Udah pada tau dong kalo beberapa tahun belakangan kita digemparkan sama munculnya girlband-girlband buatan Indonesia. Bisa jadi ini berimbas dari hebohnya K-pop asal Korea yang nyipratin Indonesia. Seolah gak mau kalah, industri musik di Indonesia juga nyiptain yang grup cewek dengan koreografi dan bergaya Korea.
Namun, seiring berjalannya waktu, sedikit demi sedikit girlband ini mulai lenyap ditelan bumi. Ada yang ngumumin permbubarannya, ada girlband yang kehilangan satu per satu anggotanya karena mereka lebih memilih solo karir, sampe ada yang sepi job yang akhirnya tuh girlband ilang aja dari peredarannya.
Nah, kira-kira kenapa girlband seperti ini seolah ilang aja gitu ya gan? Yuk cekidot beberapa di antaranya berikut ini:
Quote:
1. Kualitas nanggung
Udah gak bisa diboongi kalo saat ini tuh gak mudah bikin musik, khususnya di Indonesia. Kalo cuman modal tampang doang sih, susah ya. Apalagi kalo mau dibandingin sama K-pop (karena orang Indonesia suka ngebandingin). Di sana tuh, gak cuman punya tampang yang oke aja, tapi juga punya koreografi yang aduhai, ditambah musik yang bener-bener niat.
Quote:
2. Gak ada karakter
Kalo mau bikin sesuatu, khususnya di industri hiburan, kayaknya perlu deh yang namanya karakter. Karakter ini bikin girlband itu beda dengan yang lain. Liat aja, gak cuman Korea, girlband asal amerika juga punya karakter yang unik, kayak Fifth Harmony yang menonjolkan musik RnB, atau girlband asal Inggris GirlMix yang nadanya sangat Inggris banget. Kalo Indonesia, kesannya sangat menjiplak K-Pop nih.
Quote:
3. Konsistensi
Gak mudah bertahan di industri musik Indonesia, karena udah pada tau dong kalo industri ini cukup keras. Gak kuat, gak bakal bisa bertahan. Apalagi kalo gak punya konsistensi yang baik dalam menciptakan karya. Biasanya nih, girlband ini cuman booming di lagu single yang pertama kali mereka buat. Abis itu, bye.
Quote:
4. Proses instan
Memang gak semua boy/girlband di Indonesia muncul secara instan, ada juga yang benar-benar serius dengan konsep yang matang. Jika mengalihkan pandangan ke Korea, akademi dan latihan keras agensi K-Pop merupakan hal yang mendasar dalam membentuk artis. Ini yang sampai kini masih belum mampu diikuti Indonesia.
Quote:
5. Promosi
Tingginya minat masyarakat terhadap girlband di luar sana mampu diimbangi dengan strategi promosi yang bagus. Mulai dari promo single, jadwal konser hingga meet and greet, semua tertata dengan rapi. Hal ini rupanya agak susah diterapkan di Indonesia. Fans diberi "bongkahan" besar sekaligus ketimbang membuat mereka penasaran. Yah, paling ngandelin acara musik pagi tuh kayak Da*syat dkk.
Itulah dia beberapa alasan yang bikin girlband di Indonesia makin meredup. Setuju?
No comments:
Write comments