Thursday, March 8, 2018

Terinspirasi Kuis Uang Kaget, Guru Ini Terapkan di Pendalaman Materi Pelajaran Siswa

Perkembangan dunia pendidikan di Indonesia emang ga bisa lepas dari adanya sistem kurikulum yang dibentuk pemerintah Indonesia. Sudah menjadi rahasia umum nih gan, kalo yang namanya kurikulum di Indonesia sering ada perubahan. Dan kalau kita tarik benang merahnya sih, semua itu emang buat kebaikan pendidikan di Indonesia, bertujuan agar bisa meningkatkan standar dan mutu pendidikan Indonesia. Seiring perkembangan jaman yang makin canggih, peran teknologi pun punya pengaruh untuk mempermudah kita bisa dapetin berbagai sumber buat referensi belajar kita. Udah pada tau belum sih gan, kalau dalam hitungan minggu para siswa sekolah di seluruh Indonesia bakal ngademinujian nasional? Menjelang ujian nasional, tiap sekolah pun pastinya udah mulai sibuk dengan ngelakuin berbagai persiapan, diantaranya dengan ngadain ekstrakurikuler pendalaman materi mata pelajaran yang bakal diuji nantinya. Masih inget ga gan, jaman dulu kita selalu pulang sore karena ada pendalaman materi? Bahkan mungkin agan les privat biar bisa lulus dengan nilai yang memuaskan!

 

Terinspirasi Kuis Uang Kaget, Guru Ini Terapkan di Pendalaman Materi Pelajaran Siswa

Sumber Instagram @andhiiikapratama

Sepertinya ane dan agan sista semua nih udah ngerasain deh dulu ketika masih duduk di bangku sekolah, terkadang berbagai kegiatan persiapan yang dijalanin pun berasakurang mulus. Ada banyak kendalanya gan, mulai dari materi sampe dengan tantangan yang dihadapi oleh para guru agar bisa bikin semangat murid-muridnya agar bisa meningkatkan minat belajarnya. Ini kejadian ga hanya sama pelajar SMU lho gan, tapi juga buat siswa-siswi yang duduk di bangku SMP pun mengalami kesulitan yang sama.


Ditengah sibuknya guru dan siswa ngelakui persiapan menjelang UN, ternyata ada kabar bagus buat para guru dan siswa di seluruh tanah air nih gan! Awalnya ane nemuin postingan dari akun Instagram Andhika Pratama @andhiiikapratama. Lewat foto dan caption yang doi unggah, Andhika ngerasa Salut dengan Ibu Soraya.. dan semoga semakin banyak guru kreatif seperti beliau di luar sana. Sampe akhirnya ane kepo dan cari di google tentang sosok Ibu Soraya, dan akhirnya nemu info dan video dari ibu guru tersebut. Ternyata ibu Soraya ini sosok guru SMP di Jakarta yang punya inovasi, dan sepertinya bisa di aplikasikan buat para guru yang ada di seluruh Indonesia. Coba deh tonton dulu video berikut ini:

 



Meskipun dalam persiapannya ketemu berbagai kendala, beliau pun ga nyerah lho gan!Seorang guru di SMP Pembangunan, Jakarta Timur, ga sengaja menemukan cara inovatif biar bisa merangsang semangat belajar anak didiknya. Guru bernama Soraya Hanum Trisdianto menggunakan kuis yang berasal dari handphone yang digunakan para muridnya sebagai media untuk mendalami materi mata pelajaran.

 

 "Awalnya tak sengaja melihat notifikasi Kuis Kaget Uang Kaget dari UC Browser, lalu iseng saya ikutan. Setelah saya cek, saya merasa pertanyaan di kuis ini mirip dengan soal ujian. Kemudian saya punya ide, untuk menerapkan kuis ini sebagai latihan pendalaman materi untuk murid-murid saya" ujar Soraya yang kerap disapa Miss Aya di sela waktu mengajar di SMP Pembangunan, Jakarta Timur.

 

Agan Sista ada yang tau Uang Kaget ga sih?Setelah ane cari-cari infonya di google, ternyata Kuis Kaget, Uang Kaget ini merupakan kuis yang digagas bersama oleh aplikasi browsing UC Browser dan aplikasi live streaming BIGO Live. Kalau dari keterangan yang ane baca sih kalau kuis ini hadir setiap hari dengan berisi 12 pertanyaan seputar pengetahuan umum dan juga matematika dasar. Ga hanya jawab pertanyaan, kuis ini pun ternyata hadiah yang diberikan pun ga tanggung-tanggung, ada uang tunai sampai dengan 40 juta rupiah tiap harinya. :semangat!

 

Sampe pada akhirnya metode kuis inipun akhirnya diterapkan oleh Miss Ayabiar siswa belajarnya semangat. Kepala Sekolah SMP Pembangunan, Drs. Eko Amrih Widodo, juga menyampaikan pendapatnya nih gan, bahwa metode unik ini cukup berhasil meningkatkan minat belajar para murid, berpatokan dari antusiasme yang terlihat saat pendalaman materi dari hari ke hari.

 

Keren yah gan, semoga dengan adanya kreatifitas dari para tenaga pengajar, diharapkan kegiatan belajar-mengajar di sekolah kini ga lagi membosankan dan malah menjadi suatu hal yang siswa-siswi gemari. Melakukan pendekatan dengan cara yang inovatif dan ga melulu konservatif akan menjadi kunci keberhasilan kegiatan belajar-mengajar yang kondusif ga cuma di sekolah, tapi juga di seluruh lembaga pendidikan yang ada di Indonesia.

Itulah kabar baik buat dunia pendidikan Indonesia gan, terobosan oleh Ibu guru Soraya Hanum Trisdiantoyang melakukan pendalaman materi pelajaran lewat smartphone yang dipake muridnya. Semoga ini bisa ditiru oleh guru-guru lain di Indonesia, biar siswa-siswi lancar belajar dan bisa sukses menempuh UN.


Satu kalimat Buat Adik-Adik yang bakal Menempuh UN,

Tetap Semangat GanSis...!

No comments:
Write comments

Artikel Menarik Lainnya

loading...