Friday, June 8, 2018

Jenis Jenis Model Bakso Yang Ada Di Indonesia


Macam - Macam Model Bakso Di Indonesia

Kuliner Indonesia terutama jajanan yang ada baksonya sangat bervariasi di mulai dari Bakso Malang, Mie ayam bakso, Bakso bakar, Bakso goreng dan lainnya yang menggunakan bahan dasar bakso memang sangat mengunggah selera.

Walau sebenarnya bakso bukan kuliner asli Indonesia namun asimiliasi dari bangsa Hokian yang memang gemar membuat kuliner tersebut. Karena arti kata dari Bak-So sendiri mempunyai arti daging giling, tapi makanan ini sangat merakyat di negeri ini.

Macam - Macam Model Bakso Di Indonesia

Hingga banyak penggemar bakso merasa di manjakan dengan banyaknya bakso yang disajikan, lalu bagaimana dengan variasi model dari bakso itu sendiri ?? ya sudah biar tak penasaran yuk kita kulik saja ya guys.



Bakso Model Bulat

Macam - Macam Model Bakso Di Indonesia

Bakso bulat memang model bakso yang familiar pada umumnya, karena awal terciptanya bakso pada dinasti ming abad 17 tepatnya di Fuzhou. Kisah rakyat tentang bakso ini berawal dari Meng Bo yang peduli pada ibunya yang sudah renta, namun menyukai daging, lalu Meng Bo pu melihat tetangganya yang menumbuk beras ketan untuk dibuat kue Mochi yang berbentuk bulat.

Meng Bo pun punya ide dengan menumbuk daging hingga halus lalu di buat bulatan kecil mirip kue Mochi kemudian di rebus, dari sinilah bakso berbentuk bulat mulai merakyat hingga ke nusantara.

Sumber : https://m.brilio.net/life/ini-sejara...o-150427d.html






Bakso Model Hati

Macam - Macam Model Bakso Di Indonesia

Bakso model hati ini dinamakan bakso cinta, awalnya hanya variasi dari jenis bakso entah siapa yang memulai awal pembuatan bakso cinta ini tapi cetakan untuk membuat bakso cinta memang sudah banyak di jual bebas.

Taoi awal mula kuliner bisnis bakso cinta di daerah Jakarta ada di Jalan Bangka II, kedainya pun khas berwarna pinky penuh dengan suasana cinta. Tapi bakso ini setelah booming banyak terdapat di pelosok-pelosok nusantara, karena sudah ada mesin cetak yang dijual untuk umum, dan yang ingin memulai bisnis bakso cinta.

Sumber : https://ramesia.com/bisnis-bakso-cinta/







Bakso Kotak

Macam - Macam Model Bakso Di Indonesia

Dengan adanya variasi model akhirnya bakso pun berubah wujud dari bulat menjadi banyak variasi, model kotak awalnya dibuat dari cetakan loyang untuk kue. Tapi berjalannya waktu ada cetakan khusus untuk bakso model kotak. Dan sekali lagi siapa yang memulai ide ini tidak diketahui pasti, yang jelas bakso kotak kini banyak diburu pecinta kuliner bakso

Sumber : https://eftedpk.blogspot.com/2013/09...kotak.html?m=1






Bakso Bentuk Barbel

Macam - Macam Model Bakso Di Indonesia

Bakso ini tercipta karena Agung Hercules karena asalnya dar kota bakso yaitu Malang beliau memang sudah terbiasa dengan aneka macam kuliner bakso di tanah kelahirannya, akhirnya iapun ingin usaha kuliner bakso yang bercirikan barbel. Jadi memang bakso ini dicetak oleh mesin sesuai dengan bentuknya yang mirip barbel.

Bahkan mas Agung ini memberikan kesan barbel yang kuat dari peralatan mangkuk, acessories lainnya berbentuk barbel. Inilah salah satu artis yang punya ide unik. Sukses selalu mas Agung.

Sumber : http://agunghercules.com/baksobarbel.html







Bakso Tenis

Macam - Macam Model Bakso Di Indonesia

Bakso Tenis memang modelnya biasa bulat seperti pada umumnya namun ukurannya sebesar bola tenis yang besar, tidak tahu siapa awal mulanya namun bakso tenis menjadi bakso yang digemari. Bahkan bakso tenis terkadang di isi dengan telur untuk menambah variasi rasa dari bakso model bola tenis ini.

Namun cara dan resep memasaknya masih sama dengan bakso pada umumnya hanya saja ukurannya lebih besar.

Sumber : https://www.foody.id/jakarta/bakso-t...kumis-kota-tua







Bakso Kelenger

Macam - Macam Model Bakso Di Indonesia

Dengan adanya bakso Tenis banyak orang ingin membuat bakso yang jumbo, maka variasi bakso ukuran besar pun sangat menarik. Hingga akhirnya banyak orang berlomba untuk membuat bakso super jumbo yang dinamakan Bakso Kelenger.

Macam - Macam Model Bakso Di Indonesia

Bakso kelenger mempunyai isian yang bervariasi, ada telur, urat, tetelan daging dan sebagainya.

Bakso ini mempunyai ukuran mulai dari ukuran 3 kg, 5kg hingga yang saat ini terbesar mencapai berat 20 kg cukup untuk dimakan untuk 18 orang. Inilah bakso kelenger yang memang bikin orang kelenger memakannya. Bahkan harga yang ditawarkan bervariasi Rp600.000,- untuk ukuran 5XL, dan Rp2,8 juta untuk ukuran 20XL alias 20 kilogram yang cukup bikin kamu kelenger.

Sumber : https://phinemo.com/bakso-klenger-20...uta-per-porsi/






Bakso Beranak

Macam - Macam Model Bakso Di Indonesia

Bakso ini isian dari bakso kelenger ukuran tidak begitu besar namun cukup unik dengan isian bakso-bakso kecil yang imut dan lucu.

Hasil kreasi dari bakso jumbo ini dinamakan bakso beranak, bagi kamu suka yang unik-unik silahkan berburu bakso beranak di tempat terdekat.

Sumber : https://travelingyuk.com/kuliner-bak...beranak/28500/



Itulah berbagai macam model bakso yang TS ketahui, bagaimana apa kalian suka ? Silahkan berburu bakso di tempat kamu pastikan bakso yang dimakan sehat ya guys, cari tempat yang bersih dan nyaman untuk menyantap bakso kesukaan kamu ya guys. Monggo serupuutt dolo


c4punk@2018

Tulisan pendapat pribadi
Sumber gambar Google.

Macam - Macam Model Bakso  Di Indonesia


No comments:
Write comments

Artikel Menarik Lainnya

loading...