Tuesday, March 20, 2018

Anak Rantau Jangan Galau

Lika-Liku Anak Rantau

Ditulis Oleh : Ace Sudrajat a.k.a Misterhunter

Lika-Liku Anak Rantau

Misterhunter yakin diantara teman-teman ada yang bekerja/kuliah jauh dari keluarga, istilahnya "MERANTAU"
Tenang aja ane pun anak rantau kok, walaupun sekarang mencloknya masih deket-deket kampung halaman, tapi hampir 8 tahunan dulu ane merantau.

Biar agan gak galau jadi anak rantau ane akan bahas lika-liku dan perjuangan kita sebagai anak rantau
Yuk meluncur ke bawah...

CEKIDOT!

Lika-Liku Anak Rantau

#LIKA-LIKU 1#

JAUH DARI KELUARGA


Lika-Liku Anak Rantau


Sedih dan berat rasanya saat pertama kali harus meninggalkan keluarga untuk waktu yang lama

apalagi buat agan yang merantau di luar pulau, kadang-kadang kita hanya bisa pulang saat lebaran, bahkan ada yang 2 tahun sekali baru bisa pulang.

Disinilah kita baru merasakan arti keluarga yang sesungguhnya, yang dulu sebel kalau diomelin emak saat merantau semua itu jadi hal yang paling dirindukan.

Awal-awal mungkin kita merasa bebas, tapi beberapa waktu setelahnya barulah kita merasakan perbedaannya.

Lika-Liku Anak Rantau

#LIKA-LIKU 2#

BERTANGGUNG JAWAB PADA DIRI SENDIRI



Lika-Liku Anak Rantau


Saat dekat dirumah kita diatur oleh keluarga kita, kapan harus bangun, makan sudah tersedia, baju dicuciin uang bensin tinggal minta dan sebagainya.

Di perantauan hal itu tidak berlaku, kita harus menata dan mengatur hidup kita sendiri

Tanggung jawab sepenuhnya di tangan kita, makan harus beli, baju cuci sendiri. Bahkan sekarang kita yang bertanggung jawab pada keluarga, mungkin di rumah ada adik yang menunggu kiriman uang dari kita.

Lika-Liku Anak Rantau

#LIKA-LIKU 3#

MERASAKAN SUSAHNYA CARI UANG


Lika-Liku Anak Rantau


Saya masih ingat omelan ibu saya pas nakal disekolah "Kamu belajar yang bener! ibu sama bapak uda susah cari uang buat sekolah kamu..."

dulu kalimat itu gak begitu berbekas di hati, tapi saat saya merantau kalimat itu berubah jadi sangat dalam

"Oooh... begini susahnya cari uang"


Buat agan yang masih sekolah ayo sekolahnya jangan mabal  ke warnet mulu! ini serius loh, gak semua orang bisa beruntung jadi gamer dan youtuber kaya Reza arap... jadi ayo biasakan teratur dari sekarang!

Lika-Liku Anak Rantau

#LIKA-LIKU 4#

SENDIRIAN SAAT SAKIT


Lika-Liku Anak Rantau


Yang namanya manusia tidak akan selalu sehat, tapi sakit di kampung orang dan jauh dari keluarga itu rasanya dobel

Kang-kadang kita harus berbohong bilang sehat ke keluarga karena gak mau mereka khawatir

Laki-laki itu gak boleh cengeng, kalo sakit di perantauan kita ke dokter sendiri minum obat sendiri, makan sendiri

Lika-Liku Anak Rantau
#LIKA-LIKU 5#
HARUS PINTAR MENJAGA SIKAP

Lika-Liku Anak Rantau

Kita boleh urakan di kampung sendiri tapi jangan di kampung orang
Attitude / Sikap yang baik akan membawa kita pada hal yang baik juga
Bukan hanya akan dinilai buruk, sikap yang buruk juga akan membuat kita susah dapat teman

Lika-Liku Anak Rantau

#LIKA-LIKU 6#
MENEMUKAN TEMAN SEPERJUANGAN



Lika-Liku Anak Rantau


Kadang sahabat sejati itu kita temukan di perantauan
Di tempat baru kita akan bertemu dengan banyak orang baru, dan salah satunya mungkin akan menjadi sahabat sejati agan seumur hidup
Saat merantau sifat asli orang akan keliatan gan, mana yang sabar dan yang tidak, mana yang kalem dan yang galak dll

Lika-Liku Anak Rantau
Begitulah lika-liku merantau, setidaknya yang sudah misterhunter alami sendiri
buat agan-agan yang punya pengalaman yang sama yuk ceritain di komentar biar bisa sharing sama-sama
sekalian buat penyemangat bagi agan-agan yang akan merantau

NUHUN


PENGALAMAN YANG LAIN

Original Posted By Yggdrasilmaniac
Gua waktu magang merantau gan, tp ga pernah sakit walaupun kegiatannya seabrek dari pagi ampe sore (pas bulan puasa lagi). Tips nya olahraga tiap hari, jadi gua pulang dr tempat proyek sebelum mandi olahraga dulu, stretching2, push up, sit up. Terus gua waktu disana kalo kemana2 jalan kaki walau jaraknya lumayan jauh (ketempat proyeknya dr kosan sekitar 3 km, beli makan juga 1 - 2 km, ngambil duit 1 km. Jadinya sehat terus


Original Posted By heru.kk07
ane juga pernah ngalamin, jadi lebih dewasa di tanah rantau demi kelngsungan hidup disana.
kangen ada yang masakin kalau drantau sendirian gak ada keluarga, meskipun banyak warteg, warsun bahakan maskan padang tapi tetap masakan rumah yang terbaik


Original Posted By gh0st1st
Lika Liku yg bener menurut gw
Kumpulin duit buat yg di rumah susah
Kalo gak habis buat pribadi


Original Posted By FIRMANZIE
ane merantau dari 2004 di ibukota...
mulai dari kuliah terus pengangguran dan diterima kerja...

kalo gw pribadi, yg bikin kangen itu masakan nyokap... dulu sering bgt minta dikirim rendang buatan nyokap...
untung sekarang nyokap udah gw ajak tinggal bareng gw di Jakarta, jadi bisa mengabdi terus..


Original Posted By 7star
Gw merantau sejak mulai kuliah, setelah wisuda merantau ke Ibu Kota untuk cari kerja, dan akhirnya gw jadi warga Ibu Kota, masalahnya sejak 2009 karena pekerjaan, gw harus merantau lagi

dulu pas kuliah merantau meninggalkan orang tua, ga begitu berat menurut gw, hanya masalah keuangan aja masalahnya, setelah kerja dan berkeluarga, merantau rasanya lebih berat, masalah keuangan udah ga masalah, tapi meninggalkan anak dan istri itu berat sekali rasanya, terkadang uang ga dipikirin lagi, kalau lagi pengen pulang, biaya mahal ga jadi masalah

Kalau sakit ya pernah 2 kali, pas kuliah sekali, pas udah kerja sekali, bedanya pas masih kuliah, pas sakit ya langsung pulang, karena ga punya biaya buat berobat, sedangkan pas udah kerja, sakit ya di urus sendiri, berobat sendiri


diesper4d0
jaman kuliah ngerantau , kerja jg ngerantau ... malahan sekarang tempat rantauan jd tempat tinggal tetap neh

kl pulang ke koa asal yg rasanya kek ngerantau sekarang


DATA PENULIS
EMAIL
acesudrajat1@gmail.com

INSTAGRAM
@acedesignbdg

No comments:
Write comments

Artikel Menarik Lainnya

loading...