Sunday, March 4, 2018

Tips Mencegahnya Overheat pada Motor

Waspada Penyakit Overheat Pada Motor! Ini Dia Beberapa Tips Untuk Mencegahnya!


Saat ini motor adalah salah kendaraan bagi setiap orang. Bagaimana tidak? Selain tergolong murah serta irit, kendaraan ini yang satu ini juga sangat mudah untuk digunakan.  Selain itu fitur yang ditawarkan oleh motor pun kini makin beragam dan semakin canggih mengikuti perkembangan zaman. Dan yang bikin paling spesial, agan bisa memilikinya dengan harga yang terjangkau.

Ngomongin soal motor, pasti gak lepas cara ngerawatnya. Cara merawat motor ini memang bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampang karena bisa merawatnya dengan cara yang cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri tanpa harus ke bengkel resmi. Tapi hal itu akan jadi susah, jika kita males untuk ngerawatnya. 

Dan pastinya jika motor jarang akan menimbulkan beberapa gangguan mulai dari hal terkecil hingga terbesar sekalipun. Salah satunya seperti mesin overheat, atau mesin terlalu panas. Pernah ngalamin hal ini gan? Jangan dibiarkan terlalu lama loh gan karena bisa berpengaruh pada performa motor agan.

Disini, ane mau sharing sedikit tips untuk mencegah motor agar tidak mengalami penyakit overheat. Gimana tuh cara ngatasinnya? Cekidot dulu deh, gan!



Quote:
1. Variasikan putaran gas dan mesin motor

Waspada Penyakit Overheat Pada Motor! Ini Dia Beberapa Tips Untuk Mencegahnya!
Mesin motor yang mengalami overheat itu bisa disebakan oleh beberapa hal salah satunya jika kita terlalu menahan pada rpm tinggi. Menahan mesin tersebut terjadi pada saat agan sering menggeber – geber motor anda pada kecepatan dan juga RPM yang tinggi. Hal ini yang sering menyebabkan mesin motor menjadi cepat panas.

Karena pada saat agan menahan pada rpm tinggi, akan menyebabkan gesekkan yang terjadi antara piston dengan liner menjadi semakin tinggi, dan tidak peduli seberapa tebalnya liner dan juga boring motor anda, otamatis hal itu akan menjadikan mesin motor sangat panas. Apalagi jika agan menggeber motor agan dengan kecepatan 5000 hingga 7000 rpm.


Nah, untuk mengatasinya agan harus memvariasikan putaran gas dan mesin motor Anda. Biasakan jika ingin menaikkan kecepatan rpm motor, jangan langsung menggebernya melainkan dengan cara menaikkan secara stagnan hingga motor pada kecepatan pada kecepatan yang tinggi untuk menjaga mesin motor jadi gak cepet panas dan punya performan yang okey.





Quote:
2. Jangan Terlalu Nyaman Saat Motor Berada Di Kecepatan Tertingginya.

Waspada Penyakit Overheat Pada Motor! Ini Dia Beberapa Tips Untuk Mencegahnya!
Gak bisa kita pungkiri, berkendara dalam kecepatan tertinggi memang hal yang mengasyikkan gan. Selain agan bisa benar-benar sensasi berkendara dalam motor yang agan dimiliki, tentunya itu lebih bisa memacu adrenalin. Tapi agan perlu tahu, kalau kecepatan tinggi merupakan salah satu kontinum yang berbanding lurus dengan RPM tinggi.

Apalagi ketika agan sedang berkendara dalam kecepatan tinggi, dan dalam jarak tempuh yang jauh, serta waktu yang lama, maka hal ini pastinya akan berdampak buruk pada motor agan, karena akan menyebabkan motor anda menjadi sangat panas mesinnya. Apalagi, jika motor agan tidak menggunakan sistem pendingin yang bagus, dan tidak didesain khusus untuk berkendara dalam kecepatan tinggi.

Kalo agan sering melakukan hal seperti itu, usahakan mengatur waktu tempuh dan juga jarak tempuh kendaraan saat sedang berkendara  jauh. Motor adalah mesin, pastinya juga batas tertentu untuk digunakan agar tidak cepat panas, maka dari itu istirahatkan ketika agan sudah mencapai jarak tempuh dalam beberapa kilometer.





Quote:
3. Gunakan sistem pendingin motor yang baik 

Waspada Penyakit Overheat Pada Motor! Ini Dia Beberapa Tips Untuk Mencegahnya!
Kadangkala mesin motor overheat dipacu bisa saja karena motor yang dimiliki tidak mempunyai sistem pendingin motor yang baik. Jika sistem pendingin motor tidak baik, maka akan terjadi gesekan tertentu boring atau komponen dalam blok mesin dengan piston, ring piston, dengan liner yang membuat mesin motor cepat panas.

Mesin menjadi panas ini terjadi saat sedang dinyalakan, dimana akan menjadi semakin tipis gesekan pada liner dan juga boring, yang akan menyebabkan piston dengan boring akan semakin terasa panas mesin motor agan. Apalagi jika, gesekkan ini terus dibiarkan sehingga komponen tersebut menjadi aus atau berkarat.

Jika agan mengalami kondisi, usahahkan mengganti sistem pendingin motor menjadi lebih baik dengan cara penambahan radiator, dan penambahan air scope untuk memaksimalkan udara yang dapat membantu mendinginkan mesin motor agan tetap terjaga dan tidak sering overheat saat sedang berkendara.





Quote:
4. Pemilihan Oli Yang Sesuai 

Waspada Penyakit Overheat Pada Motor! Ini Dia Beberapa Tips Untuk Mencegahnya!
Mesin overheat tidak selalu disebabkan karena kerusakan pada bagian tertentu pada mesin motor agan. Pengunaan pelumas atau oli yang kurang pas juga bisa kali menyebabkan mesin motor jadi cepat panas, karena tidak sesuai dengan spesifikasi motor yang agan miliki.

Karena oli atau pelumas motor punya fungsi untuk mendinginkan mesin motor agar jadi tidak cepet panas. Apalagi banyak dari kita (termasuk ane dulu), yang kadangkala masih kurang paham dengan penggunaan oli yang pas untuk menjaga mesin motor agan jadi tidak cepat panas atau overheat.

Agan harus benar-benar cermat dalam hal ini, jangan asal memilih oli motor dari harga yang murah saja tapi tidak sesuai spesifikasi motor agan atau bahkan tidak punya kualitas. Kalo ane sih, karena pengguna motor matic biasanya ane pake Eni Oil i-Ride 4T Matic (dulunya bernama Agip), karena udah terbukti bikin tarikan motor jadi enteng, bahan bakar irit dan pastinya motor ane jadi gak cepet panas.




Nah, itu tadi beberapa tips untuk mencegah overheat pada motor yang agan gunakan. Punya tips lainnya gan? Boleh banget nih, share pengalamannya di kolom komentar!



Waspada Penyakit Overheat Pada Motor! Ini Dia Beberapa Tips Untuk Mencegahnya!

No comments:
Write comments

Artikel Menarik Lainnya

loading...