Friday, April 13, 2018

Manfaat Besar Buah Alpukat

Meski Tak Sebesar Hulk The Avengers, Si Hijau Alpukat Ini Mempunyai Manfaat Yang Besar Loh Gan?


Manfaat Besar dari


Siapa yang tak suka dengan jus alpukat? Rasa alpukat yang berlemak ditambah manis dan lezatnya susu membuat jus alpukat menjadi kegemaran banyak orang. Anda pasti tahu bahwa alpukat mengandung banyak sekali nilai gizi yang baik bagi kesehatan, namun tahukah Anda sekaya apa nilai gizi alpukat? Buah hijau ini mengandung lebih dari 12 vitamin , 11 mineral, protein, serat dan kaFndungan lainnya yang sangat baik bagi kesehatan. Manfaat besar alpukat bagi kesehatan memang sudah tak diragukan lagi. 

Vitamin yang terdapat dalam si buah hijau ini adalah vitamin A, C, D, E, K, B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan B12 serta kandungan mineral berupa kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, sodium, zinc dan selenium. Dengan kandungan sekaya itu, apa saja manfaat buah ini bagi kesehatan?
 

1. Menjaga kesehatan jantung
 
Asam folat (Vitamin B9), vitamin B6, vitamin E dan asam lemak tak jenuh tunggal yang terkandung dalam alpukat sangat baik bagi kesehatan jantung. Penyakit jantung yang disebabkan kolesterol jahat (LDL) dan plak pada pembuluh darah atau dinding jantung dapat dicegah dengan konsumsi buah alpukat yang dapat menurunkan kadar LDL dalam darah dn meningkatkan kadar HDL (lemak baik).

 

2. Baik bagi kesehatan mata
 
Alpukat mengandung beragam karotenoid seperti beta-karoten, alfa-karoten,lutein, neoxanthinzeaxanthinbeta-cryptoxanthin dan phytonutrient yang lain yang jarang kita dengar namanya. Makanan yang kaya akan karotenoid menyumbangkan banyak vitamin A yang dibutuhkan tubuh terutama mata. Manfaat besar alpukat bagi kesehatan mata mungkin tak banyak diketahui, namun buah ini pada kenyataannya mengandung sumber vitamin A yang sangat penting bagi kesehatan mata. Mengkonsumsi buah yang kaya lutein dapat mengurangi resiko penurunan fungsi makula pada mata lansia.

 

3. Baik bagi penderita diabetes
 
Penderita diabetes harus sangat memperhatikan asupan makanannya karena pola diet yang salah dapat memicu peningkatan kadar gula darah dan memperburuk diabetes. Memasukkan alpukat dalam diet penderita diabetes sangat dianjurkan karena alpukat mengandung serat, karbohidrat dan lemak monosaturated yang mengandung oleat dimana oleat ini berfungsi untuk membantu mengendalikan diabetes dengan menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Alpukat juga mengandung lemak baik (HDL) yang melindungi kerusakan sel dari radikal bebas.

 

4. Menjaga kecantikan kulit
 
Kandungan anti oksidan tinggi sangat baik bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Antioksidan yang terdapat dalam buah alpukat dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.  Selain itu, kandungan lemak sehat dan Vitamin E yang tinggi juga membantu memelihara elastisitas kulit sehingga kulit akan terlihat kencang lebih lama. Selain dikonsumsi, manfaat besar alpukat bagi kesehatankulit juga dapat dipeoleh dengan cara memakai alpukat sebagai masker.

 

5. Menjaga kesehatan janin
 
Bukan rahasia lagi jika alpukat sangat baik bagi ibu hamil.  Asam folat yang terkandung dalam alpukat dapat mencegah cacat otak pada janin dan mencegah pre-ekalmsia. Alpukat juga kaya akan kalsium, vitamin C, vitamin E yang sangat dibutuhkan seorang ibu hamil. Rajin mengkonsumsi alpukat tanpa tambahan gula dan susu adalah cara mengkonsumsi alpukat yang disarankan bagi ibu hamil agar memperoleh manfaat besar alpukat bagi kesehatan ibu dan janin secara sempurna karena memakan alpukat dengan di jus dapat mengurangi nilai kandungan gizinya.

 
Demikianlah manfaat besar alpukat bagi kesehatan yang akan Anda dapatkan jika rajin mengkonsumsi buah hijau ini.

Jangan lupa minum jus Alpukat ya gan, biar sekuat Hulk The Avengers


No comments:
Write comments

Artikel Menarik Lainnya

loading...