Hemat

Menurut Zhuge Liang, hidup sederhana membentuk diri menjadi manusia yang lebih bermoral. Untuk sukses, ia menyarankan agar jangan sampai terjebak dalam tumpukan utang.


Kekuatan Membuat Perencanaan

Dalam surat-surat itu, Zhuge Liang menegaskan tentang pentingnya merencanakan hidup. Dengan melakukan perencanaan yang baik, Anda dapat menempatkan prioritas dengan baik untuk mencapai sukses yang diinginkan.


Kekuatan Belajar

Zhuge Liang meyakini bahwa kemampuan manusia bukan berasal dari pembawaan sejak lahir, melainkan merupakan hasil dari pro ses pembelajaran yang dilakukan dengan konsisten. Oleh sebab itu ia menyarankan agar Anda tak pernah berhenti belajar sampai kapan pun.


Kekuatan Nilai Tambah

Inti dari pesan Zhuge Liang di sini adalah agar Anda mau memberikan nilai tambah atau  ekstra terhadap apa yang dibutuhkan orang lain. Sehingga, orang akan senang, merasa tersanjung, dan terpesona. Tak heran jika selanjutnya mereka ingin selalu menjalin hubungan yang baik dan menguntungkan bagi Anda.

Kekuatan Kecepatan

Zhuge Liang menekankan agar sukses orang tak boleh menunda-nunda pekerjaan karena penundaan artinya menghambat usaha mencapai visi dan misi secepat mungkin. Ia menegaskan agar kita menjalankan segala sesuatu dengan efektif dan mempertimbangkan efisiensi waktu.
< /span>

Kekuatan Karakter

Meski harus cepat, namun Zhuge Liang juga memberikan nasihat agar Anda tidak bersikap tergesa-gesa, sebab segala sesuatu memerlukan proses. Proses inilah yang akan membentuk sebuah karakter utuh untuk mencapai sukses yang diinginkan.


Kekuatan Waktu

Zhuge Liang mengingatkan bahwa waktu berlalu sangat cepat. Karena itu,  lakukan manajemen waktu dengan baik, jangan pernah menyia-nyiakan waktu dengan melakukan aktifvitas yang kurang bermanfaat.


Kekuatan Imaginasi 

Zhuge Liang memberikan nasehat supaya berpikir jauh ke depan, agar tidak tertinggal oleh zaman yang terus berkembang. Ia bahkan menekankan bahwa imajinasi tentang masa depan bahkan lebih kuat dari pengetahuan.

Kekuatan Kesederhanaan

Zhuge Liang mencontohkan kekuatan kesederhanaan dengan menuliskan pesan-pesan singkat dan mudah dimengerti dalam suratnya. Ia menuliskan teori sederhana dan tidak muluk-muluk, namun kebijaksanaan hidup tersebut mampu bertahan hingga kini.

Begitulah, pesan Zhuge Liang bertahan hingga melintasi batas zaman. Kini, tinggal bagaimana Anda memaksimalkannya untuk meraih sukses pada bidang yang Anda geluti sekarang.



nah gimana surat yang di buat oleh Zhuge Liang? menginspirasi bukan. kita sebagai generasi muda harus tetap semangat, dan terus berkarya!! jangan lah putus asa jika impian kita gagal. mungkin Tuhan memberikan kita yang terbaik dari apa yang kita impikan.Â

sekian thread ini, jika ada yang kurang dari pembahasan diatas, bisa coret coret di bawah. yang mau request kisah Three Kingdoms yang lain bisa PM 
jangan lupa jika bermanfaat 
SEMANGAT !! 

No comments:
Write comments

Artikel Menarik Lainnya

loading...