Saturday, June 23, 2018

Apakah Hantu itu Nyata?

Kita hidup di dunia yang rasional, bukan dunia dimana hantu atau setan dan orang mati menghantui mereka yang hidup
Apakah Hantu itu Nyata ? Ini Jawabannya !

Bicara soal hantu/setan, apakah mereka nyata ? kenapa ada orang yang yakin bisa melihatnya ? Yuk tengok penjelasan ilmiah seputar hantu/setan dibawah ini.
Langsung Cekidot !



Ideomotor Effect
Kok bisa Papan Ouija gerak sendiri ? Jelangkung juga gitu ? begini penjelasan ilmiahnya.
Apakah Hantu itu Nyata ? Ini Jawabannya !

Ketika kalian meletakkan jari kalian pada medium (which is Ouija or Jelangkung) dan melihat mediumnya bergerak sendiri, tidak perlu panik atau takut jika hal demikian terjadi, karena secara ilmiah kejadian seperti ini dinamakan Efek Ideomotor.
Ilustrasi
Apakah Hantu itu Nyata ? Ini Jawabannya !

Efek ini terjadi karena ada respon kecil dari alam bawah sadar kita yang menggerakkan otot-otot kecil tubuh kita tanpa kita sadari ketika dihadapkan dengan sebuah pertanyaan (dalam kasus bermain papan Ouija dan Jelangkung).


The Phillips Experiment
Ritual pemanggilan arwah itu betulan ada? berikut penjelasan ilmiahnya.
Apakah Hantu itu Nyata ? Ini Jawabannya !

Pada tahun 1972, sebuah tim yang beranggotakan para psikolog melakukan eksperimen dengan mengumpulkan delapan orang subjek, kemudian tim menceritakan sebuah kisah hidup seorang pria yang sudah meninggal bernama "Philip Aylesford" kepada subjek.
Setelah itu subjek melakukan pemanggilan arwah Philip bersama seorang cenayang yang disewa oleh tim eksperimen. Ritual pun dimulai, setelah menyalakan lilin dan membaca mantra, hal ganjil pun terjadi. Meja tempat mereka melakukan ritual bergerak dengan sendirinya, bahkan sampai melayang diatas kaki mereka. Lampu pun terlihat berkedip dan terdengar suara gaduh yang menandakan kehadiran Philip disitu.
Meja melayang
Apakah Hantu itu Nyata ? Ini Jawabannya !

Berbagai pertanyaan pun dilontarkan kepada Philip dengan pilihan jawaban "ya" dan "tidak".
Setiap pertanyaan dijawab benar sesuai dengan apa yang pernah diceritakan oleh tim eksperimen. Subjek pun yakin kalau mereka berhasil memanggil arwah Philip Aylesford.
Serem gak tuh ? Tapi, setelah eksperimen berakhir, ternyata seorang Philip Aylesford hanyalah tokoh fiksi yang ceritanya dikarang oleh tim eksperimen, artinya si Philip ini tidak ada keberadaannya di dunia ini

Phillip Aylesford
Apakah Hantu itu Nyata ? Ini Jawabannya !

Hal-hal yang terjadi selama pemanggilan arwah hanyalah efek ideomotor dari para subjek, alam bawah sadar subjeklah yang bekerja menghasilkan efek-efek seperti meja yang melayang sampai timbulnya suara-suara aneh. Hasil eksperimen ini kemudian dipublikasikan dan disalin oleh beberapa negara untuk kepentingan ilmiah.


Henry IV Placebo Experiment
Pengusiran setan atau exorcism itu nyata kah ? cek penjelasan ilmiahnya.
Apakah Hantu itu Nyata ? Ini Jawabannya !

Kerasukan setan mungkin menjadi momok yang menyeramkan bagi beberapa kalangan. Kalau kalian pernah nonton film "The Exorcism of Emily Rose" atau "The Exorcism" pasti kalian tidak asing lagi dengan ritual exorcism.
Hal ini ternyata sudah diteliti lebih dulu oleh King Henry IV pada abad 16, ia menyewa beberapa orang untuk melakukan pengusiran setan terhadap seorang wanita yang mengaku dirinya dirasuki setan. Nah orang-orang rekrutan Henry ini disuruh untuk mengaku ke wanita tadi sebagai pendeta untuk melakukan pengusiran setan, si wanita tadi pun percaya.
King Henry IV
Apakah Hantu itu Nyata ? Ini Jawabannya !

Kemudian excosirm pun dilakukan, mereka mengambil air suci dari gereja lalu mengatakan kepada si wanita kalau itu adalah air biasa, ketika dipercikkan ke wajahnya tidak menimbulkan efek apa2. Keadaan dibalik, mereka kemudian mengambil air biasa lalu mengatakan kepada si wanita kalau itu adalah air suci, dan ketika dipercikkan, wanita tadi seperti terbakar dan kesakitan.
King Henry IV placebo experiment
Apakah Hantu itu Nyata ? Ini Jawabannya !

Setelah itu mereka menggunakan potongan besi yang berbentuk Salib dan mengatakan kepada si wanita kalau itu adalah peninggalan Salib dari jaman dulu, ketika ditempelkan di kepalanya, wanita langsung berteriak kesakitan.
Mulustrasi
Apakah Hantu itu Nyata ? Ini Jawabannya !

Tidak cukup sampai disitu, mereka juga membaca sebuah buku dalam bahasa latin, dan berpura-pura kalau itu adalah Alkitab, si wanita merasa ketakutan ketika mendengarnya, padahal itu hanyalah Virgils Aeneid (buku yang isinya puisi2 roman epic). Apa yang terjadi dengan wanita itu karena pengaruh pikirannya saja.
Virgils aeneid
Apakah Hantu itu Nyata ? Ini Jawabannya !


