Wednesday, April 11, 2018

Hal Yang Harus Dilakukan Agar Indonesia Maju Sebelum 2045

PENDAHULUAN

Syarat Agar Indonesia Maju Sebelum 2045

Indonesia merupakan Negara besar dengan jumlah penduduk paling banyak ke 4 di dunia. Pada trit sebelumnya ane sempat membahas tentang Hal-Hal yang akan terjadi di Indonesia sebelum 2045. Dalam trit tersebut, dikatakan bahwa Indonesia akan masuk 4 besar penguasa ekonomi dunia dan manjadi negara maju sebelum 100 tahun kemerdekaannya (2045). Memang banyak kalangan yang memperkirakan Indonesia akan menjadi penguasa ekonomi dunia dan menjadi negara maju sebelum 2045, mengingat pesatnya pertumbuha Ekonomi di negara kita. Namun tentunya hal tersebut tidak akan menjadi kenyataan jika kita tidak mengelola negara kita ini dengan baik. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi supaya hal tersebut menjadi kenyataan. Jadi, apakah saja syarat agar Indonesia bisa menjadi negara maju sebelum 2045? Cekidot gan

1. Pemerataan Pembangunan Infrastrktur
Syarat Agar Indonesia Maju Sebelum 2045

Sudah menjadi rahasia umum kalau Infrastruktur di Indonesia belum merata. Kebanyakan masih berpusat di Jawa. Indonesia tidak akan menjadi negara maju jika Infrastruktur tidak merata. Bagaimana mau menjalankan roda ekonomi di daerah-daerah, kalau pelabuhan dan jalan saja tidak ada?Bagaimana mau menyediakan pendidikan yang baik, kalau Sekolah saja tidak ada? Bagaimana mau menyediakan kesehatan yang baik, kalau rumah sakit saja tidak ada? Semua komponen yang dapat menjadikan kita negara maju sangat membutuhkan adanya Infrastruktur yang memadai.

Pemerintah sekarang sudah bekerja dengan baik dalam melakukan hal tersebut. Sebut saja pembangunan Jalur Kereta Api Baru di Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Juga pembangunan Jalan Tol Trans Jawa, Trans Sumatra, dll. Bakan ratusan pelabuhan dan 15 bandara juga dibangun agar laut tidak lagi menjadi pemghalang di negara maritim seperti Indonesia ini. Sebagai Negara Kepulauan yang ingin menjadi negara maju, Sudah seharusnya kita menjadikan laut sebagai penghubung, bukan penghambat transportasi.


2. Tingkatkan Produktivitas Kerja
Syarat Agar Indonesia Maju Sebelum 2045

Indonesia memiliki jam kerja yang cukup tinggi dengan 40 jam per minggunya. Hal ini belum diimbangi dengan adanya produktivitas kerja, yang membuat hasil belum maksimal walaupun para pekerja bekerja dengan waktu yang cukup lama. Salah satu hal yang menghambat produktivitas kerja di Indonesia adalah teknologi. Sedikitnya teknologi otomasi di bidang pertanian maupun industri memaksa para pekerja mengerjakan pekerjaan-pekerjaan kasar. Padahal, di zaman sekarang ini semuanya sudah bisa dikerjakan oleh mesin.


3. Manfaatkan Bonus Demografi
Syarat Agar Indonesia Maju Sebelum 2045

Pada tahun 2020-2030, Indonesia akan mengalami bonus demografi. Pada masa ini, penduduk berumur produktif akan berjumlah lebih banyak daripada biasanya. Jika kita mampu memanfaatkan hal tersebut, tentunya akan menggenjot ekonomi supaya bisa lebih baik. Sebaliknya, jika kita tidak mampu memanfaatkannya, bonus demografi bisa menjadi ledakan pengangguran dan justru menambah beban negara di masa depan.


4. Tingkatkan Pendidikan dan kualitas SDM
Syarat Agar Indonesia Maju Sebelum 2045

Dengan penduduk yang mencapai 260 juta dan persentase penduduk produktif yang cukup tinggi, Indonesia punya potensi besar menjadi penguasa perekonomian dunia. Namun, Jika ingin menjadi negara maju, tentunya kita memerlukan SDM berkualitas. Pendidikan di Indonesia masih terbilang buruk. Bahkan posisinya berada di bawah Filipina dan Eithiopia. Populasi yang banyak akan percuma jika kurang terdidik dan kualitas SDM nya kurang baik. Minat baca yang rendah menjadi faktor utama terjadinya hal ini. Yah bisa dilihat sendiri lah gan, betapa mudahnya orang Indon kemakan hoax


5. Menjaga Stabilitas Ekonomi Makro
Syarat Agar Indonesia Maju Sebelum 2045

Pertumuhan ekonomi Indonesia terbilang cukup baik. Dari Negara-Negara G-20, pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di peringkat ke 3. Indonesia diperkirakan akan masuk peringkat ke 7 penguasa ekonomi dunia pada tahun 2030, dan peringkat ke 4 pada tahun 2045. Selama pertumbuhan ekonomi ini terus dijaga, Indonesia bisa menjadi negara maju sebelum 2045.



6. Menjaga Stabilitas Politik dan Keamanan
Syarat Agar Indonesia Maju Sebelum 2045

Stabilitas politik merupakan hal penting dalam menjaga keamanan suatu negara. Tanpa adanya stabilitas politik dan keamanan, sebuah sebuah negara akan kacau. Indonesia bisa saja bubar di 2030 seperti yang dikatakan oleh Prabowo Subianto. Ini tentunya membuat angan-angan Indonesia maju di 2045 hanya akan menjadi mimpi belaka.


PENUTUP

Jadi itu dia gan, syarat-syarat agar Indonesia menjadi negara maju sebelum 2045. Semoga aja bisa dilaksanakan semua dan Indonesia bener-bener jadi Penguasa perekonomian dunia sekaligus jadi negara maju yee gan. Sekian dari ane, terima kasih udah mau mampir ke trit ane yang sederhana ini. Akhir kata, jangan lupa mampir ke trit ane yang lain yee gan...


SUMUR
https://investigasi.tempo.co/189/3-t...-infrastruktur
https://ilmugeografi.com/ilmu-sosial...egara-maju/amp
https://kumparan.com/@kumparannews/j...20-sampai-2030
http://jakartaglobe.id/blogs/on-a-fl...tional-system/
http://indonesianconsume.blogspot.co...indonesia.html
SUMBER

No comments:
Write comments

Artikel Menarik Lainnya

loading...