Tuesday, April 24, 2018

Inovasi-inovasi Produk di Indonesia

Inovasi merupakan salah satu cara perusahaan untuk bisa bertahan hidup dan eksis di pasaran, ragam cara yang mereka lakukan mulai dari inovasi pemasaran hingga inovasi produk. Dalam hal inovasi produk, tak jarang perusahaan merngeluarkan produk-produk baru yang diharapkan bisa menarik perhatian masyarakat untuk membelinya, pada umumnya di masyarakat kita seringkali sangat menyukai produk-produk yang baru dan umumnya antusias dengan produk-produk yang baru apalagi produknya unik. Tidak dulu ataupun sekarang inovasi produk selalu dilakukan, namun apakah inovasi produk benar-benar selalu efektif? jawabannya bisa iya dan bisa juga tidak, hal itu tergantu keberuntungan sebuah produk di pasaran. Banyak sekali inovasi-inovasi produk di negeri ini, apa sajakah itu? berikut paparannya.


1. Air mineral kemasan
Mengulas kembali inovasi-inovasi produk di indonesia, Sukses atau Gagal?
Credit : viva.co.id

Dahulu sebelum air minum dalam kemasan beredar, orang lebih biasa meminum air dengan proses pemasakan dulu, tidak menggunakan air minum dalam kemasan. Dilansir dari tirto.id  Perusahaan yang menjadi pelopor air minuman kemasan adalah Aqua, yang mencetuskan idenya adalah Tirto Utomo warga wonosobo yang bekerja untuk pertamina. Berangkat dari permasalahan kesulitan memberi air minum untuk tamu dari luar negeri, Beliau termotivasi untuk membuat pabrik air minum sendiri di indonesia. Produk Aqua Resmi berdiri dan memulai produksi pada tahun 1973, Nama Awalnya produknya adalah "puritas", Karena tidak familiar dan penyebutannya sulit, maka namanya diganti menjadi Aqua. Pada awalnya air mineral kemasan ini menargetkan pasar pangsa konsumen kelas atas saja sehingga harganya pun cukup mahal, namun akhirnya lama kelamaan pangsa konsumennya pun menjadi umum seiring air bersih layak konsumsi berkurang di kota-kota besar. Sekitar Awal Tahun 2000an Banyak perusahaan yang memproduksi air mineral kemasan sehingga banyak produk air kemasan yang beredar di pasaran, bahkan pada 2015 sendiri produksi air mineral kemasan cukup tinggi hingga mencapai 25 miliar liter. Sangat menakjubkan bukan?

Status Inovasi: Sukses



"Bonus : Sejarah Air Minum dalam Kemasan"
Mengulas kembali inovasi-inovasi produk di indonesia, Sukses atau Gagal?
Credit : tirto.id






2. Minuman Teh Kemasan
Mengulas kembali inovasi-inovasi produk di indonesia, Sukses atau Gagal?
Credit : kompas.com

Dulu sebelum tenar dengan Minuman teh kemasan, orang biasanya menikmati minuman teh dalam kondisi masih panas atau hangat, dan terkadang harus menyeduhnya terlebih dahulu. Namun seiring berkembangnya zaman, muncullah inovasi dari minuman teh, yaitu air teh kemasan dalam bentuk botolan yang praktis dan bisa dibawa kemana-mana. Di indonesia sendiri berdasar data yang diambil dari tirto.id  pelopor dari minuman air teh kemasan adalah Teh botol Sosro yang berdiri sejak tahun 1969 dan telah berdiri puluhan tahun memimpin pasar Minuman teh kemasan hingga kini. Kesuksesan teh botol sosro ini dalam menggaet konsumen tentunya menarik perusahaan-perusahaan lain membuat produk serupa, minuman teh kemasan. Tecatat banyak produk minuman teh kemasan  yang beredar dan dikenal di masyarakat, mulai dari teh pucuk harum, teh gelas, ichi ocha, dan jenis-jenis produk air teh kemasan lainnya. Bukan hanya para produsen dalam negeri saja yang memproduksi, bahkan produsen luar negeri pun tertarik untuk memasarkan minuman teh kemasan di indonesia. Rasa yang enak dan memiliki varian rasa serta kebutuhan masyarakat akan minuman yang tidak sedikit membuat minuman teh kemasan laris manis di negeri ini.