The Forer Effect
Kalau ramalan-ramalan zodiak itu gimana ? begini penjelasan ilmiahnya.
Apakah Hantu itu Nyata ? Ini Jawabannya !

Seorang pria bernama Michel Gauquelin pernah membuat iklan untuk menawarkan ramalan gratis berdasarkan horoskop orang hanya dengan satu syarat yaitu memberikan tanggal lahir mereka. Hasilnya, 94% orang yang mendaftar mengatakan bahwa ramalan Gauquelin benar-benar terjadi.
Michel Gauquelin
Apakah Hantu itu Nyata ? Ini Jawabannya !

Anehnya, ternyata Gauquelin memberikan ramalan yang sama terhadap setiap orang. Ia hanya mengubah beberapa kata-kata saja sehingga terdengar berbeda namun maknanya tetap sama

Forer Effect
Apakah Hantu itu Nyata ? Ini Jawabannya !

Inilah yang dinamakan efek Forer, yang merupakan suatu fenomena psikologis ketika seseorang menganggap akurat deskripsi mengenai diri mereka yang seolah dibuat khusus untuk mereka, padahal deskripsi itu sebenarnya sangat umum sehingga dapat berlaku untuk banyak orang.
Efek ini ditemukan oleh Bertram R. Forer, orang yang melakukan eskperimen serupa dengan Gauquelin.
Bertram R. Forer
Apakah Hantu itu Nyata ? Ini Jawabannya !



The Feeling of Presence Experiment
Kalian gak bisa lihat hantu, cuman bisa ngerasain doang ? ini penjelasan ilmiahnya.
Apakah Hantu itu Nyata ? Ini Jawabannya !

Sekelompok ilmuwan melakukan sebuah eksperimen yang cukup unik, mereka menempatkan para subjek untuk berdiri diantara dua robot (depan dan belakang), kemudian mata mereka ditutup. Jari dari para subjek ini tersambung dengan robot di bagian belakang mereka, jadi kalau misalnya si subjek menggerakkan jarinya ke punggung robot didepannya, robot di belakang juga melakukan hal yang sama terhadap si subjek.
the feeling of presence experiment
Apakah Hantu itu Nyata ? Ini Jawabannya !

Awalnya semua berjalan biasa-biasa saja, subjek mengetuk jarinya ke punggung robot didepan dan merasakan jari robot yang ada dibelakang juga mengetuk punggung mereka. Namun hal yang cukup aneh terjadi ketika peneliti memberikan delay setengah detik pada robot untuk menyalin gerakan yang dilakukan si subjek. Subjek mulai merasa ada kehadiran sesuatu yang aneh di belakang mereka dan merasa dikelilingi sesuatu, beberapa subjek merasa ketakutan dan keluar dari ruangan.
the feeling of presence experiment-2
Apakah Hantu itu Nyata ? Ini Jawabannya !

Para peneliti menyimpulkan bahwa orang-orang kehilangan kemampuan untuk kehilangan melacak hubungan antara pikiran dan gerakan mereka, hal ini membuat mereka merasa seperti ada kehadiran seseorang di dalam ruangan.


The Target Identification Experiment
Apakah cenayang benar-benar bisa melakukan perjalanan astral ? ternyata ini penjelasan ilmiahnya.
Apakah Hantu itu Nyata ? Ini Jawabannya !

Eksperimen ini bertujuan untuk menjawab apakah seseorang yang bisa keluar dari tubuhnya dan berjalan di dunia roh benar-benar terjadi (seperti insidious) ataukah hanya imajinasi mereka saja.

Sekelompok peneliti menulis pesan di kartu dan meletakkannya di ventilasi kamar rumah sakit. Kemudian, setiap kali seorang pasien meninggalkan ruangan, peneliti memastikan apakah pasien mempunyai kemampuan untuk keluar dari tubuhnya atau tidak. Jika mereka bisa keluar dari tubuhnya, mereka diminta untuk menemukan surat yang disembunyikan peneliti.
Mulustrasi
Apakah Hantu itu Nyata ? Ini Jawabannya !

Terdapat 3 pasien yang memiliki kemampuan seperti itu, namun hasilnya nihil, tidak ada yang berhasil menemukan surat tersebut. Merasa belum puas dengan hasil eksperimen, mereka mengambil subjek seorang cenayang yang benar-benar memiliki kekuatan untuk melakukan "perjalanan astral". Tim menghubungkan subjek dengan mesin yang mempelajari aktivitas otaknya pada saat melakukan perjalanan astral.
Mulustrasi
Apakah Hantu itu Nyata ? Ini Jawabannya !

Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut, subjek benar-benar melihat dirinya keluar dari tubuhnya , tetapi itu bukanlah perjalanan astral melainkan kemampuan otaknya untuk berhalusinasi sebebas-bebasnya.


The Grieving Widows
Mengapa ada orang yang bisa melihat hantu ? berikut penjelasan ilmiahnya.
Apakah Hantu itu Nyata ? Ini Jawabannya !

Menurut sebuah eksperimen yang dilakukan oleh para psikolog, 50% janda mengalami halusinasi melihat pasangan mereka yang telah meninggal karena dipicu oleh stress yang mendalam dan sikap tertutup terhadap lingkungan sekitar. Dari hasil yang didapat, psikolog berpikir itulah alasan sebenarnya mengapa orang-orang dapat melihat hantu, sebenarnya bukan hantu, hanya saja stress dan terisolasi dari lingkungan yang dapat memicu halusinasi.


There are no ghost in this world. Save those we make for ourselves
-Sherlock Holmes-

No comments:
Write comments

Artikel Menarik Lainnya

loading...