Thursday, March 8, 2018

Operasi Tahi Lalat dengan Sistem Cutter & Biaya

Assalamualaikum, wr.wb
Alasan saya membuat thread ini bukan untuk promosi, pamer atau apapun. Saya hanya berniat untuk berbagi pengalaman, mungkin agan atau sista disini sedang mencari informasi seperti ini.

Alasan saya menghilangkan tahi lalat ini, karena saya merasa ini sudah mengganggu dan untuk estetika juga. Bukannya saya tidak bersyukur atau gimana, tapi jika kalian berada di posisi saya mungkin kalian juga akan mengambil tindakan yang serupa.

Sebelumnya saya mohon maaf, jika terdapat pihak-pihak yang mungkin kurang berkenan.

[Sharing Pengalaman] Oprasi Tahi Lalat dengan Sistem Cutter

"Foto sebelum oprasi"
[Sharing Pengalaman] Oprasi Tahi Lalat dengan Sistem Cutter

Saya memiliki tahi lalat yang cukup besar di dekat hidung bagian kanan, tahi lalat ini bukan bawaan dari lahir *terbukti dari foto TK dan foto waktu awal masuk SD tidak ada tahi lalat sama sekali*, mungkin sekitar kelas 3 SD baru muncul tahi lalat ini, dan hingga saat saya kuliah semester 9 tahi lalatnya udah sebesar ini.

Setelah cari info sana-sini, awalnya saya sempet tertarik dengan menghilangkan tahi lalat di klinik kecantikan, tapi takut ditangani sama dokter yang kurang professional dan akhirnya saya memilih RS. Sardjito dengan pertimbangan di Jogja rumah sakit ini termasuk rumah sakit besar + lengkap.

FYI saya tidak menggunakan ASKES atau BPJS, oprasi ini biayanya saya tanggung sendiri *eh, orang tua ding*. Bukan ditanggung sama pemerintah.


"Cerita Pra Oprasi"
Sekitar awal bulan Juli aku datang ke Sardjito, untuk melakukan pemeriksaan awal. Ternyata, untuk mengilangkan tahi lalat saya, harus dengan tindakan oprasi tidak bisa dengan sistem laser seperti yang selama ini saya perkirakan. Dan untuk oprasinya sendiri harus antri, akhir bulan Juli saya baru mendapatkan jadwal oprasi.

Konsultasi dengan Dokternya diberi penjelasan gimana besok oprasinya, di ukur, difoto, diberi daftar cek laboratorium. Sesi fotonya itu 2X, sama dokternya langsung dan di ruangan semacam studio foto yang ada di poli ini juga.

Untuk yang hasil foto dari dokternya langsung (menggunakan alat semacam kaca pembesar dan camera digital biasa) saya sempat dilihatkan hasilnya, jadi pada tahi lalat saya bagian pinggir-pinggirnya itu berwarna merah meradang, padahal kalo diliat hanya dengan mata warnanya hitam biasa-biasa aja lho.Menurut penjelasan dokternya dari foto ini tahi lalat saya sudah mulai "nakal" dan memang sebaiknya untuk diangkat.

H-1 oprasi saya cek laboratorium di Klinik Pramita, yang diperikasa adalah hematologi rutin, BT, CT, SGOT, SGPT, Glukosa Darah, HBsAG. 


"Cerita Proses Oprasi"
Proses oprasi, pertama wajah saya ditutup dengan kain oprasi, dibersihkan dari make-up, di coret-coret pake spidol, di bius sebanyak 3x suntik. Setalah disuntik area tahi lalat jadi kaku, kebal, kebas, dan tidak berasa apa-apa lagi. Selanjutnya mulai proses cutter yang tidak berasa apa-apa tapi saya bisa dengar seperti suara sesuatu digunting, dijait yang masih tidak terasa apapun, di beri salep atau entah apa pokoknya dingin.

Dan selesai, saya diberi kaca untuk melihat hasilnya, saat itu yang saya liat adalah jahitan panjang di sekitar hidung (kata dokternya 8 jahitan, WOW). Jujur saat itu berasa nyesel karena yang saya lihat adalah jaitan yang panjang banget, tapi apa boleh buat semuanya sudah terjadi. Hasil tahi lalat yang telah diangkat dimasukkan tabung untuk di uji jaringan. 


"Pasca Oprasi"
H+1, saya datang lagi untuk cek pasca oprasi dan ganti verbant, serta menyerahkan hasil lab uji jaringan. Alhamdullillah tahi lalat saya bukan termasuk tahi lalat yang ganas.

H+7, buka jahitan. Setelah jaitannya dibuka keadaannya udah tak separah kaya abis oprasi kemaren, tapi masih kelihatan bekas .

H+14, kembali lagi untuk konsultasi yang terakhir dan diresepkan dermatrik untuk menghilangkan bekas luka. 



"Rincian Biaya Oprasi (hanya oprasinya saja)"

Rincian :
§ Rekonstruksi/bedah flap besar            1.125.000,-
§ biopsy punch wajah                                285.000,-
§ dokter                                                       115.000,-
§ pendaftaran klinik tanpa rujukan         13.000,-
§ Obat (saya lupa, tapi sekitar)                30.000,-
Jadi total biaya oprasi 1.568.000,-



"Rician Biaya Keseluruhan"

Rician total :
·        Pendaftaran dan konsultasi dokter 78.000 x 5           390.000
·        Cek darah di Klinik Paramitha                                       540.000
·        Oprasi                                                                               1.568.000
·        Pemeriksaan jaringan di Patologi UGM                      400.000
·        Ganti Verbant                                                                  29.000
·        Hechting off (buka jahitan)                                           33.000
·        Obat                                                                                  20.800
·        Dermatrix kecil                                                               186.595
Jadi total semuanya adalah 3.167.395,-



"1 Bulan Setelah Oprasi"
[Sharing Pengalaman] Oprasi Tahi Lalat dengan Sistem Cutter
Masih terlihat bekas jahitan



"1,5 Bulan Setelah Oprasi"
[Sharing Pengalaman] Oprasi Tahi Lalat dengan Sistem Cutter
Ini sebenarnya sudah lebih memudar



"Hasil Akhir (foto ini diambil sekitar bulan November)"
[Sharing Pengalaman] Oprasi Tahi Lalat dengan Sistem Cutter
Luka bekas jahitan memang masih ada. Tapi jika tidak diperhatikan dan diliat dari dekat, sudah tidak terlihat.



Semoga bermanfaat, ya. Maaf kalo dalam penyampainnya nggak bagus saya hanya mau berbagi informasi saja.


Sumber  : Pengalaman pribadi

1 comment:
Write comments
  1. Maaf mb mau tanya,tapi kalo misal pake bpjs bisa nda ya?

    ReplyDelete

Artikel Menarik Lainnya

loading...