Thursday, February 15, 2018

Punya Masalah, Tapi kok Gak Mau Curhat? Ini Alasannya

Ketemu lagi dengan frontalbaby yang siap menyajikan thread yang (mudah-mudahan) menarik dan bermanfaat buat agan-sista semua. Thread ini dijamin no repost dan no copas karena asli dibuat oleh ane sendiri berdasarkan pemikiran dan pengamatan ane.

Punya Masalah, Ta   pi kok Gak Mau Curhat? Ini Alasannya

Setiap orang yang terlahir ke dunia pasti pernah mengalami berbagai permasalahan. Rata-rata orang akan menceritakan permasalahannya tersebut untuk mendapatkan solusi atau sekadar melegakan pikiran dan perasaannya. Namun, ada saat-saat orang memilih untuk tidak menceritakan masalahnya kepada orang lain, bahkan ketika masalahnya itu sangat rumit dan membebani hari-harinya.

Apa aja sih, yang bikin seseorang menolak curhat saat punya masalah?

Yuks, simak thread ane


Quote:
Quote:
1. Belum Menemukan Orang yang Tepat

Belum ada yang bisa dicurhatin
Punya Masalah, Tapi kok Gak Mau Curhat? Ini Alasannya
Banyak orang yang memendam masalahnya sendiri bukan karena tidak butuh curhat, melainkan belum menemukan orang yang tepat untuk berbagi masalah. Mungkin orang-orang yang selama ini berada di sekitarnya masih belum cukup bisa dipercaya untuk bisa menjadi teman berbagi cerita.


Quote:
Quote:
2. Takut Disalahkan

Malah disalahin
Punya Masalah, Tapi kok Gak Mau Curhat? Ini Alasannya
Ada juga orang yang memilih tidak curhat karena takut akan disalahkan. Niatnya curhat pasti biar lega dan bisa dapet solusi, lah ini malah disalah-salahin. Walaupun mungkin emang kenyataannya dia yang salah, tapi menyalahkan (apalagi dengan kata-kata yang tidak enak) tidak akan menyelesaikan masalah. Punya pengalaman seperti itu pasti bikin orang jadi males curhat lagi.


Quote:
Quote:
3. Malas Dinasehati

Enggak pengen dinasehati
Punya Masalah, Tapi kok Gak Mau Curhat? Ini Alasannya
Sebagian orang curhat hanya untuk berbagi pengalaman, berbagi beban pikiran, atau sekadar ingin didengarkan. Bukan ingin dinasehati atau mendapatkan wejangan ini-itu. Karenanya ketimbang jadi dinasehati setelah curhat, orang-orang seperti ini memilih tidak usah curhat sekalian.


Quote:
Quote:
4. Takut Menjadi Beban Orang Terdekat

Biar gak ngebebanin orang lain
Punya Masalah, Tapi kok Gak Mau Curhat? Ini Alasannya
Rata-rata orang hanya curhat dengan orang-orang terdekatnya saja. Namun, bagi orang-orang yang terlalu mencintai orang terdekatnya, bisa jadi mereka khawatir curhatan tersebut akan membebani sang orang tercinta. Akibatnya, mereka memilih menyembunyikan masalahnya sendiri agar tidak menjadi beban.


Quote:
Quote:
5. Terlalu Rumit

Bingung mau mulai curhat dari mana
Punya Mas   alah, Tapi kok Gak Mau Curhat? Ini Alasannya
Terkadang masalah yang dihadapi seseorang sangat rumit sehingga membuatnya bingung bagaimana harus menjelaskannya. Bahkan untuk memulainya pun tidak tahu harus dari mana. Akhirnya masalah itu pun cukup dipendam sendiri, tak pernah diceritakan.


Quote:
Quote:
6. Tidak Ingin Terlihat Buruk/Lemah

I"m happy
Punya Masalah, Tapi kok Gak Mau Curhat? Ini Alasannya
Hidup itu tidak ada yang sempurna. Pasti akan ada masalah yang harus dihadapi setiap orang dalam hidupnya. Namun, beberapa orang menganggap masalah dapat membuatnya tampak buruk. Sehingga ia menutupi masalahnya tersebut agar selalu terlihat baik. Yah, semac am pencitraan agar kehidupannya selalu terlihat bahagia dan baik-baik saja, padahal mah... Sebagian lagi menganggap menceritakan masalah kepada orang lain membuat mereka tampak lemah, cengeng, atau tukang bikin drama. Jadi, biar selalu terlihat kuat dan tegar, mereka menolak menceritakan masalahnya.


Quote:
Quote:
7. Tak Ingin Membongkar Aib Orang Terdekat

"Melindungi" orang terdekat
Punya Masalah, Tapi kok Gak Mau Curhat? Ini Alasannya
Banyak orang yang memiliki masalah dengan orang-orang terdekat dalam hidupnya, misalnya pasangan, sahabat dekat, saudara, atau orang tua. Tapi, jika men ceritakan masalah tersebut kepada orang lain, tentu saja orang lain itu jadi mengetahui bahwa orang terdekatnya ternyata memiliki "kekurangan" atau aib. Akhirnya, demi menutupi aib orang terdekat, mereka memilih tak menceritakan masalahnya.


Quote:
Quote:
8. Masalah Sepele

Halah, masalah kecil!
Punya Masalah, Tapi kok Gak Mau Curhat? Ini Alasannya
Ada juga yang menolak curhat soal masalahnya karena menganggap masalah tersebut sangat sepele. Kesannya malah jadi lebay kalo masalah sekecil itu saja diceritakan pada orang lain. Bener juga sih, kalo masalah kecil mending selesaikan aja langsung. Nanti kalo udah beres, baru cerita buat berbagi pengalaman.


Quote:
Quote:
9. Khawatir Di-bully
Hahahahaaa
Punya Masalah, Tapi kok Gak Mau Curhat? Ini Alasannya
Sering nih, ada orang curhat, bukannya dikasih solusi, malah diketawain dan jadi bahan bercandaan. Akibatnya, orang tersebut jadi malas untuk curhat lagi karena khawatir mendapatkan perlakuan buruk yang sama.


Begitulah kira-kira alasan orang menolak curhat saat memiliki masalah dalam kehidupannya. Tentu saja ini hanya menurut pantauan ane yah .
Kalo agan-sista, biasanya memilih enggak curhat saat ada masalah karena apa sih?

Sedikit saran, kalo mau curhat, pastikan curhatan agan-sista gak nyebelin biar gak bikin orang lain memperlakukan kalian dengan enggak baik. Misalnya nih, seorang cewek curhat, ngerasa stres karena diteror mulu oleh istri pacarnya, terus minta solusi. Ya itu sih sadar diri aja, emang dari awal udah salah pacaran sama suami orang . Atau curhat setelah mendapat masalah, padahal dulu pernah diperingatkan untuk tidak melakukan sesuatu yang bisa menimbulkan masalah itu. Pasti bikin kesel buat yang dicurhatin. Kasus lainnya, curhat masalah yang sama berulang-ulang. Jelas aja orang lain bosen dengernya, bosen ngasih solusi lagi..

Segitu dulu deh t hread ane. Terima kasih buat agan-sista semua yang udah mampir buat baca, komen, dan rate thread ane. Buat yang mau kirim cendol juga boleh banget loh

Mohon maaf kalo ada kata-kata yang kurang berkenan di hati agan-sista .

See you on my next thread


Sumber gambar: Google

No comments:
Write comments

Artikel Menarik Lainnya

loading...