Status Inovasi: Sukses


"Bonus : Data seputar persaingan minuman teh kemasan"
Mengulas kembali inovasi-inovasi produk di indonesia, Sukses atau Gagal?
Credit : tirto.id






3. Nasi Instan
Mengulas kembali inovasi-inovasi produk di indonesia, Sukses atau Gagal?


Credit : travelingyuk.com

Nasi instan pun pada masanya sempat meramaikan aneka produk yang beredar di negeri ini. Awal kehadirannya digadang-gadang sebagai makanan instan yang menjadi alternatif pengganti makanan pokok masyarakat indonesia, produk nasi intan yang pertama kali muncul adalah produk tara nasiku yang dikeluarkan oleh unilever, iklannya pun sering wara-wiri muncul di televisi. Namun sayangnya produk nasi instan ini tak bisa menggaet konsumen untuk terus membeli produknya karena rasa nasi instan sendiri rasanya menurut sebagian orang tak enak, alhasil produk nasi instan tara nasiku hilang di pasaran. Perusahaan garuda food pun pernah mencoba memasarkan produk nasi instan, namun sayangnya nasibnya sama, gagal di pasaran.


Status Inovasi: Gagal






4. Mie instan
Mengulas kembali inovasi-inovasi produk di indonesia, Sukses atau Gagal?
Credit : panduanbpjs.com

Siapa yang tak kenal dengan produk mie instan, keberadaannya kini seakan tak bisa terpisahkan dari masyarakat kita. Mie instan sendiri di indonesia merupakan makanan alternatif pengganti nasi, tak tua ataupun muda pasti banyak yang menyukai mie instan. Dalam perkembangannya mie instan sendiri terkadang menghadirkan inovasi dan ragam rasa atau pun varian. Dalam hal rasa, setiap produsen mie instan di indonesia hampir setiap tahunnya memunculkan rasa-rasa baru yang bisa menarik banyak konsumen. Selain itu juga banyak jenis varian mie instan yang unik, mulai dari mie instan jumbo, mie instan isi dua, mie instan ukuran mini, hingga mie instan kemasan premium. Dilihat dari sepak terjangnya kuliner mie instan ini populer di masyarakat baik dulu maupun sekarang, bahkan inovasi-inovasi yang dilakukan oleh para produsen mie instan sendiri umumnya berhasil menarik hati masyarakat untuk membelinya.


Status Inovasi : Sukses



"Bonus : Data seputar konsumsi mie instan di indonesia"
Mengulas kembali inovasi-inovasi produk di indonesia, Sukses atau Gagal?

Credit : tirto.id








5. Bihun Instan
Mengulas kembali inovasi-inovasi produk di indonesia, Sukses atau Gagal?


Credit : resepkoki.id

Bihun instan ini merupakan produk inovasi lainnya yang beredar di indonesia, beberapa perusahaan mencoba menarik konsumen lewat produk bihun instan. soal popularitas dari bihun instan ini pamornya masih kalah jauh dengan popularitas mie instan. Kalau dari segi penilaian ane sendiri bihun instan rasanya lumayan, hanya saja kalau tidak buru-buru dimakan air rebusannya akan terserap oleh bihun instannya. Sampai saat ini bihun instan masih beredar di masyarakat hanya saja memang agak jarang ditemukan di pasaran.



Status Inovasi: Kurang Sukses




6. Bubur Instan
Mengulas kembali inovasi-inovasi produk di indonesia, Sukses atau  Gagal?

Credit : resepkoki.id
Bukan hanya mie  dan bihun saja yang dibuat produk instan, namun juga bubur pun dibuat menjadi produk instan. Produk bubur instan yang ada di pasaran saat ini adalah produk super bubur dari mayora dan juga buburia yang di produksi oleh perusahaan indofood. Jika melihat dari ketahanan produknya di pasaran, kedua produk ini masih bertahan hingga kini dan cukup mendapat tempat di kalangan konsumen meski memang tak setenar produk mie instan.

Status Inovasi: Cukup Sukses





7. Permen Kopi
Mengulas kembali inovasi-inovasi produk di indonesia, Sukses atau Gagal?


Apa yang terpikirkan saat mendengar kata permen kopi? pastinya mungkin kita akan teringat pada produk permen tertentu. Kopiko merupakan produk inovasi kopi yang berbentuk dalam permen yang diproduksi oleh perusahaan mayora, bukan dalam bentuk minuman serbuk. Keberadaannya mendapat perhatian di masyarakat baik dalam negeri maupun di mancanegara  dan bahkan produsen lain pun membuat produk yang serupa diantaranya permen kopi yang diproduksi oleh kapal api.


Status Inovasi: Sukses




Demikian paparan tentang inovasi produk-produk yang ada di indonesia, tak semua produk inovasi selalu sukses di pasaran, namun juga ada produk yang gagal di pasaran. Agan dan sista punya tanggapan? silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan berikutnya.


SUMBER

No comments:
Write comments

Artikel Menarik Lainnya

loading...