Monday, March 12, 2018

Ingin Punya Pekerjaan Sampingan? Pertimbangkan Hal-hal Berikut


Sudah bukan rahasia lagi bagi sebagian orang bahwa terkadang profesi yang dijalani terkadang tidak cukup untuk keperluan sehari-hari, terutama bagi mereka yang telah berumah tangga ataupun sedang punya keinginan yang mendesak dan ingin sekali cepat di wujudkan.

Mencari pekerjaan sampingan menjadi alternatif bagi sebagian orang untuk bisa menambah pundi-pundi penghasilan yang sebelumnya terasa kurang. Berbagai jenis pekerjaan dilakukan orang dalam mengambil pekerjaan sampingan, lalu apakah akan baik-baik saja bila punya pekerjaan sampingan? Mau punya kerja sampingan atau tidak, semuanya adalah pilihan bagus dan memiliki keunggulan dan kelemahan diantaranya. Jika agan dan sista ingin melakukan pekerjaan sampingan baik itu bisnis ataupun pekerjaan lain, sebaiknya pertimbangkan beberapa aspek, apa sajakah itu?



1. Ketersediaan waktu
Ingin punya pekerjaan sampingan? Pertimbangkan hal-hal berikut Gan Sis

Credit : noesaja.files.wordpress.com

Untuk melakukan pekerjaan sampingan pastinya persiapkan waktu yang cukup, jangan sampai waktu yang ada malah mengganggu pekerjaan yang utama dan membuat kacau keduanya. Perlunya mengatur waktu sebaik mungkin antara pekerjaan utama dan pekerjaan sampingan.

Saat kita punya beberapa pekerjaan, mau tak mau harus bisa beradaptasi dengan keadaan, pekerjaan kita menjadi terfokus pada banyak hal dan harus siap dengan multitasking. Selama kita bisa mengatur waktunya sebaik mungkin pasti semua akan baik-baik saja.



2. Kesiapan fisik dan mental
Ingin punya pekerjaan sampingan? Pertimbangkan hal-hal berikut Gan Sis


Credit : teclasap.com.br

Kesiapan fisik dan mental juga harus diperhatikan ketika ingin mempunyai pekerjaan sampingan. Keadaan fisik kita mungkin akan banyak terkuras dengan keadaan, sehingga kita harus bisa menyiapkan fisik yang kuat agar tidak mudah sakit dengan cara menyiapkan waktu istirahat yang cukup, makan-makananan yang bergizi, mengkonsumsi multivitamin dan juga jangan lupa berolahraga.

Selain itu pula memiliki pekerjaan sampingan juga pasti akan menemui kendala atau masalah, maka perlu dipersiapkan pula mental yang baik agar pikiran kita bisa jernih dalam menyelesaikan setiap masalah dan tidak mudah terlarut dalam emosi.



3. Manfaat dari suatu pekerjaan
Ingin punya pekerjaan sampingan? Pertimbangkan hal-hal berikut Gan Sis

Credit : i2-prod.walesonline.co.uk

Jika perlu pertimbangkan pula manfaat dari suatu pekerjaan tersebut apakah bisa berdampak positif kepada kita atau tidak. Dampak positif yang di maksud adalah manfaat dari pekerjaan tersebut, bukan hanya manfaat finansial, tapi juga manfaat-manfaat lainnya seperti mengasah soft skill, menambah keterampilan ataupun manfaat-manfaat lainnya dari pekerjaan tersebut.




4. Prospek ke depan
Ingin punya pekerjaan sampingan? Pertimbangkan hal-hal berikut Gan Sis



Penting juga untuk mempertimbangkan prospek ke depan akan suatu pekerjaan sampingan, terutama pekerjaan sampingannya adalah bisnis. Jika perlu adakan studi kelayakan suatu bisnis mengenai pangsa pasar dan peluang keuntungan dari suatu bisnis serta aspek-aspek lainnya yang berkaitan. Jika pekerjaan sampingannya bukan bisnis, hal yang harus dipertimbangkannya adalah perkembangan dari pekerjaan tersebut kedepannya apakah berdampak positif atau tidak.



Demikian paparan aspek-aspek yang harus di pertimbangkan ketika ingin punya pekerjaan sampingan, pertimbangkan dengan matang agar tidak menyesal di kemudian hari. Ada komentar atau tambahan? Silahkan sampaikan di kolom komentar, Sampai jumpa ditulisan lainnya


Sumber inspirasi :
Ide sendiri dan kehidupan
Sumber 1
Sumber 2
Sumber gambar via google images

No comments:
Write comments

Artikel Menarik Lainnya

loading...