Panduan Karir: Karena perkembangan pesat dari
internet, diperkirakan bahwa sekitar 70% dari para pencari kerja saat
ini menggunakan web untuk mencari pekerjaan. Selain itu, karena
informasi yang tersedia yang luas dan kemudahan akses yang menawarkan
internet, berburu pekerjaan online diharapkan untuk menjadi lebih luas.
Faktanya Anda membaca ini, berarti Anda harus
mempertimbangkan melamar untuk posisi baru melalui internet. Meskipun
jelas lebih cepat dan lebih mudah daripada standar "offline" metode
aplikasi, ada beberapa petunjuk yang masih perlu diikuti. Sebagai
contoh, banyak mempekerjakan manajer mengeluh tentang kesalahan ejaan
dan tata bahasa pada surat lamaran dan resume yang diterima melalui
Internet, dan juga para pencari kerja mengajukan kembali permohonan
untuk posisi yang sama berkali-kali.
Di bawah ini Anda akan menemukan panduan sederhana,
disatukan dengan bantuan Hiring HR manajer dan profesional, untuk
membantu Anda mencapai yang paling sukses melamar pekerjaan melalui
internet.
Sertakan surat lamaran
Jangan lupa untuk mengucap salam.
Seorang manajer HRD biasanya harus melihat banyak
resume untuk setiap posisi yang diiklankan, karena itu menulis singkat
dan tepat surat lamaran yang menyoroti keahlian Anda kemungkinan akan
mendapatkan perhatian lebih lanjut. Seperti aplikasi offline, jangan
lupa untuk mengikutsertakan salam seperti "Yth Bpk/Ibu” atau “Dear Sir /
Madam" dan penutup seperti "Hormat kami". juga secara menyeluruh
memeriksa ejaan dan tata bahasa.
Resume adalah kesan pertama.
Meskipun hal ini mungkin terdengar jelas, dan sedikit
sekali orang yang akan melamar pekerjaan "off-line" dengan keluar
termasuk resume, itu menakjubkan kemudian jumlah orang yang
melakukannya ketika menerapkan "on-line". Persis sama berlaku untuk
buruk resume tertulis atau tidak lengkap – mayoritas tidak akan pernah
bisa melewati tombol hapus!
Karena sifat internet, Anda tidak pernah bisa
menjamin apa yang Anda kirimkan akan dilihat sebagai yang Anda inginkan
– setiap orang memiliki pengaturan yang berbeda dan banyak perusahaan
memiliki kebijakan yang membuat semua komunikasi internet sebagai teks
biasa. Oleh karena itu selalu menggunakan tata letak yang sangat
sederhana, tanpa atau sesedikit mungkin format. Tetap cukup singkat
(tidak lebih dari dua halaman), yang jelas dan tepat. Dan seperti surat
pengantar, selalu periksa ejaan dan tata bahasa yang sangat hati-hati
sebelum pengiriman.
Resume dalam bahasa Inggris dan Indonesia
Secara umum, resume Anda akan ditinjau oleh
sekurang-kurangnya dua departemen yang berbeda dalam perusahaan yang
Anda lamar ke: departemen Sumber Daya Manusia dan manajer departemen
yang benar-benar menyewa. Selain itu hampir semua posisi yang terdaftar
di situs lowongan kerja mengharuskan memakai bahasa Indonesia dan
kemampuan bahasa Inggris, sehingga Anda bisa berharap ada untuk menjadi
pembicara asli Indonesia dan bahasa Inggris terlibat dalam proses
perekrutan. Dengan menyediakan resume Anda dalam dua bahasa, Anda akan
memastikan bahwa semua orang yang terlibat dapat sepenuhnya memahami
keterampilan dan pengalaman Anda.
Terapkan sekali, dan hanya sekali
Sekali Anda telah melamar pada posisi yang Anda
minati, umumnya tidak perlu mengirim ulang resume Anda. Jika ada posisi
lain di perusahaan yang sama yang Anda minati, itu mungkin cocok
mengirim ulang resume Anda, namun yang berlaku untuk perusahaan yang
sama berulang kali (baik untuk posisi yang sama atau berbeda posisi)
tidak menampilkan kesan yang baik anda ke mempekerjakan manajer, dan
dapat benar-benar memiliki efek berlawanan dan mengakibatkan semua
aplikasi anda diabaikan.
Lamarlah posisi yang sesuai untuk Anda
Karena cepat dan mudah proses aplikasi pekerjaan
online sekarang, itu mungkin tergoda untuk melamar posisi sebanyak
mungkin dengan harapan bahwa sekali dayung dua pulau terlampau.
Walaupun hal ini mungkin tampak masuk akal, harus diingat bahwa pada
umumnya semua aplikasi untuk sebuah perusahaan pergi ke satu orang, yang
kemudian mendistribusikan resume Anda ke orang yang tepat. Dengan
menerapkan dan tidak cocok untuk beberapa posisi, hasil yang paling
mungkin adalah bahwa perekrut / HR dept. akan menganggap Anda tidak
serius dan dimasukkan ke dalam "daftar hitam" mereka, karena itu
mengabaikan resume Anda bahkan jika Anda kemudian mengajukan permohonan
untuk posisi yang Anda anggap paling cocok.
Periksa ulang semua berkas lamaran
Seperti disebutkan sebelumnya, selalu periksa surat
lamaran Anda dan melanjutkan untuk kesalahan ejaan dan tata bahasa.
Pastikan keahlian dan pengalaman sesuai dengan persyaratan pekerjaan
dan juga bahwa Anda telah memasukkan nama Anda dan rincian kontak di
mana mereka dapat dengan mudah dilihat.
Dan akhirnya ….
Sementara mengikuti saran di atas tidak dapat
menjamin kesuksesan Anda, harus jelas memastikan anda akan
dipertimbangkan oleh perusahaan yang Anda terapkan. Harap juga diingat
bahwa semua aplikasi langsung ke perusahaan dan setiap pertanyaan atau
pertanyaan tentang posisi yang terdaftar di situs lowongan kerja harus
diarahkan kepada perusahaan yang bersangkutan, melalui kontak di bagian
bawah setiap deskripsi pekerjaan.
No comments:
Write comments